Jenis dan Perbedaan Kabel UTP Cat1 sampai Cat7

FORUM KOMPUTER - Jenis dan Perbedaan Kabel UTP Cat1 sampai Cat7. Halo sahabat Forum Komputer, pada kali ini admin akan membagikan ilmu jaringan yaitu Jenis dan Perbedaan Kabel UTP Cat1 sampai Cat7. Sebelum ketahap Jenis - Jenis kabel UTP, sekarang kita akan memahami terlebih dahulu apa sih kabel UTP itu? apa sih pengertian UTP itu?

Jenis dan Perbedaan Kabel UTP Cat1 sampai Cat7

UTP adalah singkatan dari Unshielded Twisted-Pair . Kabel UTP atau UTP adalah jenis kabel yang terbuat dari bahan dasar tembaga, yang dilengkapi dengan shield internal. Biasanya kabel UTP ini kabel yang paling umum atau sering digunakan didalam jaringan lokal (LAN), selain harganya yang murah, kabel UTP ini fleksibel dan kinerja yang ditunjukkannya relatif bagus. Dalam kabel UTP, terdapat insulasi satu lapisan yang melindungi kabel dari ketegangan fisik atau kerusakan, tidak seperit kabel Shielded Twisted-Pair (STP). Kabel UTP ini memiliki impendansi kira - kira 100 Ohm dan tersedia dalam beberapa kategori yang ditentukan dari kemampuan transmisi data yang dimiliki nya.

Jenis dan Perbedaan Kabel UTP Cat1 sampai Cat7 

  1. Kategori 1 / Cat1
    Kabel Kategori 1/Cat1 adalah kabel UTP dengan kualitas transmisi terendah, yang didesain hanya untuk mendukung komunikasi suara analog. Kabel Kategori 1 / Cat1 ini digunakan sebelum tahun 1983 untuk menghubungkan telepon analog Plain Old Telephone Service (POTS), sehingga karakteristik kelistrikan dari kabel tersebut membuatnya kurang sesuai untuk digunakan sebagai kabel untuk mentransmisikan data digital didalam jaringan komputer. Karna itulah kabel UTP Cat1 tidak pernah digunakan pada era sekarang. 
  2. Kategori 2 / Cat2
    Kabel kategori 2/Cat2 adalah kabel UTP dengan kualitas yang lebih baik dibandingkan kabel UTP Cat1. Kabel UTP Cat2 ini didesain untuk mendukung komunikasi data dan suara digital dan mampu mentransmisikan data hingga 4 megabit per detik. 
  3. Kategori 3 / Cat3
    Kabel Kategori 3/Cat3 adalah kabel UTP dengan kualitas yang lebih baik dibandingkan kabel UTP Cat2. Kabel UTP Cat3 ini didesain untuk mendukung komunikasi data dan suara berkecepatan hingga 10 megabit per detik. Kabel utp ini menggunakan kawat - kawat tembaga 24-gauge dalam konfigurasi 4 pasang kawat yang dipilin (twisted pair) yang dilindungi oleh insulasi
  4. Kategori 4/Cat4
    Kabel Kategori 4/Cat4 adalah kabel UTP dengan kualitas yang lebih baik dari kabel UTP Cat3, yang didesain untuk komunikasi data dan suara hingga kecepatan 16 megabit per detik. Kabel UTP Cat4 ini menggunakan kawat tembaga 22-gauge atau 24-gauge dalam konfigurasi 4 pasang kawat yang dipilin (twisted-pair). Kabel ini dapat mendukung jaringan Ethernet 10BaseT. 
  5. Kategori 5/Cat5
    Kabel Kategori 5/Cat5 adalah kabel UTP dengan kualitas yang lebih baik dari kabel UTP Cat4, yang didesain untuk komunikasi data dan suara dengan berkecepatan hingga 100 megabit per detik. Kabel ini telah di standarisasi oleh Electronic Industries Alliance (EIA) dan Telecommunication Industy Assosiation (TIA). Kabel Cat5 ini mendukung jaringan Ethernet 10 BaseT, Fast Ethernet (100BaseT) hingga Gigabit Ethernet (1000BaseT). 
  6. Kategori 6/Cat6
    Kabel Kategori 6/Cat6 adalah kabel UTP dengan kualitas yang lebih baik dari kabel UTP Cat5, Kabel UTP ini adalah standar kabel UTP dengan sertifikasi resmi paling tinggi.
  7. Kategori 7/Cat7
    Kabel Kategori 7/Cat7 adalah kabel UTP dengan kualitas yang lebih baik dari kabel UTP Cat7, kabel UTP ini adalah kabel premium yang sangat cocok sebagai media high traffic berbagai aplikasi dalam 1 kabel. Maksimum data yang terkirim dari kabel UTP ini adalah 10Gbit/s dengan frekuensi 1000Mhz.

Related Posts

Jenis dan Perbedaan Kabel UTP Cat1 sampai Cat7
4/ 5
Oleh