asads
U2FsdGVkX1+oAnwbnskvya69szTjdFpGybhS2NzdrKHSjoJTr08Mjc5tbPuHiBiBO8XlWYvlkceixZrnmV7xdQ==

Baca Juga

Forumkomputer.com | BELAJAR AUTOCAD : Modul Perintah Dasar di AutoCAD Beserta Fungsinya Part 3 - AutoCAD merupakan salah satu perangkat lunak Computer Aided Design (CAD) yang biasa di gunakan untuk membuat gambar 2 dimensi dan 3 dimensi, AutoCAD di kembangkan dan di pasarkan oleh Autodesk. Perangkat lunak Computer Aided Design (CAD) itu sendiri mengandung arti perangkat lunak yang di gunakan untuk membuat desain suatu produk atau bagian tertentu dari produk tersebut, desain yang di hasilkan bisa berupa desain 2 dimensi atau 3 dimensi yang pengerjaannya “di tolong” atau “di bantu” oleh komputer (otomasi saat melakukan suatu aksi). 

BELAJAR AUTOCAD : Modul Perintah Dasar di AutoCAD Beserta Fungsinya Part 3

Yap kali ini kita lanjutin belajar autocad nya lanjutan dari artikel sebelumnya yaitu Modul Perintah Dasar di AutoCAD Beserta Funginya Part 1 dan Part 2. Untuk kalian yang belum mempelajari part 1 nya silahkan kunjungi link berikut -> Part 1, Part 2 . Buat kalian yang tidak ingin ketinggalan belajar nya silahkan subscribe by email dibagian bawah. Langsung saja yuk ke pembelajarannya.

1. Trim
Trim ini berfungsi untuk membuat obyek yang beririsan atau “bertemu” dengan obyek lain menjadi terpotong, perintah Trim tidak akan menghilangkan obyek “pemotong” namun bagian dari obyek yang posisinya berada di bawah dan beririsan dengan obyek “pemotong” (trimmer) akan di hilangkan, perintah ini dapat di akses dengan mengetik “Tr” atau “Trim” kemudian tekan tombol Enter.

2. Offset
Offset ini berfungsi untuk membuat obyek lingkaran yang konsentris (mempunyai pusat yang sama), memiliki garis paralel dan kurva paralel, sederhananya perintah Offset di gunakan untuk membuat duplikasi obyek (atau sekumpulan obyek) berdasarkan offset (garis luar) dari obyek tersebut, perintah ini dapat diakses dengan mengetik “Offset” kemudian tekan tombol Enter.

3. Mirror
Mirror ini berfungsi untuk menduplikasi suatu obyek secara terbalik (seperti “cermin”), obyek duplikat akan berada tepat di samping obyek terduplikat, hanya saja posisinya yang di “flip” layaknya suatu obyek yang menempel ke cermin, perintah ini dapat diakses dengan mengetik “Mi” kemudian tekan tombol Enter.

4. Copy
Copy ini berfungsi untuk menduplikasi suatu obyek dengan menentukan titik pertama (obyek sumber yang akan di duplikat) dan titik akhir (lokasi tujuan obyek hasil duplikasi) serta jarak dan arah antara obyek semula dengan obyek hasil duplikasi, perintah ini dapat di akses dengan mengetik “Co” kemudian tekan tombol Enter.

5. Extend
Extend ini berfungsi untuk membantu memperluas (extend) obyek untuk memenuhi ujung tepi obyek lainnya, obyek akan di perluas secara otomatis berdasarkan kriteria obyek yang di buat, perintah ini dapat di akses dengan mengetik “Extend” kemudian tekan tombol Enter.

6. Array
Perintah array pada desain 2 dimensi menggunakan AutoCAD terdiri dari perintah ArrayRect, ArrayPolar, dan ArrayPath. Ketiganya berguna untuk membantu Anda dalam membuat objek, serta membuat semacam jaringan yang di buat oleh salinan dari objek asli yang di susun menjadi kombinasi. Secara spesifik ArrayRect akan membantu mendistribusikan objek yang identik dalam baris dan kolom tertentu, ArrayPolar akan membantu mendistribusikan objek dalam pola melingkar di sekitar titik tengah sedangkan  ArrayPath akan membantu mendistribusikan objek di sepanjang jalur (path) yang di tentukan, perintah ini dapat di akses dengan mengetik “ArrayRect”, “ArrayPolar”, atau “ArrayPath” kemudian tekan tombol Enter.

7. Move
Move ini berfungsi untuk mengubah lokasi obyek, dengan menggunakan perintah Move Anda juga dapat mengaktifkan mode ORTHO dan menggunakan perintah untuk memasukkan jarak yang tepat yang ingin Anda pindahkan. Modus ORTHO akan memastikan obyek bergerak dalam garis lurus ke lokasi sesuai jarak yang di tetapkan.

8. Rotate
Rotate ini berfungsi untuk memutar obyek searah jarum jam atau berlawanan arah jarum jam, untuk memutar obyek Anda akan diminta untuk menentukan base point (titik basis) dan sudut rotasi (sudut bernilai positif berarti perputaran obyek berlawanan dengan arah jarum jam, sedangkan sudut bernilai negatif berarti perputaran obyek searah dengan arah jarum jam).

9. Explode
Explode ini berfungsi untuk memecah komponen dari suatu obyek. Misalnya Anda memiliki sekelompok obyek yang terkunci dalam satu obyek. Anda dapat menggunakan analogi yang sama untuk mengatakan bahwa sebuah persegi panjang akan di bentuk oleh 4 baris. Jika Anda ingin memecahkan persegi panjang menjadi 4 baris maka Anda perlu menggunakan perintah EXPLODE. Perintah ini juga bisa di gunakan setelah membuat ARRAY yang memiliki elemen asosiatif. Untuk dapat menghapus fitur asosiatif dari array, perintah EXPLODE dapat digunakan.

10. Erase
Perintah Erase pada desain 2 dimensi menggunakan AutoCAD memungkinkan Anda menghapus objek di AutoCAD. Tapi perintah ini menghapus keseluruhan objek, bukan bagian tertentu dari obyek tersebut.

Nah itulah beberapa Perintah - Perintah Dasar di AutoCAD dan Fungsinya. Untuk mendapatkan pemberitahuan update part selanjutnya jangan lupa kunjungi terus Forum Komputer atau dengan subscribe by email. 
Loading...