Tips Merawat Laptop Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak

Tips merawat laptop yang benar agar awet dan tidak cepat rusak-Memiliki sebuah laptop atau netbook memerlukan perlakuan khusus dan memakai dan merawatnya karena perangkat laptop tidak seperti PC yang memiliki ketahanan yang cukup bagus dan jika mengalami kerusakan tidak begitu mengeluarkan dana yang besar untuk memperbaikinya, berbeda dengan laptop dan netbook yang biasanya membutuhkan dana yang besar jika terdapat kerusakan, contohnya kerusakan pada motherboard laptop.

Tips merawat laptop yang benar agar awet dan tidak cepat rusak

Oleh karena itu, jika sobat miliki laptop maka perlu merawat dan menjaga agar awet, tahan lama dan tetap dalam dalam kondisi bagus meski telah dipakai beberapa tahun.
Untuk merawat laptop agar awet dan tahan lama, kali ini admin forum komputer memiliki tips buat sobat yang sangat bagus jika diterapkan pada laptop atau netbook sobat.
Buat sobat yang belum begitu paham apa itu laptop, netbook dan notebook, silahkan baca artikel berikut ini : Perbedaan mendasar antara laptop, notebook dan netbook.

Tips merawat laptop, netbook dan notebook agar awat dan tahan lama.
1. Jangan bermain game berat dalam jangka waktu yang lama.
Bermain game pada laptop dalam jangka waktu yang lama bisa mempercepat kerusakan pada hardware laptop sobat. Bagaimana pun juga, laptop didesain untuk kebutuhan yang standart, memaksakan laptop untuk bermain game berat seperti GTA terbaru atau lainnya membuat laptop sobat cepat mengalami kerusakan, hal ini berlaku juga untuk laptop yang dikhususkan untuk gammer seperti laptop asus ROG dan lainnya.

2. Jangan memakai laptop diatas kasur.
Memakai laptop diatas kasur, bantal atau media lainnya yang tidak menghantarkan panas dengan baik dapat merusak hardware laptop karena media tersebut dapat menyebabkan sirkulasi udara atau sirkulasi pendinginan pada laptop tidak bekerja dengan optimal, dan hal tersebut mengakibatkan laptop sobat cepat panas.

Tips merawat laptop yang benar agar awet dan tidak cepat rusak

Sebaiknya gunakan kipas tambahan atau colling pad untuk dudukan dibawah laptop, colling pad dapat membantu sirkulasi udara pada laptop dan membuang panas pada laptop dengan cepat saat digunakan.

3. Jangan menggunakan/memakai laptop tanpa baterai laptop yang terpasang.
Sebagian pengguna laptop yang tidak begitu paham cara merawat laptop kebanyakan menggunakan laptop tanpa memasang baterai, hal tersebut memang ada sedikit kebenarannya karena menjaga agar baterai laptop tetap awet tapi jika arus listrik yang masuk ke motherboard laptop tanpa distabilkan terlebih dahulu oleh baterai laptop dapat mempercepat kerusakan pada motherboard yang harganya jauh lebih mahal dibandingkan baterai laptop itu sendiri, untuk penjelasan selengkapnya silahkan baca artikel berikut Dampak menggunakan laptop tanpa baterai.

4. Jangan menaruh barang berat diatas laptop.
Layar pada laptop memiliki ketahanan yang tidak cukup bagus untuk menahan benda-benda berat, jadi sebaiknya jangan menaruh benda-benda berat diatas laptop karena dapat merusak layar laptop itu sendiri.

5. Jauhkan laptop dari segala sesuatu yang basah.
Barang barang elektronik sangat anti terhadap air, termasuk juga perangkat laptop, sebaiknya sobat jauhkan laptop dari sesuatu yang basah seperti air, makanan berkuah dan lain-lain, terlebih untuk air yang memiliki kandungan mineral karena perangkat elektronik yang terkena air yang memiliki kandungan mineral bakal terkena korosi dan bisa menyebabkan kerusakan pada hardware laptop seperti motherboard.

6. Bersihkan laptop dari debu secara rutin.
Debu merupakan salah satu musuh utama perangkat laptop, debu yang menempel pada kipas prosessor laptop dapat menyebabkan sirkulasi udara terganggu sehingga menyebabkan panas pada laptop tidak terbuang dengan maksimal.
Bukan hanya debu pada kipas prossesor, akan tetapi debu pada seluruh bagian laptop juga menghambat kinerja laptop.
Sebaiknya bersihkan secara berkala debu yang ada pada laptop sobat agar laptop sobat tetap bersih dan awet.

