asads
U2FsdGVkX1+oAnwbnskvya69szTjdFpGybhS2NzdrKHSjoJTr08Mjc5tbPuHiBiBO8XlWYvlkceixZrnmV7xdQ==

Baca Juga

Forumkomputer. | 6 Cara Mudah Mengatasi Laptop yang Tidak Ada Suaranya - Laptop adalah barang wajib bagi sebagian besar orang. Apalagi jika orang itu adalah mahasiswa dan pekerja kantoran. Laptop juga menjadi tempat satu-satunya hiburan bagi banyak orang. Mengeksplor pengetahuan tentu saja juga bermodal laptop. Untuk pecinta game, Laptop yang mumpuni adalah impian dan kebutuhan. Bisa dikatakan laptop menjadi kebutuhan yang penting bahkan pokok sekarang ini. Mulai dari mengetik, memutar video, bermain game, desain grafis, dan masih banyak lagi. Kegunaan laptop yang luas ini menuntut performanya yang harus selalu maksimal.

Tetapi meskipun laptop banyak dimiliki orang, tidak semua tau bagaimana cara mengatasi masalah yang muncul. Contohnya, laptop tidak ada suara. Apakah kamu pernah mengalaminya? Bagaimana cara mengatasinya?

6 Cara Mudah Mengatasi Laptop yang Tidak Ada Suaranya


Cukup penting untuk kamu mengetahui bagaimana cara memperbaiki laptop yang tidak bersuara. Karena suara mejadi salah satu faktor penting yang diperlukan pada laptop. Misalnya, untuk menonton film atau mendengarkan musik, tentu perlu mendengar suara yang dikeluarkan oleh laptop.

Inilah beberapa cara mengatasi laptop yang tidak ada suaranya. Sebelum mengetahui bagaimana cara mengatasi laptop yang tidak mengeluarkan suara, kita harus memahami bagaimana kerusakan itu terjadi. Kemungkinan penyebab speaker laptop tidak berfungsi :

  1. Tombol untuk speaker tidak sengaja terpencet off sehingga suara hilang tiba-tiba.
  2. Speaker rusak. Rusaknya speaker laptop sebenarnya jarang terjadi. Kecuali jika anda orang yang ceroboh, misalnya menjatuhkan laptop dari lemari. Bisa jadi speaker terbentur dan rusak sehingga tidak mengeluarkan suara.
Jika laptop tiba-tiba kehilangan fungsi speaker atau tidak mengeluarkan suara kemungkinan masih bisa diperbaiki asalnya speaker laptop tidak rusak. Dan ini dia 6 Cara Mudah Mengatasi Laptop yang Tidak Ada Suaranya.

1. Install ulang driver audio laptop
Cara yang pertama adalah mereset kembali audio di laptop anda. Sebenarnya, laptop sudah mengeluarkan suara tanpa menginstal driver sekalipun. Ini karena speaker laptop telah menjadi satu di dalam satu tubuh. Berbeda dengan komputer yang harus menginstall setiap perangkat yang tersambung dengan CPU.

Walau suara bisa bisa berjalan tanpa Driver, tapi masi banyak orang yang tetap menginstall Driver Audio Laptop mereka. Alasanya, Karna kompabilitas aplikasi dengan Driver memang lebih tinggi.

Nah,bicara soal Driver Audio kadang juga menyebabkan beberapa masalah pada suara Laptop.

Contohnya :
  •  Jika Installan Driver Audio Laptop kamu rusak, Tentu saja suara laptop kamu tidak akan mengeluarkan suara
  •  Bisa terjadi anda tidak sengaja me - MUTE pada audio laptop. Dan ketika di kembalikan tidak  bisa seperti semua (Akibat Error) 
  • Ada juga masalah BUG hingga CRASH pada Driver, yang menyebabkan suara Laptop tidak ada
SOLUSINYA?

 Simple dan Mudah kalian Hanya perlu menginstall Driver Audio Laptop kalian dengan memperhatikan Merk dan Tipe Laptop kalian.

