asads
U2FsdGVkX1+oAnwbnskvya69szTjdFpGybhS2NzdrKHSjoJTr08Mjc5tbPuHiBiBO8XlWYvlkceixZrnmV7xdQ==

Baca Juga

Forumkomputer.com | Apa itu Code Block? Bagaimana Cara Menggunakannya?  Simak Disini -  Apakah kalian tahu Code Block itu? yap jika kalian belum mengetahuinya disini saya akan memberitahukan kepada kalian Apa itu Code Block dan kegunaanya.

Code Block adalah adalah suatu program lingkungan pengembangan terpadu bebas, nirlaba, bersumber terbuka dan lintas platform. Program yang ditulis dalam C++ beserta Widgets untuk GUI-nya ini bisa digunakan bersama dengan berbagai macam kompilator, contohnya GCC dan Visual C++. Peralatannya yang tersedia tergantung dari "plugin" yang ada dipasang. Sekarang ini, Code::Blocks lebih tersedia sebagai perangkat pengembangan dalam bahasa C dan C++, walaupun program ini juga bisa disesuaikan, dan mungkin akan membutuhkan pemasangan tambahan, untuk pengembangan perangkat lunak ARM, AVR, DirectX, FLTK, Fortran, GLFW, GLUT, GTK+,Irrlicht, Lightfeather, MATLAB, OGRE, OpenGL, Qt, SDL, SFML, STL, SmartWin dan wx. Code::Blocks tersedia di sistim operasi Windows, Linux, Mac OS X dan FreeBSD.

Apa itu Code Block


Code::Blocks bisa digunakan bersama dengan banyak kompilator, contohnya MinGW (GCC untuk Windows), Digital Mars, Visual C++, Borland C++, LLVM Clang, Watcom, LCC, dan Intel C++ Compiler. Walau sebenarnya lebih untuk C++, masih ada terdapat juga kompilator untuk bahasa pemrograman selain C++, contohnya GNU Fortran, Digital Mars D, dan GNU GDC. Dengan sistim "plugin"-nya Code::Blocks, kegunaan untuk bahasa-bahasa lainnya juga bisa turut dipasang. 

Integrated Development Environtment (IDE) adalah suatu aplikasi komputer yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi berdasarkan bahasa pemrograman tertentu. IDE biasanya terdiri dari Graphical User Interface builder, text atau code editor, compiler atau interpreter, serta debugger.

Melalui bantuan compiler, program yang ditulis dalam bahasa pemrograman (seperti C/C++) diterjemahkan menjadi kode mesin sehingga bisa dijalankan oleh komputer. Sebelum me-release program yang dibuat, diperlukan proses debugging, yaitu melacak lokasi kesalahan (bug) pada program kemudian memperbaikinya. Alat untuk melakukan debugging dinamakan debugger. Dengan debugger memungkinkan programmer untuk menghentikan program yang sedang running di titik-titik tertentu (breakpoint).

Contoh IDE untuk bahasa pemrograman C/C++ adalah Code::Blocks, Dev C++, Borland C++, Visual Studio, dan sebagainya. IDE yang akan digunakan pada praktikum ini adalah Code::Blocks versi 16.01.3 IDE ini bersifat open source dan tidak memerlukan lisensi berbayar.

Untuk membuat project silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

1. Jalankan program Code:Blocks
2. Klik menu File – New – Project
3. Pilih “Console Application” dan Klik tombol “Go”

Apa itu Code Block

4. Klik “Next”

Apa itu Code Block

5. Pilih “C++”, kemudian klik “Next”

Apa itu Code Block

 6. Isi kolom Project Title > nama project,
     Folder to create project in > lokasi penyimpanan project (buat folder khusus di komputer
     masing-masing untuk Praktikum Algoritma dan Pemrograman)
     Project Filename > nama project
     Resulting filename > alamat lengkap project disimpan di dalam harddisk 
     Kemudian klik “Next”

Apa itu Code Block

7. Pilih compiler yang akan digunakan (Pada praktikum ini menggunakan GNU GCC
    Compiler). Checklist “Create Debug Configuration” dan “Create Release Configuration”.
    Kemudian klik “Finish”

Apa itu Code Block

8. Jika sudah klik Finish Code:Blocks akan membuat Project baru di dalam Workspace kita
Apa itu Code Block

9. Double Click file main.cpp, maka akan tampil code editor. Secara default isi dari main.cpp
    adalah aplikasi Hello World.

Apa itu Code Block

10. Untuk menjalankan program tersebut klik icon berwarna hijau berikut:

Apa itu Code Block

11. Jika tidak ada kesalahan maka akan tampil terminal sebagai output dari program tersebut.
Apa itu Code Block

12. Namun jika ada kesalahan maka Code:Blocks akan menampilkan daftar kesalahan yang
      mungkint terjadi. Contoh, misalkan simbol titik-koma (;) pada baris ke-3 dihilangkan, maka
      Code::Blocks akan menampilkan pesan kesalahan seperti berikut:
 

Apa itu Code Block

Nah itu adalah penjelasan dari saya Apa itu Code Block? dan Bagaimana Cara Menggunakanya. jika kalian suka dengan artikel ini kalian boleh tekan share dan jika kalian bingung dengan artikel ini kalian berilah komentar dibawah ini. Terimakasih.
Loading...