asads
U2FsdGVkX1+oAnwbnskvya69szTjdFpGybhS2NzdrKHSjoJTr08Mjc5tbPuHiBiBO8XlWYvlkceixZrnmV7xdQ==

Baca Juga

Forumkomputer.com || Perintah Input Output C++ untuk Pemula - Halo sobat Forum Komputer, pada kali ini kita akan mempelajari input output bahasa pemrograman C++ . Input Dan Output pada C++ Pada bahasa C operasi input dan output dilakukan dengan memakai fungsi-fungsi yang ada di header file "stdio.h". contohnya untuk input dan output ke layar monitor digunakan perintah seperti scanf, printf, putch, dll. Untuk input dan output ke file digunakan perintah seperti fwrite, fread, fputc, dll.

Sedangkan bahasa pemrograman C++ memiliki teknik input dan output (I/O) yang baru, yaitu : menggunakan stream. Header file untuk input dan output stream adalah "iostream.h" dan beberapa file lain, seperti fstreamm.h, strstream.h dan constream.h, kami sudah share semua library atau header pada C++ silahkan anda buka disini.

belajar program C++

Secara sederhana Input dapat diartikan sebagai berikut:

Input adalah aktifitas pengguna dengan program komputer yang memungkinkan kita memberikan data kedalam program. Misalnya dari keyboard, mouse, dll.

Sedangkan Output dapat diartikan sebagai berikut:

Output adalah aktifiktas program komputer untuk mengeluarkan data kepada pengguna. Data tersebut dapat berupa text, file, gambar dan lain-lain.

Nah, kali ini kita akan belajar mengenai dasar proses input & output pada C++

Operasi Input dan Output dapat kita lakukan dengan menggunakan fungsi-fungsi yang berada pada Stream dan salah satunya ada pada library iostream.

Stream adalah nama umum untuk menampung aliran data (contoh : file, keyboard, mouse), maupun untuk keluaran (contoh : layar, printer).

Dalam C++ input berarti membaca dari stream & output berarti menulis ke stream.

1. Perintah Output pada C++
Pada perintah output di C++ ini kita bisa menggunakan perintah cout yang menggunakan header atau library <iostream> . Bentuk umum dari output atau cout sebagai berikut : cout << variable;

Contoh :

#include <iostream>

using namespace std;

int main()
{
    cout << "Halo Sahabat Forum Komputer" << endl;
    return 0;
}

Dari contoh program atau kode diatas menjelaskan bahwa saya akan mengeluarkan dari cout yang variable nya akan menampilkan tulisan "Halo Sahabat Forum Komputer" Seperti gambar dibawah ini jika dijalankan :

perintah input output C++


2. Perintah Input pada C++
Pada perintah input di C++ ini kita bisa menggunakan perintah cin yang menggunakan header atau library <iostream> . Berikut adalah bentuk umum dari input dengan cin : cin>>variable;

Jika fungsi cout kita gunakan untuk menampilkan output maka bisa ditebak bahwa fungsi cin akan kita gunakan untuk melakukan perintah input dasar text.

Untuk menggunakan keyword cin kita membutuhkan Extraction Operator dengan 2 buah tanda lebih dari >> yang diletakan di antara keyword cin dan memori.

Untuk itu, kita harus mendeklarasikan variabel terlebih dahulu.

Karena nantinya, data yang diberikan oleh pengguna dalam operasi pemasukan (input) akan disimpan di dalam memori variable yang telah kita deklarasikan.

Contoh :

#include <iostream>

using namespace std;

int main()
{
    int input;
    cout << "Masukan Kata atau Angka Bebas :";
    cin >> input;
    
    cout << "ANGKA YANG ANDA KETIK TADI ADALAH :" << input;
    return 0;
}

Dari contoh program diatas, kita telah mendeklarasikan variabel input bertipe integer. Sedangkan cin untuk meyimpan nilai masukan dari pengguna ke variabel nama.

Lalu nilai/value dari variabel input ditampilkan dengan menggunakan fungsi cout.

Selesai, cukup mudah bukan? Itulah beberapa fungsi cin dan cout pada C++ . Pantau terus ya Forum Komputer, akan ada banyak tutorial dan berita yang akan admin share khusus nya untuk kalian yang ingin belajar bahasa pemrograman C++ dari awal. Terimakasih.
Loading...