2. Reinstall driver audio bawaan windows

Untuk kalian yang tidak mempunyai Driver Audio di laptop kalian atau tidak menginstallnya kalian bisa memakai cara ini dengan DEVIDE MANAGER di windows kalian, berikut caranya:


  • Masuklah ke desktop, klik start kemudian masuklah ke Device Manager.

6 Cara Mudah Mengatasi Laptop yang Tidak Ada Suaranya
  • Akan ada banyak pilihan, pilihlah Sounds, Video, and Games Controllers.

6 Cara Mudah Mengatasi Laptop yang Tidak Ada Suaranya
  • Klik kanan pada audio yang terinstall., Lalu pilih Update Driver Sofware
6 Cara Mudah Mengatasi Laptop yang Tidak Ada Suaranya
  • Ikuti perintah selanjutnya. Dengan mengupdate audio driver laptop anda, anda sama saja menginstall ulang driver audio laptop. Sekarang anda tinggal menunggu laptop anda kembali berfungsi seperti semula.
  • Jika audio tetap tidak berfungsi, pada pilihan Update Driver Software, anda memilih Uninstall.

6 Cara Mudah Mengatasi Laptop yang Tidak Ada Suaranya
  • Ikuti petunjuk peng-uninstallan sampai selesai
  • Jangan khawatir anda akan kehilangan instalasi audio anda pada laptop. Karena secara otomatis Windows akan menginstall ulang audio driver anda.
3. Memeriksa kondisi setting speaker
Ini terjadi jika anda kemungkinan memencet tombol mute. Berikut cara memeriksa apakan audio anda sudah benar di setting nya :
  • Buka dekstop klik Star lalu ketik  CONTROL PANEL
6 Cara Mudah Mengatasi Laptop yang Tidak Ada Suaranya
  • Buka HARDWER AND SOUND
6 Cara Mudah Mengatasi Laptop yang Tidak Ada Suaranya

  • Klik SOUND, Lalu setting lah dengan benar audio laptopnya
6 Cara Mudah Mengatasi Laptop yang Tidak Ada Suaranya

4.Mengganti posisi ‘default’ pada speaker
Langkah ini sama saja seperti langkah yang di atas
  • Klik Hardwer and Sound > Sound
  • Klik kanan kemudian pilih Set As Default Device 
pastikan Laptop anda tidak ada headset yang tersambung.

5.Memeriksa status speaker
Dan ini masih sama dibagian Hardware and Sound > Sound
disetting ini ada satu pengaturan yang bernama DISABLE SPEAKER dimana kalo pengaturan ini aktif, maka speaker laptop tidak akan bersuara dan deteksi speaker tidak akan berfungsi
Speaker yang terdisable bisa terjadi karena 2 hal seperti berikut:
  1. Mungkin anda pernah mendisable speaker ini, lalu lupa menyalakan kembali.
  2. Terdapat kejadian tertentu yang membuat speaker jadi terdisable.
untuk mengaktifkanya kembali cukup Klik kanan pada Sound kemudian Klik Show Disable Device lalu enable speaker yang ter disable tadi. gambarnya seperti dibawah ini

6 Cara Mudah Mengatasi Laptop yang Tidak Ada Suaranya

 6. Memasang speaker eksternal
Jika cara-cara di atas tidak mampu mengembalikan suara pada laptop kalian, kalian boleh panik. Kemungkinan terjadi kerusakan Speaker pada laptopnya. Cara mengeceknya adalah dengan menyambungkan laptop dengan Speaker eksternal. Jika suara muncul keluar pada speaker eksternal, maka speaker lapop anda telah mengalami kerusakan. Solusi untuk kerusakan speaker adalah, anda bisa terus menggunakan speaker eksternal, mencari yang ukurannya paling kecil. Speaker eksternal juga telah banyak variasinya. Bahkan kini telah banyak yang menjual speaker tanpa kabel, yaitu speaker bluetooth. Solusi kedua adalah anda memperbaiki speaker ke tukang service yang terpercaya.

nah itu dia 6 Cara Mudah Mengatasi Laptop Yang Tidak Ada Suaranya, jika Cara - cara yang di atas berhasil dan kalian suka artikelnya kalian tekan share, jika kalian bingung dengan cara - cara yang diatas kalian beri komentar dibawah ini. Terimakasih
Loading...