asads
U2FsdGVkX1+oAnwbnskvya69szTjdFpGybhS2NzdrKHSjoJTr08Mjc5tbPuHiBiBO8XlWYvlkceixZrnmV7xdQ==

Baca Juga

Forumkomputer.com | 5 Manfaat Teknologi Komunikasi Untuk Kehidupan Manusia - Sebelumnya, apa sih yang dimaksud dengan teknologi komunikasi? Teknologi komunikasi menurut saya adalah sumber informasi untuk masyarakat yang ingin mendapatkan atau menyampaikan sebuah informasi kepada kerabat maupun kepada seluruh publik.

Kemajuan teknolog komunikasi telah banyak membawa dampak positif dan negatif dalam kehidupan kita, oleh sebab itu sangatlah penting bagi kita untuk mengetahui cara yang tepat dalam menyikapi kemajuan teknologi komunikasi  tersebut untuk menghindarkan pengaruh dari hal-hal yang negatif yang turut dibawa oleh kemajuan teknologi komunikasi. Sikap yang dapat kita ambil terhadap kemajuan teknologi komunikasi yakni mengetahui dan menyesuaikan kebutuhan kita akan komunikasi yang ingin kita dapatkan melalui teknologi komunikasi.

5 Manfaat Teknologi Komunikasi Untuk Kehidupan Manusia


Teknologi komunikasi terus berkembang pesat. Perkembangan awal komunikasi jarak jauh adalah melalui surat. Kemudian berkembang ke telepon, pager/pejer. Setelah itu, berkembang lagi menjadi telepon genggam yang bisa melakukan telepon dan juga pesan elektronik yang bernama SMS atau singkatan dari short Message service. Hingga sekarang, kita gunakan media sosial dan pesan instan melalui smartphone.

Perkembangan teknologi komunikasi ini tujuannya tentu saja untuk mempermudah manusia melakukan komunikasi jarak jauh. Namun selain hanya mempermudah komunikasi antar manusia, masih ada manfaat lainnya.

Berikut adalah 5 manfaat dari perkembangan teknologi informasi untuk kehidupan manusi :

1.  Memudahkan komunikasi

Sudah jelas kalau manfaat utamanya adalah untuk memudahkan komunikasi sesama manusia. Selain mudah, waktunya pun lebih cepat. Ketika komunikasi masih menggunakan surat, waktu agar mendapatkan balasannya relatif lama. Contohnya, ketika kita kirim surat menggunakan pos, waktu tempuh surat itu sampai ke alamat yang dituju lebih kurang tiga hari. Itupun dengan catatan tidak ada halangan terhadap pengantar pos. Namun lamanya pengiriman surat juga bergantung dengan jarak dan medan yang dilalui. Semakin susah dijangkau, maka surat pun akan susah sampai ke alamat tujuan.

Kini, komunikasi dapat dilakukan dengan sangat mudah dan cepat berkat adanya internet sebagai media komunikasi. Melalui koneksi internet yang cepat, kita dapat berkomunikasi melalui surat elektronik, konferensi video, dan lain-lain secara cepat sehingga menghemat waktu dan biaya.

2.Mendapatkan informasi lebih cepat

Selain komuunikasi yang cepat dan mudah, manfaat lainnya adalah kita mendapatkan informasi yang lebih cepat. Jika dulu, kita mendapatkan informasi hanya melalui koran, buku, televisi dan juga radio saja. Kini kita mendapatkan banyak informasi melalui internet di manapun dan kapanpun.

3.Memudahkan pencari kerja

Jika dulu ketika kita ingin melemar ke perusahaan kita harus membawa lamaran ke perusahaan tersebut dan ketika perusahaan tersebut jauh kita harus samperin perusahaan tersebut dan akan memakan biaya transfortasi yang sangat mahal. 

Saat ini, ketika kita ingin melamar pekerjaan kepada sebuah perusahaan, dapat dilakukan dari jarak jauh tanpa harus datang ke tempat yang dituju. Cukup siapkan berkas-berkasnya dan kirimkan melaui email. Hal ini tentu saja meringankan pencari kerja tersebut. Selain untuk melamar kerja, komunikasi digital juga memudahkan untuk mendapatkan pekerjaan secara lepas atau freelance.

4.Memudahkan transaksi perbelanjaan

Jika dulu kita ingin belanja suatu produk kita harus pergi ketokonya dan jika di toko itu barang yang kita inginkan tidak ada kita harus mencari barang tersebut ke toko lain. dan ketika kita ingin membayar suatu barang kita harus mengantri terlebih dahulu dan akan memakan waktu yang sangat lama.

Dan sekarang kalian mengenal toko online atau online shop yang saat ini tengah digandrungi masyarakat? Salah satu manfaat online shop adalah pada transaksinya yang dipermudah. Contohnya untuk toko online, kita hanya beberapa klik saja untuk mendapatkan barang yang kita inginkan.

Jika kita tidak mendapatkan barang yang kita inginkan di toko onlien tersebut kita hanya perlu mencarinya ke situs toko online lainya di smartphone atau laptop kita. Bagaimana dengan sistem pembayarannya? Bisa menggunakan metode transfer melalui rekening.cukup mudah dan tidak memakan waktu yang lama.

5.Mempersingkat waktu dan memangkas biaya

Dalam dunia industri, waktu dan biaya sangat penting dalam produksi. Sebelum adanya teknologi komunikasi dan informasi, produksi dilakukan secara manual serta membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit karena sepenuhnya bergantung pada tenaga manusia.

Setelah kehadiran teknologi komunikasi, produksi dapat dilakukan setiap hari, cepat dan biaya pun dapat dipangkas. Hal ini sekaligus dapat meningkatkan laba bagi setiap perusahaan.

Nah itu dia 5 Manfaat Teknologi Komunikasi Untuk Kehidupan Manusia jika kalian menyukai artikel ini kalian boleh tekan share dan jika kalian bingung dengan artikel ini kalian boleh beri komentar di bawah ini. Terimakasih
Loading...