asads
U2FsdGVkX1+oAnwbnskvya69szTjdFpGybhS2NzdrKHSjoJTr08Mjc5tbPuHiBiBO8XlWYvlkceixZrnmV7xdQ==

Baca Juga

Forumkomputer.com | Jenis - Jenis Kabel Monitor yang Perlu Anda Ketahui - Untuk anda yang awam dengan berbagai hardware/perangkat komputer, terutama pada artikel ini kami akan menjelaskan fungsi konektor yang ada di monitor. Perangkat komputer terdiri dari berbagai macam perangkat input dan output komputer seperti halnya monitor, CPU, mouse, keyboard, dan beberapa perangkat yang bisa ditambahkan seperti printer, speaker, dan sebagainya sesuai kebutuhan. Karena perangkat komputer yang terdiri dari beberapa alat tersebut, kita kerap dibuat bingung saat memasang sebuah komputer hingga dapat dipakai. Dahulu, memasang seperangkat komputer hanya  bisa dilakukan oleh ahlinya. Namun karena perkembangan teknologi yang semakin maju, komputer kini telah menjadi perangkat elektronik wajib dimiliki. Itulah sebabnya memasang seperangkat komputer harus bisa dilakukan oleh seseorang. Apalagi jika seseorang itu bekerja atau beraktivitas dengan memanfaatkan peralatan seribu fungsi ini.

Jenis - Jenis Kabel Monitor yang Perlu Anda Ketahui

Dalam memasang komputer, yang paling terpenting adalah cara mengkoneksikan kabel-kabel pada seluruh perangkatnya. Tentu Anda harus memahami semua jenis-jenis kabel jaringan komputer. Ada banyak sekali jenis kabel untuk menghubungkan antar alat dalam seperangkat komputer, tergantung kebutuhan komputer itu sendiri. Dalam satu alat, misalnya monitor, ada beberapa kabel yang harus dipahami. Inilah beberapa jenis kabel monitor yang perlu Anda ketahui :

Fungsi dan Jenis Kabel Monitor :

1. Kabel DVI

Jenis - Jenis Kabel Monitor yang Perlu Anda Ketahui
DVI adalah singkatan dari Digital Video Interface. Jika sudah menyentuh digital, bisa dibayangkan bahwa kabel ini memiliki keunggulan yang lebih dari kabel VGA. Kabel DVI biasanya digunakan pada monitor yang modern, bukan lagi layar cembung. Port kabel DVI telah ada untuk jenis-jenis monitor yang sering digunakan, misalnya LCD. Kabel DVI ini memiliki jumlah pin yang lebih banyak daripada VGA, yaitu 24 pin. Keunggulan koneksi DVI ini adalah gambar yang dihasilkan pada monitor lebih jelas dan beresolusi tinggi. Monitor Anda akan mampu menayangkan video HD hingga 2560 pixel. Padahal kabel VGA hanya bisa membawa gambar dengan kualitas maksimal 1024 pixel. Karena itulah kabel DVI dikatakan sebagai kabel penghubung monitor dan CPU yang lebih modern. Jika monitor telah terdiri dari LCD dan LED, bisa jadi kabel VGA akan tenggelam seiring berjalannya waktu.

2. Kabel HDMI

Jenis - Jenis Kabel Monitor yang Perlu Anda Ketahui
Inilah kabel yang paling baik di antara dua kabel sebelumnya. HDMI adalah singkatan dari High Definition Multimedia Interface. Dari namanya saja kita tahu bahwa gambar yang ditampilkan sudah pasti berkualitas baik. Segala jenis video HD bisa ditampilkan pada layar yang dilengkapi dengan kabel HDMI ini. Istimewanya, HDMI tidak hanya mampu menampilkan gambar, tapi juga audio. Sehingga kabel ini sangat memenuhi kebutuhan Anda. Kabel HDMI mulai digunakan untuk monitor-monitor masa kini. Anda tidak akan menemui kabel HDMI pada monitor cembung dan bahkan pada monitor LCD yang diproduksi lama. Selain pada monitor, HDMI kini juga telah digunakan sebagai penghubung laptop dan proyektor terbaik untuk presentasi.

3. Kabel VGA

Jenis - Jenis Kabel Monitor yang Perlu Anda Ketahui
Kabel VGA pada monitor umumnya memiliki koneksi berwarna biru dan terdiri dari 15 pin. Masing-masing pin memiliki fungsi tersendiri, dari mempersembahkan video green, video blue, video red, data clock, dan masih banyak lagi. VGA adalah singkatan dari Video Graphics Array. Artinya adalah monitor standar untuk mengelola tampilan. Setiap monitor memiliki koneksi untuk kabel VGA ini agar gambar dari CPU bisa muncul di monitor. Karena itulah fungsi kabel VGA adalah menyambungkan monitor dengan CPU agar sinyal dari CPU tersalurkan di monitor untuk memunculkan gambarnya. Kabel VGA dapat digunakan oleh berbagai jenis monitor. Mulai dari monitor yang masih bermodel cembung, hingga monitor dengan model terbaru LED seperti sekarang. Pemasangan kabel VGA cukup mudah, Anda hanya perlu menancapkan pin ke dalam colokan yang tersedia di monitor. Namun berhati-hatilah jangan sampai pin patah karena setiap pin memiliki fungsi penting. Kerusakan pin bisa menjadi salah satu penyebab monitor komputer bermasalah sehingga Anda perlu tahu cara memperbaiki monitor lcd komputer bergaris. Selain untuk komputer, kabel VGA juga umum digunakan untuk menghubungkan laptop dengan proyektor dalam sebuah presentasi.

4. Kabel Audio

Jenis - Jenis Kabel Monitor yang Perlu Anda Ketahui
Kabel audio umumnya hanya menghubungkan CPU dan speaker. Anda bisa menemui kabel audio ini pada sebuah monitor televisi. TV umumnya telah dilengkapi dengan speaker pada sisi-sisinya. Tetapi jika Anda memiliki speaker yang lebih besar, Anda juga bisa menghubungkannya dengan menggunakan kabel audio. Kabel ini biasanya berbentuk kecil karena hanya menyampaikan arus listrik yang rendah, tanpa sinyal apapun.

5. Kabel Power

Jenis - Jenis Kabel Monitor yang Perlu Anda Ketahui
Inilah kabel terpenting dari sebuah monitor, yaitu kabel power. Kabel power berfungsi menghubungkan monitor ke seumber tegangan. Kabel power ini memiliki fisik tebal dan kuat. Ini karena arus yang dialirkan ke monitor adalah arus yang cukup besar. Namun tegangan yang dibutuhkan monitor yang berteknologi LCD atau LED lebih rendah dibanding monitor cembung yang kini mulai ditinggalkan. Kabel power memiliki port 3 pin, ada beberapa yang hanya 2 pin. Biasanya kabel monitor berwarna hitam. Pada beberapa komputer, kabel power tidak langsung dihubungkan ke sumber arus, tapi dilewatkan dulu ke stavol untuk menstabilkan tegangan. Di dalam sebuah perangkat komputer, tegangan tinggi dibutuhkan oleh monitor dan CPU. Biasanya dua alat ini yang dihubungkan dahulu ke stavol.

Itulah penjelasan tentang jenis dan fungsi kabel monitor. Jika ada kesalahan pada gambar yang tidak sesuai, mohon maaf silahkan beri komentar dan berikan admin gambar yang asli dan sejenisnya. Jika anda menyukai artikel ini, jangan lupa share. Trimakasih.
Loading...