asads
U2FsdGVkX1+oAnwbnskvya69szTjdFpGybhS2NzdrKHSjoJTr08Mjc5tbPuHiBiBO8XlWYvlkceixZrnmV7xdQ==

Baca Juga

Pengertian wifi, fungsi dan cara kerjanya-Pernahkah terbayang dalam benar sobat seperti apa bentuk dari sinyal wifi atau pernah terpikirkan bagaimana sebuah wifi dapat berkerja menghubungkan perangkat satu dengan perangkat lainnya ke internet?, Nah pada artikel kali ini admin forum komuter akan membahas secara detail, lengkap dan jelas mengenai pengertian wifi, fungsi dan cara kerjanya, berikut penjelasannya.
Pengertian wifi, fungsi dan cara kerjanya

Pengertian Wi-fi.
Secara umum wifi adalah sebuah teknologi yang memanfaatkan peralatan elektronik untuk bertukar data secara nirkabel (menggunakan gelombang radio) melalui sebuah jaringan komputer, termasuk koneksi Internet berkecepatan tinggi. Wi-Fi Alliance mendefinisikan Wi-Fi sebagai "Produk jaringan wilayah lokal nirkabel apapun yang didasarkan pada standar Institute of Electrical and Electronics Engineers  802.11". Meski begitu, karena kebanyakan WLAN zaman sekarang didasarkan pada standar tersebut, istilah "Wi-Fi" dipakai dalam bahasa Inggris umum sebagai sinonim "WLAN".

Sebuah alat yang dapat memakai Wi-Fi (seperti komputer pribadi, konsol permainan video, telepon pintar, tablet, atau pemutar audio digital) dapat terhubung dengan sumber jaringan seperti Internet melalui sebuah titik akses jaringan nirkabel. Titik akses (atau hotspot) seperti itu mempunyai jangkauan sekitar 20 meter (65 kaki) di dalam ruangan dan lebih luas lagi di luar ruangan. Cakupan hotspot dapat mencakup wilayah seluas kamar dengan dinding yang memblokir gelombang radio atau beberapa mil persegi, ini bisa dilakukan dengan memakai beberapa titik akses yang saling tumpang tindih.

"Wi-Fi" adalah merek dagang Wi-Fi Alliance dan nama merek untuk produk-produk yang memakai keluarga standar IEEE 802.11. Hanya produk-produk Wi-Fi yang menyelesaikan uji coba sertifikasi interoperabilitas Wi-Fi Alliance yang boleh memakai nama dan merek dagang "Wi-Fi CERTIFIED". (Wikipedia).

Sejarah perkembangan wi-fi.
Secara singkat, sejarah perkembanagn wi-fi dapat dijabarkan dalam beberapa poin berikut :

  1. 1997 : Dibentuk sebuah jaringan wireless bernama 802.11 oleh IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers).
  2. 1999 : Muncul Wireless B dengan kecepatan transfer data 11 Mbps. Namun masih memiliki kelemahan, yaitu frekuensi operasi yang berada dalam angka 2,4 GHz, yang juga banyak digunakan oleh frekuensi peralatan rumah tangga seperti oven microwave, sehingga mudah terganggu sinyalnya.
  3. 2003 : Muncul Wireless G dengan kecepatan transfer data maksimal 54 Mbps. Masih beroperasi dalam frekuensi 2,4GHz.
  4. 2009 : Muncul Wireless N, mendukung kecepatan transfer data hingga 300 Mbps (2 antena) atau 450 Mbps (3 antena). Jangkauan lebih luas dibandingkan sinyal Wireless G.
  5. 2014 : Muncul Wireless AC yang memiliki kecepatan 500Mb/s – 1 Gb/s. Beroperasi di frekuensi 5GHz.


Fungsi Wi-fi.
Secara garis besar, fungsi wi-fi dapat dijabarkan kedalam poin berikut ini :


  • Penghubung Perangkat Komputer Dalam Jaringan.

Fungsi Wifi yang satu ini merupakan yang utama, dengan menggunakan wifi sobat dapat dengan mudah untuk menghubungkan komputer, smartphone serta perangkat mobile lainnya dengan sistem jaringan. Dengan menggunakan jaringan Wifi, sobat komputer dapat dengan mudah menambah dan mengurangi perangkat - perangkat yang akan dihubungkan kedalam jaringan.


  • Sharing Data Dan Internet.

Fungsi jaringan Wifi yang satu ini cukup membantu sobat komputer dalam menyelesaikan pekerjaan. Sobat dapat bertukar data dan berbagi akses internet dengan cukup mudah tanpa menggunakan kabel data.


  • Membuat Modem Dari Smartphone.

Untuk dapat mengakses internet sobat komputer pasti membutuhkan perangkat jaringan yang disebut dengan modem baik itu modem ADSL atau modem portable. Akan tetapi bagaimana kalau sobat komputer tidak mempunyainya dan hanya mempunyai perangkat smartphone. Dengan teknologi Wifi yang ada di smartphone, sobat dapat menjadikan smartphone sebagai modem dan membagikan akses internet ke perangkat laptop atau smartphone yang lain dengan cukup mudah.


  • Akses Internet Lebih Stabil.

Fungsi Wifi yang satu ini merupakan dambaan kita semua, dengan menggunakan Wifi kita dapat menikmati akses internet lebih stabil dibandingkan dengan menggunakan jaringan seluler. Asalkan masih dalam jangkauan signal Wifi.

Cara kerja Wi-fi.
Seperti perangkat ponsel, sebuah jaringan Wi-Fi menggunakan gelombang radio untuk mentransmisikan informasi ke dalam jaringan. Komputer yang memiliki adaptor nirkabel akan menerjemahkan data yang telah dikirim dalam bentuk sinyal radio. Sinyal yang sama ini akan ditransmisikan melalui antena, menuju decoder yang dikenal sebagai router. Begitu sinyal tersebut diterjemahkan, data akan dikirim ke jaringan internet melalui sambungan Ethernet. 


Karena jaringan nirkabel ini merupakan jaringan dua-arah, data yang diterima dari jaringan internet juga akan melewati router . Tujuannya untuk dikodekan ke dalam bentuk sinyal radio, yang akan diterima oleh perangkat adaptor nirkabel dari sebuah komputer. 

Gambar sinyal wifi yang tertangkap kamera.


Pengertian wifi, fungsi dan cara kerjanya

Pengertian wifi, fungsi dan cara kerjanya

Semoga artikel kali ini bermanfaat buat pembaca blog forum komputer ini, terima kasih.
Loading...