4 Cara Menghapus Virus di Flashdisk Paling Ampuh

4 Cara Menghilangkan Virus di Flashdisk Dengan Mudah-Menghapus sebuah virus yang ada didalam flashdisk memang bukan perkara mudah, terlebih lagi jika virus yang menjangkiti flashdisk kita mempunyai pertahanan diri yang sangat baik.

Virus merupakan salah satu jenis malware yang diciptakan untuk merusak sistem komputer atapun data-data dan file yang ada didalam komputer. Penyebaran virus sebagian besar melalui flashdisk yang merupakan tempat penyimpanan portable yang dengan mudah dipindahkan dari satu komputer ke komputer lainnya.
Jika sebuah data atau file didalam flashdisk telah terinvesi virus maka akan sangat mudah virus tersebut untuk menginveksi komputer-komputer atau laptop yang dipasang atau terhubung dengan flashdisk tersebut karena sebuah virus mampu menggandakan dirinya ke media lain.

4 Cara Menghapus Virus di Flashdisk Dengan Mudah

Jika flashdisk sobat terindikasi atau memang telah terinvesi virus maka sebaiknya bersihkan flashdisk sobat dari virus-virus yang ada didalam flashdisk sobat agar tidak menyebar ke komputer atau laptop lainnya.
Kali ini admin akan share cara menghapus atau menghilangkan virus didalam flashdisk dengan mudah, berikut penjelasan selengkapnya.

1. Lakukan scanning menggunakan antivirus.
Antivirus merupakan sebuah program yang sangat baik untuk menghapus sebuah virus. Maka dari itu jika sobat mempunyai flashdisk yang telah terinveksi virus, lakukan scanning terhadap flashdisk ketika pertama kali sobat mencolokkan ke komputer atau laptop, pasang antivirus pada laptop atau komputer sobat yang mempunyai perlindungan untuk usb flashdisk seperti antivirus lokal smavad dan lainnya.
Satu hal yang wajib sobat ketahui, antivirus yang sobat gunakan atau pasang pada laptop atau komputer sobat wajib terupdate dengan database terbaru dari antivirus tersebut agar antivirus yang sobat gunakan dapat mengenali virus-virus terbaru.
Untuk mengunduh antivirus lokal maupun luar negeri yang ingin sobat gunakan, silahkan klik link dibawah ini.
Daftar antivirus lokal terbaik.
Daftar antivirus luar terbaik.

2. Hapus virus secara manual.
Menghapus virus secara manual bisa diterapkan jika sobat paham ekstensi-ekstensi dan file-file dari virus tersebut yang menyebar diflashdisk, karena jika sobat tidak begitu paham dengan hal-hal tersebut bisa-bisa file asli sobat yang ada didalam flashdisk ikut terhapus.
Untuk menghapus virus secara manual, sebaiknya sobat gunakan system operasi linux baik yang portable maupun yang terinstal dihardisk.

Kenapa menggunakan sistem operasi linux?
Karena pada umumnya virus diciptakan untuk sistem operasi windows, sehingga saat sobat menancapkan flashdisk ke komputer yang memiliki sistem operasi windows maka virus tersebut akan langsung aktif dan akan menyerang sistem operasi windows dan membuat pertahanan didalamnya.

Jika sobat menghapus secara manual menggunakan sistem operasi linux maka virus tersebut tidak akan bisa aktif saat flashdisk sobat terhubung ke komputer dan sobat bisa langsung menghapus virus tersebut.

3. Hapus virus menggunakan removal tool.
4 Cara Menghapus Virus di Flashdisk Dengan Mudah

Software removal tool untuk virus biasanya lebih akurat dalam menghapus sebuah virus dibandingkan dengan antivirus, tapi sobat wajib tahu apa nama virus yang menginveksi flashdisk sobat.
Jika telah mengetahuinya, maka tinggal dicari dimesin pencari removal tool untuk jenis virus yang menginveksi flashdisk sobat.

4. Hapus virus di flashdisk menggunakan CMD.
Membersihkan sebuah virus pada flashdisk tidak hanya menggunakan antivirus maupun secara manual, melainnya melalui program atau tool yang ada diwindows yaitu CMD pun bisa dilakukan.
Untuk menghilangkan virus lewat tips ini, perlu perhatikan poin-poin berikut.
  • Tancap flashdisk ke komputer atau laptop.
  • Aktifkan show hidden file. Ini akan menampilkan file atau folder yang statusnya "Hidden file".
Penjelasan selengkapnya mengenai cara menghapus virus melalui cmd silahkan baca pada artikel berikut.
Cara Menghapus Virus Melalui CMD.

Jika sobat telah berhasil menghapus atau menghilangkan virus yang ada pada flashdisk sebaiknya backup data atau file yang ada didalam flashdisk kemudian format flashdisk sobat agar benar-benar telah bersih dari virus.

Related Posts

4 Cara Menghapus Virus di Flashdisk Paling Ampuh
4/ 5
Oleh