asads
U2FsdGVkX1+oAnwbnskvya69szTjdFpGybhS2NzdrKHSjoJTr08Mjc5tbPuHiBiBO8XlWYvlkceixZrnmV7xdQ==

Baca Juga

Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer CPU Hidup Tapi Monitor Tidak Menampilkan Gambar-Personal Computer atau yang biasa disebut PC merupakan sebuah perangkat keras elektronik yang berfungsi sebagai alat yang bisa menerima perintah atau intruksi untuk melakukan operasi aritmatik dan logika secara otomatis. Kemampuan komputer untuk mengikuti serangkaian operasi disebut dengan program. Hal inilah yang membuat komputer bisa menjalankan berbagai macam tugas yang diperintahkan. Sedangkan yang dimaksud intruksi adalah perintah yang diberikan kepada komputer, perintahnya tentu bukan perintah biasa melainkan perintah yang bisa dipahami komputer.
5 Cara Mengatasi Komputer CPU Hidup Tapi Monitor Tidak Menampilkan Gambar

Adakalanya saat kita menggunakan komputer sering terjadi masalah pada komputer kita seperti yang sering terjadi adalah komputer tidak bisa menampilkan gambar pada layar monitor meski PC atau CPU telah kita hidupkan, masalah tersebut kerap terjadi dan banyak diantara kita yang tidak mengetahui penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya.

Pada artikel kali ini, admin forum komputer akan menjelaskan cara mengatasi komputer atau PC yang hidup tapi tidak bisa menampilkan gambar pada layar monitor, admin akan menjelaskan secara lengkap, jelas dan detail cara mengatasi komputer atau PC yang hidup tapi tidak bisa menampilkan gambar pada layar monitor.

Mengatasi komputer CPU hidup tapi tidak bisa menampilkan gambar.

1. Cek kabel VGA.
Kerusakan pada kabel VGA sering menjadi faktor utama penyebab dari masalah monitor yang tidak bisa menampilkan gambar meski komputer telah dihidupkan. Selain kabel VGA yang rusak, pemasangan kabel VGA pada port VGA yang ada pada monitor maupun pada PC yang kendor atau belum terpasang dengan benar juga menjadi salah satu penyebab monitor tidak mau menampilkan gambar.
Silahkan sobat cek kabel VGA apakah sudah rusak atau belum, cara mengeceknya bisa dengan mengganti VGA yang lain sebagai tester atau memasang kabel VGA yang terindikasi mengalami kerusakan pada komputer lain, jika dipasang pada komputer lain dan layar monitor tetap tidak bisa menampilkan gambar bisa dipastikan ada kerusakan pada kabel VGA sobat.
Selain pengecekan diatas, cek juga pin-pin pada kabel VGA apakah ada yang patah atau tidak, dan pastikan juga pemasangan kabel VGA pada komputer maupun monitor sudah benar dan terpasang dengan sempurna.

2. Cek monitor komputer.
Monitor komputer yang bermasalah sudah bisa dipastikan bisa menjadi penyebab monitor tidak dapat menampikan gambar meski PC sudah dihidupkan, untuk langkah mengecek apakah monitor komputer yang bermasalah bisa menggunakan monitor lain yang benar-benar masih bagus sebagai alat testernya, tapi dengan catatan tidak ada masalah pada kabel monitor maupun pada PC atau komputer sobat.

3. Cek RAM komputer.
Berdasar pengalaman dari admin sendiri, RAM yang bermasalah dapat menyebabkan monitor tidak dapat menampilkan gambar, hal tersebut terjadi pada RAM yang mengalami kerusakan ringan seperti kotor atau pemasangan RAM pada PC tidak benar.
Untuk cara cek apakah RAM komputer yang mengalami kerusakan bisa dengan memasang RAM satu persatu secara bergantian jika pada PC sobat terdapat RAM yang lebih dari satu buah, atau bisa dengan menggunakan RAM lain yang benar-benar masih normal jika pada PC sobat hanya terdapat satu RAM yang terpasang pada slot RAM di motherboard.

