asads
U2FsdGVkX1+oAnwbnskvya69szTjdFpGybhS2NzdrKHSjoJTr08Mjc5tbPuHiBiBO8XlWYvlkceixZrnmV7xdQ==

Baca Juga

Forumkomputer.com || Dasar C++ Lengkap Untuk Pemula - Semangat pagi reader setia forumkomputer, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tutorial dasar C++ lengkap untuk kalian yang ingin belajar C++ dari awal hingga mahir. Sebelum ketahap pembahasan, mungkin disini ada yang belum mengetahui apa itu C++ ? C++ adalah bahasa pemrograman komputer yang dibuat oleh Bjarne Strousrup pada awal tahun 1970-an yang merupakan perkembangan dari bahasa C yang di kembangkan di Bonglabs. Pada awalnya bahasa tersebut dirancang sebagai bahasa pemrograman yang dijalankan pada sistem Unix, pada perkembangannya, versi ANSI (American Nasional Standar Institute) bahasa pemrograman C menjadi versi dominan. 

Dasar C++ Lengkap Untuk Pemula

Perbedaan antara bahasa pemrograman C dan C++ meskipun bahasa - bahasa tersebut menggunakan sintaks yang sama tetapi mereka memiliki perbedaan yaitu C merupakan bahasa prosedural, dimana penyelesaian suatu masalah dilakukan dengan membagi - bagi masalah tersebut ke dalam sub - sub masalah yang lebih kecil. Sedangkan C++ merupakan bahasa pemrograman yang memiliki sifat pemrograman berorientasi objek untuk menyelesaikan masalah.

Pada materi pemrograman dasar C++ ini saya akan mulai dari tipe data, sintaks, struktur program C++ dan lalu contoh program dari C++ . Langsung saja yuk.

1. Tipe Data pada C++
Tipe data merupakan suatu format pada (C++) yang digunakan untuk menganalisa variabel. Dalam menyimpan variabel tersebut, diperlukan tempat khusus di dalam memori komputer. Variabel tersebut dispesifikasikan sebagai berikut:

tipe data yang ada di C++

2. Struktur C++
Berikut adalah struktur atau layout pada pemrograman C++ :
 # include
main()
{
Instruksi-instruksi
} 

Keterangan :
A.#include
sebagai proses compiler dari c++ menjalankan program yang dinamakan preprosesor yang memiliki kemampuan menambahkan dan menghapus kode dari file sumber. Include berarti menyertakan kode dari file header yang ada didalam kurung, file header adalah file yang berisi deklarasi untuk berbagai fungsi yang dibutuhkan oleh program.
B.main()
Untuk mendeklarasi fungsi utama, bahwa suatu program c++ dapat berisi banyak fungsi, tetapi harus selalu memiliki sebuah fungsi utama ( main function). Fungsi adalah modul yang berisi kode-kode untuk menyelesaikan masalah-masalah tertentu.
C.{
Menandakan awal program.
D.Instruksi
Berisi perintah-perintah yang akan dilakukan program.
E.}
Menandakan akhir program.

3. Deklarasi & Variabel
Bentuk penulisan
Tipe_data nama_variabel;

Contoh Deklarasi Variabel
char nama_mahasiswa;
char grade;
float rata_rata ;
int nilai;

4. Contoh Program C++ Sederhana.

#include 
using namespace std;
int main() {
cout << "Hello World" << endl;
return 0;
}

Contoh diatas akan menampilkan data output sebagai berikut :
modul C++ lengkap pdf
Cukup sampai disini latihannya modul bahasa pemrograman C++. Selanjutnya kami akan berusaha update semaksimal mungkin untuk tutorial dasar C++ ini agar kalian menjadi mahir, simak terus Forum Komputer agar kalian tidak ketinggalan tutorial dan berita dari kami. Jika ada kekurangan kami mohon maaf, sekian artikel kode pemrograman C++ ini, Trimakasih.
Loading...