asads
U2FsdGVkX1+oAnwbnskvya69szTjdFpGybhS2NzdrKHSjoJTr08Mjc5tbPuHiBiBO8XlWYvlkceixZrnmV7xdQ==

Baca Juga

Forumkomputer.com | Belajar Rumus Excel Lengkap Part 2 - Kemarin saya sudah membagikan artikel rumus excel lengkap part 1, jika kalian belum mengunjungi silahkan klik disini. Kali ini admin akan melanjutkan rumus excel lengkap bagian/part 2. Microsoft Excel adalah sebuah aplikasi spreadsheet yang dikembangkan oleh Microsoft untuk sistem operasi Microsoft Windows, Mac OS X, dan iOS. Di dalam Microsoft Excel terdapat berbagai macam fitur yang bisa digunakan seperti grafik, kalkulasi, tabel dan lainnya. Yang menarik dari Microsoft Excel adalah banyaknya fungsi-fungsi yang dapat membantu menyelesaikan pekerjaan atau tugas dengan cepat. 

Belajar Rumus Excel Lengkap Part 2

Tentunya jika kalian ingin menggunakan Microsoft Excel untuk dibidang administrasi, akuntansi, dan lain - lain kalian harus mahir dengan rumus - rumus yang ada di excel. Disini admin akan membagikan kumpulan rumus dasar excel lengkap beserta fungsinya. 

Kumpulan Rumus Excel Lengkap :

1. Max
Rumus Max ini berfungsi untuk mencari nilai terbesar dari suatu data pada Microsoft Excel anda, contoh jika suatu kelas terdiri dari 50 murid maka jika anda ingin mencari nilai tertinggi dari murid tersebut anda bisa menggunakan rumus Max

Belajar Rumus Excel Lengkap Part 2
Belajar Rumus Excel Lengkap Part 2

Gambar diatas saya ingin mencari suatu nilai tertinggi dari Cell C4 sampai C8 maka anda bisa menggunakan/menuliskan rumus seperti ini =MAX(C4:C8) maka akan muncul hasilnya 90.

2. Min
Rumus Min ini fungsinya kebalikan dari Max yaitu mencari nilai terendah dari suatu data Microsoft Excel anda.

Belajar Rumus Excel Lengkap Part 2
Belajar Rumus Excel Lengkap Part 2

Dari gambar diatas, admin akan mencari nilai terendah dari data Cell C4 sampai C8, berarti anda bisa menuliskan rumus =MIN(C4:C8) maka akan muncul hasilnya 20 (Nilai terendah dari tabel tersebut). 

3. Count
Rumus Count ini berfungsi untuk menghitung/mencari jumlah range. Contoh anda mempunyai data karyawan dan anda ingin mengetahui berapa jumlah karyawan tersebut, anda bisa menggunakan rumus ini. Seperti gambar dibawah ini.

Belajar Rumus Excel Lengkap Part 2
Belajar Rumus Excel Lengkap Part 2

Dari gambar diatas bahwa saya ingin mencari jumlah range dari suatu nilai dari Cell C4 sampai C8, maka anda bisa menggunakan rumus =COUNT(C4:C8) maka akan muncul hasilnya 5.

4. Vlookup & Hlookup
Fungsi VLOOKUP digunakan untuk menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format vertikal. Bentuk penulisan fungsinya =VLOOKUP(lookup_value, tabel_array, col_index_num) atau bisa juga dibaca =VLOOKUP(Nilai Kunci, letak table, nomor kolom). Sedangkan fungsi HLOOKUP digunakan untuk menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format horizontal. Bentuk penulisan fungsinya =HLOOKUP(lookup_value, tabel_array, row_index_num) atau bisa juga dibaca =HLOOKUP(nilai kunci, letak table, nomor baris).

Contoh Soal :
Disini saya mempunyai tabel/data Gaji Karyawan PT. Forum Komputer sebagai berikut :

Belajar Rumus Excel Lengkap Part 2

Dari soal diatas masih banyak data yang kosong seperti Gaji Pokok, Tunjangan, Transportasi, Total Gaji, Pajak dan Gaji Bersih. Maka kita akan menghitung tabel diatas dengan cara menggunakan VLOOKUP dan HLOOKUP. 

1. Menghitung Gaji Pokok
Untuk menghitung gaji pokok gunakan fungsi vlookup di sel D8. Setelah mengisi formula disel D8, copy formula atau drag hingga sel D11. Bentuk penulisan fungsinya sama dengan yang telah dijelaskan sebelumnya, yaitu, =VLOOKUP(lookup_value, table_array, col_index_num).

Yang perlu anda ketahui lookup_value, diisi dengan nilai sebagai dasar (nilai kunci) pembacaan tabel data. Table_array merupakan range data yang disusun tegak atau vertikal yang berfungsi sebagai tabel bantu yang akan dibaca. Col_index_num, nomor urut kolom untuk pembacaan tabel yang dimulai dari kolom paling kiri. Proses pengerjaannya bisa anda lihat seperti gambar di bawah ini :

Belajar Rumus Excel Lengkap Part 2

2. Menghitung Tunjangan
Untuk menghitung tunjangan gunakan fungsi VLOOKUP di sel E8. Setelah mengisi formula di sel E8, copy formula atau drag hingga sel E11. Seperti gambar di bawah ini:

Belajar Rumus Excel Lengkap Part 2

3. Menghitung Transportasi
Gunakan fungsi VLOOKUP di sel F8. Setelah mengisi formula di sel F8, copy formula atau drag hingga sel F11. Lihat gambar di bawah ini, untuk hasilnya:

Belajar Rumus Excel Lengkap Part 2

4. Menghitung Total Gaji
Untuk menghitung total gaji gunakan fungsi SUM di sel G8, penulisan rumusnya =SUM(D8:F8). Setelah mengisi formula di sel G8, copy formula atau drag hingga sel G11. Atau bisa juga dengan langsung menjumlahkannya di sel G8 menjadi seperti ini: =D8+E8+F8, kemudian copy ke bawah.

5. Menghitung Pajak
Untuk menghitung pajak gunakan fungsi HLOOKUP di sel H8, copy formula atau drag hingga sel H11. Seperti gambar di bawah ini.

Belajar Rumus Excel Lengkap Part 2

Catatan: karena posisi “tabel gaji” yang akan dibaca diposisinya tetap, untuk menghindari kesalahan pada saat copy formula atau drag tambahkan $, untuk mengabsolutkan sel/range. =HLOOKUP(B8;$F$15:$I$16;2)*D8

6. Menghitung Gaji Bersih
Gunakan fungi SUM di sel i8 seperti ini =sum(G8-H8), copy formula atau drag hingga sel I11. Atau anda juga bisa gunakan perintah =G8-H8, kemudian copy atau drag ke bawah sampai sel I11.

Perintah terakhir adalah menghitung “total” masing-masing bagian yang telah Anda kerjakan sebelumnya, dengan menggunakan fungsi SUM di sel D12, copy formula atau drag ke samping kanan sampai ke I12. Hasil akhir semua pengerjaan di atas, bisa di lihat seperti gambar di bawah ini:

Belajar Rumus Excel Lengkap Part 2
Belajar Rumus Excel Lengkap Part 2

Itulah beberapa rumus excel lengkap dan tutorial menggunakan vlookup dan hlookup. Jika ada kesalahan mohon maaf, jika anda bingung dan ingin bertanya, silahkan beri komentar dibawah ini, jika artikel ini sangat membantu jangan lupa klik tombol share.

Sekian artikel rumus excel lengkap beserta contohnya terimakasih.
Loading...