Perbedaan Mendasar Laptop, Notebook dan Netbook

Perbedaan antara laptop, notebook dan netbook-Berbicara mengenai laptop, sebagian dari kita masih banyak yang belum paham perbedaan antara laptop, notebook dan juga netbook. Netbook, Notebook dan Laptop bukanlah berasal dari bahasa indonesia, terutama untuk laptop, laptop merupakan bahasa inggis yang artinya komputer jinjing. Hanya saja kita lebih familiar dengan penggunaan kata laptop, dan bahkan untuk netbook dan notebook juga banyak yang menamainya dengan sebutan laptop.

Kesalahan sebut kerap terjadi saat menyebutkan bentuk dari ketiga perangkat komputer tersebut.
Sebenarnya perbedaan dari ketiga perangkat tersebut tidak begitu signifikan, dan mudah untuk dipahami jika sobat sudah benar-benar paham perbedaan dari ketiga perangkat komputer tersebut.

Perbedaan Mendasar Laptop, Notebook dan Netbook

Untuk mengetahui perbedaan dari ketiga perangkat komputer tersebut, pada artikel kali ini admin forum komputer akan membahas secara jelas perbedaan antara laptop, notebook dan netbook. Berikut penjelasannya.

Dilihat dari spesifikasi.
Jika dilihat dari spesifikasi memiliki perbedaan sebagai berikut.
Netbook : Netbook memiliki ukuran yang paling kecil dibandingkan dengan notebook dan laptop sehingga memiliki spesifikasi yang minimum, seperti untuk prosessor biasanya dari intel menggunakan intel atom dan memiliki kecepatan ram yang tidak lebih dari 2gb.
Netbook tidak memiliki DVD-ROOM.

Notebook : Notebook memiliki spesifikasi menegah dan bahkan hampir sama dengan laptop, sehingga banyak yang menyamakan antara notebook dan laptop.
Notebook juga ada yang memiliki DVD-ROOM dan ada juga yang tidak memiliki tergantung dari ketipisan dari notebook tersebut.

Laptop : Laptop memiliki spesifikasi yang tinggi atau dalam bahasa kerennya spesifikasi high end, ditujukan untuk segala keperluan, baik untuk ketik mengetik hingga gamming.
Laptop memiliki DVD-ROOM.

Dilihat dari ukuran.
Jika dilihat dari ukurannya, memiliki beberapa perbedaan sebagai berikut :
Netbook memiliki ukuran yang relatif kecil yaitu antara 7inci hingga 13inci, dan biasanya memiliki berat antara 2 hingga 3pon (-1kg).

Notebook memiliki ukuran antara 13,1inci hingga 18inci. Bisa dikatakan, notebook merupakan generasi penerus dari laptop.

Laptop memiliki ukuran 18inci keatas. Laptop cenderung lebih tebal dibandingkan dengan notebook ataupun netbook.

Dari penjelasan diatas, bisa ditarik kesimpulan yaitu netbook merupakan komputer jinjing yang diperuntukkan keperluan-keperluan standart seperti ketik-mengetik ataupun browsing internet, jika untuk bermain game pun sebaiknya mainkan game-game ringan seperti game house dan game-game yang sejenisnya.

Sedang untuk notebook dan laptop bisa untuk keperluan yang lebih komplex seperti desain grafik ataupun bermain game berat, tetapi harus disesuaikan dengan spesifikasi yang terdapat pada notebook maupun laptop tersebut, karena baik notebook maupun laptop memiliki spesifikasi yang berbeda-beda.

Related Posts

Perbedaan Mendasar Laptop, Notebook dan Netbook
4/ 5
Oleh