asads
U2FsdGVkX1+oAnwbnskvya69szTjdFpGybhS2NzdrKHSjoJTr08Mjc5tbPuHiBiBO8XlWYvlkceixZrnmV7xdQ==

Baca Juga

10 Penyebab komputer restart sendiri-Komputer atau laptop yang sering restart secara tiba-tiba atau restart sendiri memang bisa membuat kita jengkel, apalagi jika saat kita sedang mengerjakan tugas dan belum sempat menyimpan hasil kerjaan kita atau sedang bermain game.

Untuk mengatasi masalah seperti komputer atau laptop yang sering restart sendiri memang diperlukan keahlian khusus dalam bidang komputer karena banyak faktor yang menyebabkan komputer atau laptop tiba-tiba restart sendiri. Jika sobat salah dalam menganalisa, bisa-bisa komponen komputer lainnya yang tidak bermasalah menjadi ikut rusak karena ketidak tahuan dan kurangnya pengalaman dalam memecahkan masalah tersebut.

Untuk membantu sobat dalam menganalisa dimana penyebab yang menyebabkan komputer atau laptop tiba-tiba restart sendiri, kali ini admin forum komputer akan share secara jelas dan lengkap penyebab komputer dan laptop tiba-tiba restart sendiri.

1. Panas yang berlebih atau overheat.
Panas merupakan faktor utama penyebab dari komputer atau laptop yang restart sendiri, kondisi komputer atau laptop yang panas biasanya terjadi pada prosessor, chip VGA, dan chipset pada motherboard.

10 Penyebab Komputer dan Laptop Sering Restart Sendiri

Diagnosa yang paling mudah untuk mengetahui bahwa penyebab komputer yang restart sendiri karena panas yang berlebih adalah saat komputer menyala sekitar 3-5 menit langsung restart tiba-tiba dan terjadi berulang-ulang.


2. Kotor atau banyak debu yang menempel pada hardware komputer atau laptop.
Debu dan kotoran yang menempel pada hardware komputer atau laptop sangat berpengaruh terhadap komputer yang restart sendiri.

10 Penyebab Komputer dan Laptop Sering Restart Sendiri

Debu dan kotoran yang menumpuk akan menghambat proses sirkulasi udara didalam komputer atau laptop menjadi terganggu. Jika hal tersebut dibiarkan saja maka menyebabkan komputer atau laptop menjadi cepat panas karena tidak maksimalnya sirkulasi udara didalam laptop atau komputer, dan menyebabkan komputer atau laptop me-restart sendiri.


3. Power supply bermasalah.
Power supply pada komputer bisa diibaratkan seperti jantung, jika power supply bermasalah maka supply arus listrik ke komponen-komponen komputer menjadi tidak stabil.
Jika komponen-komponen komputer tidak menerima arus listrik yang stabil maka bisa dipastikan komputer akan resrart sendiri atau bahkan bisa mati sendiri secara tiba-tiba.
Saran dari admin, gunakan power supply yang pure, karena jika sobat memakai power supply abal-abal seperti power supply bawaan dari casing yang bermerk abal-abal tidak menjamin data yang tertera pada casing power supply tersebut sama dengan aktualnya.


4. RAM bermasalah.
RAM (Random Access Memory) adalah perangkat dalam sebuah komputer atau gadget yang dapat mengakses memori secara acak dengan cepat. Terkadang RAM juga disebut sebagai memori utama dalam sebuah perangkat.
Jika komponen ram bermasalah maka kerja komputer lainnya menjadi terhenti dan berhentinya komponen-komponen lain karena kerusakan pada ram menyebabkan komputer me-restart sendiri dan yang paling fatal adalah komputer tiba-tiba mati sendiri.

Penyebab dari ram bermasalah antara lain :
  • Kotor karena debu pada kuningan ram.
  • Faktor usia.
  • Sering bongkar pasang ram.
  • korosi.

5. Hardisk bermasalah.
Hardisk merupakan media penyimpanan pada komputer yang paling banyak digunakan.
File dari system operasi juga disimpan pada hardisk, jika hardisk bermasalah maka menyebabkan system operasi juga ikut bermasalah.
Masalah yang paling sering terjadi adalah badsektor pada hardisk, jika badsektor terjadi pada sektor yang terinstal system operasi maka kerja dari system operasi terhenti, hal tersebut ditandai dengan hang, bsod dan resrart sendiri.
Untuk memperbaiki badsektor pada hardisk, silahkan baca artikel berikut Cara memperbaiki badsektor pada hardisk.

6. Sistem operasi crash/bermasalah.
Penyebab selanjutnya yang menyebabkan komputer yang restart sendiri adalah sistem operasi yang crash, hal tersebut bisa berakibat komputer atau laptop tiba-tiba restart sendiri.
Salah satu penyebab yang membuat sistem operasi crash atau bermasalah adalah karena terserang virus, untuk mengatasinya bisa menggunakan antivirus yang terupdate.
Klik link berikut untuk membaca kumpulan antivirus terbaik.


7. BSOB (Blue Screen Of The Death).
BSOD atau Blue Screen Of The Death merupakan satu kondisi dimana komputer yang secara tiba-tiba tampilannya berubah menjadi biru selama sekian detik kemudian restart sendiri.
Banyak faktor yang menyebabkan BSOD tersebut terjadi, salah satunya ialah karena kerusakan pada hardware seperti hardisk, ram atau VGA.

10 Penyebab Komputer dan Laptop Sering Restart Sendiri

8. Arus listrik tidak stabil.
Lonjakan listrik yang secara tiba tiba terjadi bisa membuat komputer sobat restart karena permintaan listrik yang diminta komputer tidak terpenuhi, lalu bagaimana solusinya kawan ??
saya sarankan untuk menggunakan stavolt atau stabilizer untuk mengatasi ketika lonjakan listrik ini.
Selain lonjakan arus listrik, arus listrik yang kurang atau rendah juga mempengaruhi kerja komputer, hal tersebut bisa menyebabkan komputer restart sendiri.


9. Low memory.
Saat sobat menjalankan aplikasi yang besarnya tidak sesuai dengan spesifikasi komputer maka akan terjadi restart, Low Memory yang biasa menjadi penyebab nya. 
Misalkan sobat bermain games yang besar dan sobat menjalankan Multi Tasking atau bermain games dan membuka program – program yang lainnya yang menyebabkan memory anda bekerja ekstra keras, termasuk anti virus, anti virus akan memakan source komputer lumayan banyak dan terkadang komputer sobat akan menjadi berat. Solusi tambah kapasitas Memory. Ingat !!! Bad Memory juga menyebabkan komputer sering Blue Screen dan restart.


10. Program/aplikasi crash.
Program atau aplikasi yang crash sangat rentan dengan masalah komputer yang tiba-tiba restart sendiri, berikut adalah faktor penyebab aplikasi atau progran crash.
  • Terkena virus.
  • System operasi bermasalah.
  • Crash dengan program lain.

Untuk cara mengatasi komputer atau laptop yang tiba tiba restart sendiri akan dibahas pada artikel selanjutnya. Semoga bermanfaat.
Loading...