Pengertian mouse komputer dan fungsinya

Pengertian mouse komputer-Mouse komputer merupakan alat yang digunakan untuk memasukkan data dan perintah kedalam komputer dan juga sebagai penggerak pointer untuk menentukan kursor, fungsi mouse pada sebuah komputer cukup vital meski kita sering mengabaikan kebedaaan dari mouse tersebut, jika sobat pernah atau mengalami pengalaman mouse komputer atau laptop bergerak-gerak sendiri itu berarti ada yang tidak normal pada komputer atu laptop sobat.

Sedangkan kursor merupakan penunjuk pada layar yang berfungsi untuk menunjukan sesuatu yang berhubungan dengan fungsi pada system, contohnya ketika sobat mengklik start dipojok kiri bawah layar, maka system akan menampilkan start menu pada layar komputer atau laptop sobat.
Jadi pengertian mouse komputer adalah perangkat keras yang termasuk dalam golongan perangkat input (masukan), dan berfungsi mengatur pergerakan kursor secara cepat, selain itu juga untuk memberikan suatu perintah dengan hanya menekan tombol lada mouse komputer.

Didalam perangkat mouse ini terdapat sebuah bola kecil (untuk mouse jadul) atau optical mouse (untuk mouse model baru) yang akan menangkap pergerakan mouse dan mentransfer sinyal listrik ke perangkat pemprosessan (CPU), dengan demikian mouse komputer dapat secara cepat melakukan kinerjanya sebagai perangkat masukan.

Secara garis besar, mouse komputer terdiri dari beberapa bagian, antara lain :
Bagian bagian pada mouse ball.

Pengertian mouse komputer dan fungsinya

1. tombol klik kiri ada mouse
2. tombol klik tengah pada mouse
3. tombol klik kanan pada mouse
4. kabel koneksi ke PS/2 soket di komputer
5. IC(analog) mouse, untuk menggerakan mouse dan dilanjutkan ke sinyal digital untuk dikirim ke komputer
6. X-axis, untuk pedeteksian ketika mouse digerakkan ke kiri dan ke kanan
7. Y-axis, untuk pendeteksian ketika mouse digerakkan ke depan dan ke belakang
8. rubur ball, bola yang akan menerima geseran dan menghasilkan sudut X dan sudut Y yang dikirmkan pada pendeteksi axis elektronik capasitor.
9. resistor.

Bagian bagian mouse optical.

Pengertian mouse komputer dan fungsinya

1. LED (obscured by wheel)
2. pendeteksi ketika sobat menekan tombol kiri mouse, ada saklar yang sama disebelah kanan untuk mendeteksi tombol kanan mouse dan roda klik seluruh dipasang pada tombol lain sehingga berfungsi sebagai tombol
3. potentiometer(variable resistor) untuk mengukur seberapa banyak bola tersebut memutar
4.LED
5.resistor
6. mica capasitor
7. electrolytic capasitor
8. prism bends light from LED through 90 derajat down onto desk
9. scroll wheel, chip yang mendeteksi penerimaan dari LED sehingga diterjemahkan oleh IC tersebut
10.resistor
11. USB kabel yang terhubung ke komputer
12. LED agar bersinar di atas permukaan bagian bawah mouse.

Penjelasan selengkapnya mengenai bagian-bagian mouse komputer dan fungsinya, silahkan baca artikel berikut : Fungsi dan bagian-bagian mouse komputer.
Mouse komputer memiliki beberapa jenis yang semuanya memiliki fitur yang berbeda, akan tetapi memiliki fungsi yang sama. Penjelasan mengenai jenis-jenis mouse komputer silahkan baca pada artikel berikut : Pengertian dan jenis-jenis mouse komputer.
Setiap perangkat keras elektronik, khususnya perangkat keras komputer memiliki masa atau waktu yang suatu saat nanti akan mengalami masalah. Begitu juga mouse komputer, salah satu masalah yang sering terjadi adalah mouse komputer sering bergerak sendiri dan untuk touchpad pada laptop sering tidak responsif.
Mengenai penjelasan dari kedua masalah diatas, silahkan baca artikel berikut.
Penyebab dan cara mengatasi mouse komputer bergerak sendiri.
Penyebab dan cara mengatasi touchpad laptop yang kurang responsif.

Related Posts

Pengertian mouse komputer dan fungsinya
4/ 5
Oleh