3 Cara Membuat Shortcut Alamat Website di Desktop

3 Cara Membuat Shortcut Alamat Website di Desktop-Membuat sebuah shortcut alamat website pada desktop memang bukanlah perkara yang sulit, namun jika kita tidak tahu caranya akan sangat merepotkan.
Sebenarnya apa sih shortcut itu?

Shortcut merupakan jalan pintas atau cara cepat untuk menjalankan suatu program dikomputer pada suatu sistem yang terinstal dikomputer. 

Sama halnya menu shortcut pada layar desktop untuk sebuah aplikasi, game atau lainnya, sebuah website juga bisa dijadikan menu shotcut pada desktop sobat.
Salah satu tujuan membuat menu shortcut sebuah website tentunya untuk memudahkan kita saat akan membuka website yang dituju, sehingga kita tidak perlu ketik-ketik lagi alamat url pada browser atau mengetikkan judul website pada mesin pencari seperti google, yahoo, bing, atau lainnya.

Buat sobat yang ingin membuat menu shortcut alamat website pada desktop, kali ini admin forum komputer akan share tips dan triknya secara jelas dan lengkap menggunakan gambar agar sobat bisa langsung mempraktekkan.

Cara membuat menu shortcut alamat website pada desktop.
Cara pertama.
  • Buka halaman website atau situs yang akan dijadikan shortcut didesktop menggunakan browser sobat, sebagai contoh admin membuka halaman di www.forumkomputer.com dengan menggunakan browser google chrome.
  • Setelah website terbuka, klik dan tahan gambar gembok/icon website yang ada disebelah kiri address bar, lalu bawa/geser/tarik ke aera desktop komputer atau laptop sobat dan lepaskan pada lokasi dimana icon shortcut website akan ditempatkan.

3 Cara Membuat Shortcut Alamat Website di Desktop

Jika dilain hari sobat ingin membuka website tersebut, sobat tinggal dobel klik/ klik dua kali icon shortcut yang telah sobat buat tadi.

Cara kedua.
  • Buka browse google chrome, kemudian kunjungi situs web yang akan sobat jadikan shortcut didesktop. Pastikan situs web yang sobat kunjungi telah loading dengan sempurna.
  • Jika telah loading dengan sempurna, klik pada tombol “Customize and control Google Chrome” yang berada di pojok kanan atas, dan di bawah tombol close.

3 Cara Membuat Shortcut Alamat Website di Desktop

  • Arahkan kursor mouse ke "Tools", kemudian pilih "Create application shortcuts".
  • Kemudian muncul dialog kotak kecil yang memberikan sobat opsi untuk membuat shortcut didesktop, start menu atau pin to taksbar, silahkan ceklis sesuai kebutuhan sobat, kemudian klik "Create".

3 Cara Membuat Shortcut Alamat Website di Desktop

Sekarang silahkan sobat liat desktop, akan ada shortcut icon tambahan yang telah sobat buat.

Cara ketiga.
- Buka notepad, dengan cara klik "Start Menu"=> "All Programs"=> "Accesories".
- Kemudian masukkan kode berikut.

    [internetshortcut]
    URL=https://alamatwebsitesobat.com

Keterangan : Tulisan yang berwarna biru,  sobat ganti sesuai dengan alamat URL website yang sobat inginkan, sehingga seperti contoh di bawah ini.

3 Cara Membuat Shortcut Alamat Website di Desktop
  • Kemudian simpan di dekstop dengan nama : namawebsite.url 

Keterangan : Tulisan yang berwarna biru, sobat ganti sesuai dengan nama website yang ingin sobat simpan. Dan harus berekstensi .url.

3 Cara Membuat Shortcut Alamat Website di Desktop

  • Ganti Save as type menjadi All Files, lalu klik Save.

Silahkan cek desktop sobat, sekarang shortcut website sobat sudah muncul di desktop.

Related Posts

3 Cara Membuat Shortcut Alamat Website di Desktop
4/ 5
Oleh

2 komentar

Tulis komentar