7. Hindari jangkauan anak kecil.
Sudah menjadi rahasia umum, anak kecil memang sering bertindak yang aneh-aneh, termasuk juga jika anak kecil memegang laptop, bisa-bisa laptop sobat dilempar atau minimal utak atik yang menyebabkan laptop sobat rusak, ketidak tahuan anak kecil dalam menjaga sesuatu membuat kita sebisa mungkin menghindarkan laptop dan barang lainnya yang sangat riskan oleh kerusakan dari jangkauan anak kecil.

8. Jangan memakai laptop sampai baterai 0%.
Memakai baterai laptop sampai 0% atau sampai habis memang direkomendasikan untuk sobat yang baru pertama kali membeli laptop agar semua cell cell pada baterai terisi kembali dengan sempurna saat meng-cas kembali tapi jika sobat terus-terusan memakai laptop sampai 0% atau dalam artian sampai mati menyebabkan kerusakan pada perangkat laptop lainnya seperti hardisk, mainboard dan lainnya.

9. Perhatikan suhu laptop.
Suhu udara pada laptop yang terlalu panas adalah salah satu faktor dari beberapa faktor yang menyebabkan laptop sobat cepat rusak, jaga suhu laptop agar tetap stabil misalnya menggunakan pendingin tambahan seperti kipas prosessor atau colling pad.

10. Jangan menutup laptop saat masih menyala dan sesaat setelah mematikan laptop.
Sebagian orang bilang kalau setelah laptop dimatikan, layarnya jangan langsung ditutup. Biarkan dulu selama beberapa menit. Mengapa bisa begitu ? Alasan tidak diperbolehkannya menutup layar setelah dimatikan itu takutnya layar terkena suhu panas yang menguap dari hardware-hardware laptop.
Ketika laptop baru dimatikan, maka panas yang dihasilkan dari laptop tersebut baru belum hilang dan jika kita langsung menutup layar laptop setelah mematikan laptop tanpa ada jeda waktu, maka ditakutkan panasnya akan membakar layar laptop secara kecil dan perlahan.
Selain itu, ketika laptop sobat sedang menyala pun jangan langsung menutup layar pada laptop Anda. Itu berbahaya bagi laptop sobat.
11. Pasang atau instal aplikasi yang dibutuhkan saja.
Memasang terlalu banyak aplikasi yang tidak dibutuhkan membuat system operasi sobat terlalu berat saat loading, dan hal tersebut juga membuat hardisk pada laptop sobat terlalu banyak menyimpan file yang tidak begitu diperlukan, jika hardisk sobat terlalu penuh dapat menyebabkan menurunnya kinerja laptop sobat dan jika dibiarkan dalam waktu yang lama menyebabkan hardisk pada laptop sobat mengalami masalah.
12. Jangan memakai laptop sambil dicas.
Memakai laptop sambil dicas merupakan hal yang sering dilakukan oleh sebagian orang. Pemakaian laptop sambil dicas dapat mempercepat kerusakan dari baterai laptop dan perangkat lainnya.
Semua barang elektronik itu semakin banyak waktu digunakan maka dia akan cepat rusak. Barang elektronik itu seperti sudah ada durasi pemakaiannya. Sama seperti baterai laptop, dia juga punya durasi pemakaian. Semakin sering dia dipakai berarti durasinya semakin banyak berkurang.

13. Matikan laptop sesuai prosedur.
Mematikan laptop sesuai dengan prosedur merupakan salah satu tindakan untuk menjaga agar komponen komponen pada laptop tetap normal, dan jika sobat mematikan laptop tanpa melalui prosesur misalnya dengan memencet tombol power secara langsung dapat menyebabkan kerusakan pada beberapa komponen laptop seperti hardisk, motherboard dan lainnya.

14. Bersihkan hardisk secara berkala.
Maksud membersihkan hardisk disini bukan dari debu tapi isi yang ada didalam hardisk tersebut, dengan membersihkan atau dalam bahasa komputernya defragment secara berkala membuat kondisi hardisk tetap prima. Sobat bisa menggunakan tool dari windows seperti disk clean up atau disk defragment untuk membersihkan sampah-sampah pada hardisk, dan juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti clean master dan lainnya.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat buat sobat forum komputer.

Related Posts

Tips Merawat Laptop Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak
4/ 5
Oleh