4. Cek Power Supply Komputer atau PSU.
Permasalahan pada PSU merupakan salah penyebab yang menyebabkan layar monitor tidak bisa menampilkan gambar, tapi jarang diantara kita yang mencurigai PSU komputer sebagai salah satu penyebab dari monitor yang tidak dapat menampilkan gambar.
Permasalahan pada PSU biasanya terjadi penurunan daya atau dalam bahasa sederhananya PSU mengalami drop, drop pada PSU bisa disebabkan oleh kebocoran arus listrik pada elco-elco di PSU tersebut atau arus listrik yang drop karena kekurangan daya pada PLN nya.
Jika PSU komputer memang mengalami kerusakan sebaiknya ganti PSU tersebut dengan yang baru.
Untuk cara cek kerusakan pada PSU bisa dibaca pada artikel berikut Cara Cek Kerusakan Pada Power Supply.


5. Ganti VGA Card.
Jika dari ke empat cara diatas sudah dilakukan tapi belum juga membuahkan hasil, maka silahkan cek VGA card sobat jika sobat menggunakan VGA addon, VGA card yang rusak sudah bisa dipastikan monitor tidak dapat menampilkan gambar, silahkan ganti VGA card yang rusak dengan VGA card yang baru, dan jika sobat menggunakan VGA onboard maka silahkan pasang VGA addon atau VGA tambahan sebagai pengganti VGA onboard yang rusak tersebut.

6. Instal Ulang Driver Display.
Fungsi driver dispay adalah sebagai jembatan antara monitor dengan kartu grafis pada CPU Anda. Jadi, kartu grafis akan mengirimkan output berupa hasil processing grafis ke layar monitor.

Driver display yang bermasalah bisa mengakibatkan sistem menjadi unstable atau menjadi penyebab blue screen. Hal tersebut bisa jadi menyebabkan monitor sobat tidak bisa menampilkan tampilan grafisnya. Berikut ini adalah cara-cara untuk instal ulang driver display di komputer Anda:



  • Nyalakan komputer dan masuklah ke safe mode.
  • Pada tampilan safe mode, pilih Windows Explorer.
  • Pada jendela Windows Explorer, klik ikon “Computer” > “System Properties”.
  • Selanjutnya sobat akan memasuki jendela System Properties. Klik “Device Manager” di panel kiri jendela tersebut.
  • Cari bagian “Display Adapter”.
  • Klik kanan pada driver yang muncul dan klik “Properties”.
  • Pada jendela yang muncul, klik tombol “Update Driver”.
  • Ikuti langkah-langkah yang muncul selanjutnya hingga selesai.

Jika sebelumnya instalasi driver menggunakan CD-ROM driver bawaan, maka akan ada pilihan untuk mengambil sumber instalasi driver dari CD tersebut. Jika tak punya, sobat bisa mendownloadnya dari internet sebagai langkah alternatifnya. Setelah semua proses selesai, restart komputer. Jika masalah driver display tertangani, seharusnya monitor pada komputer Anda sudah memunculkan tampilan sistem operasi.

7. Mematikan service atau startup program yang bermasalah.
Mungkin bukan hanya driver display saja yang bermasalah. Bisa jadi, service-service pada sistem juga ikut bermasalah dan membuat layar monitor tidak tampil. Adapun cara memperbaikinya adalah sebagai berikut :


  • Nyalakan komputer dan masuk ke safe mode seperti langkah-langkah yang telah dibahas sebelumnya. Cara masuk ke safe mode windows 8 dan windows 10 juga sama kok dengan Windows yang lain.
  • Tekan tonbol Ctrl + Alt + Del pada keyboard untuk memunculkan jendela Task Manager.
  • Pada jendela Task Manager, tekan Ctrl + N pada keyboard. Anda juga bisa melakukannya dengan cara klik menu File > New.
  • Ketik “msconfig” (tanpa tanda kutip) dan tekan Enter.
  • Selanjutnya akan muncul jendela Microsoft System Configuration Utility (msconfig). Pada jendela tersebut, masuklah ke tab “Services” dan “Startup”. Di kedua tab tersebut, sobat bisa mengaktifkan atau menonaktifkan service atau program startup dengan memberi tanda centang pada checkbox yang ada. Coba sobat matikan service atau program yang sobat rasa cukup memberatkan.
  • Restart komputer sobat untuk melihat hasilnya.
Demikian tutorial cara mengatasi komputer atau CPU yang hidup tapi tidak bisa menampilkan gambar, semoga bermanfaat buat pembaca setia blog forum komputer.

Loading...