Pengertian CD dan DVD ROM, fungsi dan jenis jenisnya

Pengertian CD dan DVD ROM, fungsi dan jenis jenisnya-CD-ROM merupakan sebuah perangkat keras komputer yang berbentuk kotak seperti balok dan mempunyai kegunaan untuk membaca data yang ada didalam CD. Secara garis besar, CD ROM memiliki 2 jenis menurut type nya yaitu ATA atau IDE, dan SCSI.

Kegunaan CD-ROM.
CD-ROM memiliki kegunaan yaitu sebagai pembaca data yang ada didalam CD dan melakukan burning data ke CD disk yang artinya kita bisa menyimpan data-data penting kedalam piringan CD.

Jika komputer sobat masih model lama pasti tidak asing dengan hardware CD ROM ini karena sering digunakan pada komputer yang sudah lama atau bisa dibilang komputer jadul.
Pengertian CD dan DVD ROM, fungsi dan jenis jenisnya

Perbedaan CD-R dan CD-RW.
CD ROM memiliki dua jenis yaitu CD-R dan CD-RW, dianrara kedua perangkat keras ini memiliki kegunaan yang berbeda, berikut perbedaan kedua jenis CD-ROM tersebut.

  • Pada CD-R, perangkat ini hanya memiliki fungsi untuk membaca data yang ada didalam CD saja.
  • Pada CD-RW, perangkat ini memiliki kemampuan untuk membaca keping CD dan juga mampu menulis ke keping CD.
Perlu diketahui, CD-RW menggunakan sinar laser yang berwarna merah untuk menulis/write informasi dari komputer ke disk.

Pengertian DVD ROM
DVD Rom merupakan sebuah perangkat keras komputer yang cara kerjanyaa hampir sama dengan CD-ROM, akan tetapi DVD ini memiliki kemampuan yang lebih baik dibandingan dengan CD-ROM.
DVD atau kependekan dari "Digital Versatile Disk", dengan DVD ROM ini sobat dapat menyimpan data dipiringan dengan kapasitas yang besar dibandingkan CD disk, biasanya standart DVD disk memiliki kapasitas penyimpanan hingga 4Gb.

Sejarah CD-ROM.
CD-ROM ditemukan dan diciptakan pada tahun 1937 oleh James T.Rusell, dia merupakan orang pertama yang menciptakan CD.
James T. Russell seja umur 6 tahun sudah dapat menciptkan remote control kapal perang nya dengan menggunakan kotak makan siangnya.
James juga termasuk orang yang pertama kali yang menikmati televisi dan memakai keyboard sebagai masukan data ke komputer. Pada saat itu, james merupakan suatu orang yang menyukai musik.

Berikut jenis-jenis optical disk drive beserta fungsinya :

1. CD-ROM.
CD-ROM merupakan singkatan dari compact disk-read only memory merupakan suatu alat yang digunakan hanya untuk sekedar membaca compact disk (keping CD).

2. CD-RW.
CD-RW disebut juga CD-writer merupakan suatu alat yang selain mampu untuk membaca isi keping CD juga mampu menulisnya.
CD-RW memiliki kecepatan yang bervariasi dan yang tercepat saat ini adalah 52X48X36, Hal ini dapat diterjemahkan sebagai berikut.
  • kecepatan baca (read) 52 kali.
  • kecepatan menulis (write) 48 kali.
  • kecepatan rewrite 36 kali.

3. DVD-ROM.
DVD-ROM juga berfungsi untuk membaca saja tetapi dalam hal ini selain bisa membaca DVD juga bisa membaca CD.

4. DVD-COMBO.
DVD-COMBO memiliki kemampuan yang istimewa yaitu selain mampu membaca CD dan DVD juga mampu menulis keping CD, Akan tetapi tidak bisa untuk menulis keping DVD.

5. DVD-RW.
DVD-RW merupakan jenis optical drive yang terbilang cukup komplit, Selain mampu membaca keping CD dan DVD, Alat ini juga mampu untuk menyimpan/menulis keping CD dan DVD.

6. CD/DVD Duplikator.
Duplikator merupakan teknologi baru yang memberikan solusi murah untuk menggandakan sejumlah CD dan DVD bagi user.
Duplikator merupakan sistem yang berdiri sendiri dan tidak membutuhkan komputer atau software apapun untuk mengoperasikannya.
Duplikator terdiri atas 3 komponen yaitu :
  • Source drive yaitu tempat memasukkan CD master original.
  • Target drive yaitu tempat memasukkan media kosong yang hendak dituliskan.
  • Controller card yaitu berfungsi untuk mengontrol aliran data antara source drive dan terget drive.
Umumnya perangkat Optical disk drive mempunyai kecepatan memutar keping CD dan DVD sebesar 1600 sampai 4000rpm, Kapasitas kecepatan putaran sebuah optical disk drive menunjukan kecepatan perangkat tersebut dalam menulis data.
Biasanya dalam software burning tersedia opsi/pilihan fast,safe dan slow. Ketika kita melakukan proses burning hasilnya tidak dapat diputar di optical drive lain, Hal ini disebabkan oleh kecepatan baca dari optical drive yang berbeda, Oleh karena itu umumnya default software burning diset pada pilihan/opsi safe agar hasil burning terjamin keterpakaiannya. 

Related Posts

Pengertian CD dan DVD ROM, fungsi dan jenis jenisnya
4/ 5
Oleh