asads
U2FsdGVkX1+oAnwbnskvya69szTjdFpGybhS2NzdrKHSjoJTr08Mjc5tbPuHiBiBO8XlWYvlkceixZrnmV7xdQ==

Baca Juga

Forumkomputer.com | 4 Macam Jenis Kebel USB Dari Berbagai Versi - Seiring perkembangan perangkat elektronik yang pesat sehingga perangkat pendukung dari perangkat elektronik tersebut juga semakin banyak variasinya. Saat ini terdapat beberapa macam jenis dan versi kabel USB yang beredar.

Kabel USB menjadi jenis kabel yang paling sering digunakan pada perangkat elektronik saat ini. Hal ini dikarenakan kabel USB (Universal Serial Bus) memiliki desain yang standar yang bisa digunakan pada banyak perangkat elektronik mulai dari untuk printer, scanner, keyboard, mouse, smartphone, digital kamera, disk drive dan lainnya.


4 Macam Jenis Kebel USB Dari Berbagai Versi

Pada dasarnya dalam membedakan bentuk dan fungsi dari Kabel USB ini adalah berdasarkan Versi dan Jenis yang masing-masing memiliki beberapa varian. Mau tahu apa saja itu?, yuk lihat ulasan selengkapnya mengenai Macam jenis dan versi kabel USB dibawah ini!

Berdasarkan versi, kabel USB dibedakan menjadi 4 macam versi kabel USB yaitu:

1. Tipe Kabel USB 1.1

4 Macam Jenis Kebel USB Dari Berbagai Versi

Tipe 1.1 adalah jenis USB pertama yang dibuat pada perangkat elektronik. kabel ini diluncurkan pada tahun 1988. Kecepatan transmisi data yang bisa dicapai oleh kabel data ini sekitar 12 Mbps per satu detiknya. Meskipun begitu ada juga yang berpendapat bahwa kecepatan sebenarnya bisa mencapai 1,2 Mbps. Saat ini, kabel USB 1.1 sudah tidak dipakai lagi.

2. Tipe Kabel USB 2.0

4 Macam Jenis Kebel USB Dari Berbagai Versi

Tipe 2.0 adalah pengembangan lebih lanjut dari tipe sebelumnya. Kabel ini pertama dipublikasikan sekitar tahun 2000. Tentu saja versi ini jauh lebih baik dibandingkan sebelumnya dengan memiliki kecepatan transmisi sampai 480 Mbps dan dilengkapi dengan Hi-Speed Mode. Selain itu, tipe kabel USB 2.0 Memiliki logo warna biru dengan tulisan HI-SPEED dengan dasaran warna merah. seperti gambar diatas ini. Sayangnya, peluncuran kabel ini harus mengalah dengan generasi selanjutnya yang sudah hadir.

3. Tipe Kabel USB 3.0

4 Macam Jenis Kebel USB Dari Berbagai Versi

Tipe kabel USB 3.0 adalah tipe yang ketiga yang rilis pada tahun 2008, memiliki kecepatan up to 5 Gbps pada mode SuperSpeed. Umumnya pada tipe kabel USB 3.0 memiliki konektor dan soket USB berwarna biru, yang merupakan tanda perbedaan USB 3.0 dengan versi sebelumnya. Lihat pada gambar diatas ini.

Pada Tipe kabel USB 3.0 dikenal sebagai USB SuperSpeed USB dengan logo bertuliskan SUPERSPEED dan memiliki simbol yang berbeda dengan versi sebelumnya, yakni ada tambahan huruf SS di pangkal trisula. USB 3.0 memiliki tampilan yang sama seperti USB 2.0 sehingga cukup kompatibel dengan USB 2.0.

4. Tipe Kabel USB 3.1

4 Macam Jenis Kebel USB Dari Berbagai Versi


Tipe kabel USB 3.1 adalah versi yang keempat yang rilis pada tahun 2013 yang memiliki kecepatan 2 kali lebih tinggi dari tipe USB 3.0 yaitu 10 Gbps. Tipe ini juga dikenal dengan istilah USB SuperSpeed+ atau SuperSpeed USB 10 Gbps atau standar dengan Thunderbolt (milik Apple). Versi 3.1 ini sangat kompatibel dengan USB 3.0 dan USB 2.0.

USB 3.1 mempunyai tiga power supply tegangan yakni 2A pada tegangan 5V (tegangan max 10W), 5A pada tegangan 12V ( tegangan max 60W), 12A pada tegangan 20V (tegangan max 100W).

Selain berdasarkan tipe kabelnya, bagian portnya juga memiliki banyak jenisnya.  Bagian port ini memang sengaja dibuat berbeda – beda karena tergantung kecepatan transfer datanya. Apalgi jika nantinya berhubungan dengan jenis port pada komputer. 

Berikut jenis-jenis port kabel data yang sering digunakan saat ini :

1. Type A

Kabel data Type-A adalah kabel data yang standar digunakan. Bentuknya sendiri persegi panjang dan juga rata. Pada umunya, salah satu bagian ujungnya dimasukan ke bagian host. Kabel data Type-A juga sudah sering digunakan pada PC dan juga laptop. Bahkan, sekarang sudah ada konsol game dan juga pemutar musik atau film yang juga menggunakan kabel data Type-A. Kabel data tipe 1.1, 2.0, dan juga 3.0 rata-rata menggunakan port Type-A. seperti gambar dibawah ini.

4 Macam Jenis Kebel USB Dari Berbagai Versi

2. Type B

Secara umum, pada sebuah kabel USB konektor USB Type-B ini berpasangan dengan konektor USB Type-A. Seperti yang sering kita temukan pada printer atau scanner.

Kabel USB Type-B ini memiliki 3 ukuran Standar, yaitu Standart, Mini dan Micro dengan versi USB 2.0. Seperti gambar dibawah ini!

4 Macam Jenis Kebel USB Dari Berbagai Versi

Berikut adalah perbedaan dari USB Type-B Standar, Mini dan Micro antara lain :
  1. Tipe Standar – Tipe ini pertama kali dibuat hanya untuk kabel data versi 1.1 dan juga versi 2.0. Maka dari itu, tipe standar ini hanya digunakan pada perangkat yang tidak terlalu membutuhkan kecepatan transfer data yang tinggi seperti printer dan juga scanner.
  2. Tipe Mini – Tipe mini mempunyai ukuran yang jauh lebih kecil dibandingkan tipe standar. Pada umumnya, Tipe ini hanya digunakan pada perangkat tertentu seperti kamera digital, hardisk eksternal, dan juga beberapa ponsel.
  3. Tipe Micro – Tipe micro tentu saja memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dari pada tipe mini. Meskipun ukurannya kecil. tapi pengaruhnya sangat besar terutama untuk perangkat portabel seperti MP3, MP4, dan juga Ipod.
3. Type C

Desain USB Type-C lebih mendukung pada versi kabel USB 3.1 yang mampu menghantar tegangan supply up to 20V (100W) dan 5A. Dimana USB Type-C ini mampu menghantarkan tegangan supply bi-directional power yakni 2 arah.

4 Macam Jenis Kebel USB Dari Berbagai Versi

Kabel jenis ini sering digunakan untuk mengis tegangan seperti pada laptop dan notebook misalnya. Kehadiran USB Type-C ini diklaim akan mengurangi jumlah pemakaian kabel pada perangkat elektronik.

Nah itu dia 4 macam jenis kabel USB dari berbagai versi, jika kalian suka dengan artikel ini jangan tekan share dan jika kalian bingung dengan artikel ini berilah komentar dibawah ini.Terimakasih.
Loading...