asads
U2FsdGVkX1+oAnwbnskvya69szTjdFpGybhS2NzdrKHSjoJTr08Mjc5tbPuHiBiBO8XlWYvlkceixZrnmV7xdQ==

Baca Juga

Forumkomputer.com | Laptop Cepat Rusak? Ini Penyebabnya yang Membuat Laptop anda Cepat Rusak - Meskipun saat ini teknologi smartphone berkembang dengan sangat pesat, ternyata laptop saat ini masih belum bisa tergantikan. Bahkan untuk beberapa kalangan, seperti pelajar dan pekerja kreatif, laptop sudah menjadi sebuah kebutuhan yang berguna untuk mengerjakan tugas atau pekerjaan.

Laptop Cepat Rusak? Ini Penyebabnya yang Membuat Laptop anda Cepat Rusak

Saat kita membeli sebuah laptop, Anda pasti mengharapkan laptop tersebut setidaknya bisa bertahan selama 3 tahun atau lebih kalau bisa agar irit dompet. Tentunya, kita semua ingin membeli laptop yang bisa diandalkan untuk menunjang berbagai keperluan sehari-hari.

Sayangnya, kita seringkali melakukan kesalahan-kesalahan sepele saat menggunakan laptop tanpa kita sadari. Yang akhirnya bisa membuat performa laptop menurun bahkan menjadi penyebab laptop cepat rusak. Memang, apa saja sih penyebabnya? Berikut ini akan kami ulas melalui artikel ini.

Penyebab Laptop Cepat Rusak dan Cara Mengatasinya

1. Menutup Laptop langsung dalam keadaan masih Menyala

Laptop Cepat Rusak? Ini Penyebabnya yang Membuat Laptop anda Cepat Rusak

Mungkin ini adalah salah satu faktor kesalahan yang sederhana yang mungkin anda jarang ketahui. Nah, kesalahan satu ini pasti sering banget Anda lakukan. Setelah dipakai, Anda langsung menutup laptop dalam keadaan masih menyala atau tidak di-shutdown. Tak masalah sih jika hanya sesekali, tetapi jangan menjadi kebiasaan. Tahukah Anda? Menutup laptop dalam keadaan menyala ternyata berbahaya untuk keamanan dan performa dari laptop itu sendiri.

Oleh karena itu, hindari menutup laptop dalam keadaan menyala sebisa mungkin. Jika perlu setelah laptop di-shutdown, tunggu dahulu beberapa saat agar hawa panas yang dihasilkan laptop dapat tersalurkan dengan baik.

2. Meletakkan Laptop di Kasur dan Pangkuan

Laptop Cepat Rusak? Ini Penyebabnya yang Membuat Laptop anda Cepat Rusak

Saat di rumah, tentu saja Anda sering menggunakan laptop di mana saja. Anda mungkin terbiasa menggunakan laptop di kasur sambil memangkunya di atas paha. Sebaiknya tindakan ini jangan menjadi kebiasaan, karena hal tersbeut bisa membuat aliran udara di bawah laptop menjadi terhambat dan hawa panas dari laptop akan terperangkap. Jika sudah panas, bukan hanya laptop saja yang rusak, tetapi paha Anda juga bisa terbakar.

Memang sih, kita akan merasa nyaman ketika menempatkan laptop di atas tempat yang empuk, seperti kasur atau kursi sofa. Untuk pengguna yang duduk di atas benda empuk sih biasa saja, tetapi yang menjadi masalah adalah laptopnya juga turut disimpan di atas benda yang empuk tersebut.

Sifat dari benda-benda empuk seperti kasur, kursi sofa, dan benda berbahan lembut lainnya adalah tak bisa membuang udara panas dan lebih bersifat menyerap panas. Itu artinya, jika Anda menempatkan laptop di atas benda-benda berbahan lembut, dikhawatirkan lubang-lubang sirkulasi udara di bawah laptop akan tertutup. Saat laptop sedang bekerja dan lubang sirkulasinya tertutup, maka hal ini menjadi penyebab laptop cepat panas yang bisa berujung pada overheat pada komponen laptop. Akibatnya bisa fatal, yaitu kerusakan pada laptop Anda.

3. Jauhkan Benda Bersifat/Mengandung Magnet dari Laptop

Laptop Cepat Rusak? Ini Penyebabnya yang Membuat Laptop anda Cepat Rusak

Mendekatkan benda yang mempunyai sifat magnet ke benda-benda elektronik bisa menyebabkan kerusakan pada laptop. Patut diingat, di dalam perangkat laptop terdapat benda-benda yang memiliki sifat magnet, yaitu harddisk. Nah jika Anda mendekatkan magnet ke laptop, bisa saja semua data yang tersimpan di dalam perangkat laptop akan hilang secara permanen.

4. Charge Laptop dengan Keadaan Baterai Penuh

Laptop Cepat Rusak? Ini Penyebabnya yang Membuat Laptop anda Cepat Rusak

Keseringan men-Charge/Cas Laptop dengan baterai keadaan penuh dapat memungkinkan terjadinya baterai menjadi bocor. Apalagi jika anda habis memakai laptop lalu men-charge/cas laptop lalu ditinggal hingga ber jam - jam, ini mungkin akan membuat baterai melemah dan menjadi baterai laptop anda cepat rusak.

Sekian artikel dari kami kali ini seputar penyebab laptop cepat rusak. Gunakanlah laptop Anda dengan apik dan serapi mungkin. Setelah tahu penyebabnya, yuk disimak cara menjaga laptop agar tidak cepat rusak di situs kami ini.
Loading...