asads
U2FsdGVkX1+oAnwbnskvya69szTjdFpGybhS2NzdrKHSjoJTr08Mjc5tbPuHiBiBO8XlWYvlkceixZrnmV7xdQ==

Baca Juga

Pengertian dan perbedaan WEP, WPA, WPA2, dan WPA-PSK pada wifi-Sebelum membahas mengenai pengertian dan perbedaan antara security wireless WEP, WPA, WPA2 dan WPA-PSK, admin akan menjelaskan mengenai apa itu wireless, hotspot, dan wifi agar sobat dapat mudah memahami security wireless WEP, WPA, WPA2 dan WPA-PSK.

Pengertian dan perbedaan WEP, WPA, WPA2, dan WPA-PSK pada wifi

Wireless didefinisikan sebagai sebuah jaringan tanpa kabel yang menggunakan udara sebagai media transmisinya untuk menghantarkan gelombang elektromagnetik.

Wifi merupakan singkatan dari wireless fidelity adalah teknologi untuk jaringan area lokal nirkabel dengan perangkat berdasarkan standar IEEE 802.11. WiFi adalah merek dagang dari Aliansi WiFi, yang membatasi penggunaan istilah WiFi Certified ke produk yang berhasil menyelesaikan pengujian sertifikasi interoperabilitas.

Sedangkan hotspot sendiri merupakan gambaran dari area atau lingkup tertentu yang terjangkau oleh frekuensi jaringan WLAN/WiFi sehingga orang dapat melakukan koneksi jaringan melalui perangkat yang memiliki teknologi WiFi seperti smartphone, komputer, laptop dan lain sebagainya.
Dari penjelasan diatas, wifi memiliki system keamanan yang terdiri dari 4 tipe/jenis yang berbeda yang dikenal dengan WEP, WPA, WPA2, dan WPA-PSK. 

Berikut pengertian dan perbedaan dari keempat tipe/jenis sistem keamanan tersebut.

1. WEP (Wired Equivalent Privacy).
Shared Key atau WEP (Wired Equivalent Privacy) adalah suatu metode pengamanan   jaringan nirkabel, disebut juga dengan Shared Key Authentication. Shared Key Authentication adalah metode otentikasi
yang membutuhkan penggunaan WEP. Enkripsi WEP menggunakan kunci yang dimasukkan (oleh administrator) ke client maupun access point. Kunci ini harus cocok dari yang diberikan akses point ke client, dengan yang dimasukkan client untuk autentikasi menuju access point.

2. WPA (Wireless Apliccation Protokol).
Wireless Apliccation Protokol disingkat WAP adalah standar internasional terbuka untuk aplikasi yang menggunakan komunikasi nirkabel. Tujuan utamanya untuk membangun aplikasi yang dapat mengakses internet dari telepon genggam atau PDA, disingkat dengan WAP.
Standar protokol untuk aplikasi wireless (seperti yang digunakan pada ponsel). WAP adalah sebuah protocol atau sebuah teknik messaging service yang memungkinkan sebuah hp digital atau terminal mobile yang mempunyai fasilitas WAP, melihat/membaca isi sebuah situs di internet dalam sebuah format text khusus. Situs internet ini harus merupakan situs dengan fasilitas WAP.

3. WPA2
WPA2 adalah sertifikasi produk yang tersedia melalui Wi-Fi Alliance. WPA2 Sertifikasi hanya menyatakan bahwa peralatan nirkabel yang kompatibel dengan standar IEEE 802.11i. WPA2 sertifikasi produk yang secara resmi menggantikan wired equivalent privacy (WEP) dan fitur keamanan lain yang asli standar IEEE 802.11. WPA2 tujuan dari sertifikasi adalah untuk mendukung wajib tambahan fitur keamanan standar IEEE 802.11i yang tidak sudah termasuk untuk produk-produk yang mendukung WPA.

4. WPA-PSK (Wi-Fi Protected Access – Pre Shared Key).
WPA-PSK (Wi-Fi Protected Access – Pre Shared Key) adalah pengamanan jaringan nirkabel dengan menggunakan metoda WPA-PSK jika tidak ada authentikasi server yang digunakan. Dengan demikian access point dapat dijalankan dengan mode WPA  tanpa menggunakan bantuan komputer lain sebagai server. Cara mengkonfigurasikannya juga cukup sederhana. Perlu diketahui bahwa tidak semua access point akan mempunyai fasilitas yang sama dan tidak semua access point menggunakan cara yang sama dalam mendapatkan Shared-Key yang akan dibagikan ke client.
Loading...