Mengatasi tanda silang merah pada wifi laptop atau komputer

Mengatasi tanda silang merah pada wifi laptop atau komputer-Wifi adalah teknologi untuk saling bertukar data menggunakan gelombang radio (secara nirkabel/tanpa kabel) dengan memanfaatkan berbagai peralatan elektronik. Diperlukan peralatan elektronik seperti komputer, smartphone, atau tablet untuk terhubung dalam jaringan komputer termasuk internet melalui wifi.

Mengatasi tanda silang merah pada wifi laptop atau komputer

Biasanya titik akses memiliki jangkauan hingga 20 meter di dalam ruangan, dan ada pula yang lebih jauh jangkauannya untuk Wifi di luar ruangan. Wifi sendiri sebetulnya merupakan singkatan dari Wireless Fidelity. Pada umumnya, untuk bisa terhubung dengan sebuah perangkat elektronik, Wifi menggunakan frekuensi gelombang radio dalam rentang 2,4GHz s/d 5GHz.

Saat ini, semua laptop sudah menyediakan perangkat wifi, sedangkan untuk PC pada umumnya kita diharuskan menambahkan wifi eksternal agar bisa menggunakan wifi sebagai konektifitas ke internet.
Dari kemudahan konektifitas perangkat wifi, tapi ada saja kendala saat kita akan menggunakan wifi di laptop maupun komputer, masalah yang sering terjadi ialah adanya tanda silang merah pada perangkat wifi yang ditandai oleh sebuah icon pada taksbar windows kita.

Masalah tersebut menyebabkan kita tidak bisa terkoneksi ke internet menggunakan wifi tersebut.
Lantas apa penyebab dan bagaimana cara mengatasinya?

Artikel kali ini, admin forum komputer akan membahas tuntas mengenai penyebab dan cara mengatasi tanda silang merah pada wifi laptop atau komputer.

1. Wifi laptop atau komputer tidak dalam keadaan on.
Faktor pertama kali yang perlu sobat ketahui ialah wifi laptop atau komputer tidak dalam keadaan on, tentu hal ini sangat mudah ketahuan.

Cara mengatasi :
Cara mengatasinya adalah dengan menghidupkan perangkat wifi dengan mengakses windows mobility center.
  • Untuk windows 7 adalah dengan menekan tombol windows + X , Kemudian pilih "Turn wireless on".
  • Untuk windows 8 dan 10 adalah dengan menekan tombol "windows + X" pada keyboard kemudian pilih "Mobility center", lalu pilih "Turn wireless on".

2. Kegagalan mengupdate windows.
Kegagalan mengupdate windows dapat menyebabkan atau membuat error system operasi pada komputer atau laptop, tak terkecuali menyebabkan error pada wifo dengan peringatan tanda silang pada icon wifi.
Cara mengatasinya.
Jika sobat pernah mengalami hal diatas dan tidak ingin terulang lagi kesalahan yang serupa, sebaik aktifkan system restore point pada windows sobat sehingga jika sobat mengalami masalah pada system operasi sobat, sobat bisa langsung menjalankan system restore point untuk mengembalikan system seperti semula.
Baca artikel berikut untuk cara membuat system restore point pada windows 7, 8 dan windows 10.

3. Driver wifi belum diinstal.
Penyebab utama munculnya tanda silang merah pada wifi adalah belum terinstalnya driver wifi atau WLAN, hal ini sangat wajar terjadi saat sobat baru instal ulang system operasi.
Untuk mengetahui driver wifi yang belum terinstal adalah dengan mengakses "Device manager", caranya :
  • Klik kanan "My Komputer" atau "This PC pada windows 8 dan 10" kemudian pilih "Properties".
  • Kemudian klik "Device manager" lalu pilih "Network adapter".

atau bisa dengan menekan windows+R , kemudian ketik "mmc devmgmt.msc".

Untuk mengetahui driver yang belum terpasang maka akan ada "Warning" (tanda tanya atau segitiga berwarna kuning) pada list driver yang ada.

4. Fungsi driver wifi disable (dinonaktifkan).
Mendisable atau menonaktifkan driver wifi juga berakibat munculnya tanda silang pada icon wifi di taksbar windows, biasanya hal ini terjadi karena ketidak sengajaan saat mengoperasikan laptop atau komputer.
Untuk mengetahui bahwa ada driver wifi yang tidak aktif, silahkan sobat cek device manager. Perhatikan jika ada tanda-tanda yang berbeda, tanda fungsi driver terdisable adalah dengan lingkaran tanda panah kebawah (Lihat contoh gambar dibawah ini).

Mengatasi tanda silang merah pada wifi laptop atau komputer

5. Menginstal driver wifi yang salah.
Kesalahan penginstalan driver sering terjadi saat CD/DVD driver bawaan dari laptop telah hilang dan sobat tidak mengetahui pasti seri dari driver wifi yang ada dilaptop, atau main instal saja tanpa mengecek terlebih dahulu driver yang dipakai oleh wifi pada perangkat laptop.
Perlu dicatat bahwa meski laptop dengan merk yang sama sebenarnya memiliki driver yang berbeda tergantung dengan seri dari perangkaf hardware yang dipakai, dan untuk menginstal driver tidak hanya melihat dari merk dan seri akan tetapi dilihat juga hal lain seperti system operasi (windows 7, 8,10 atau linux dan OS lainnya) dan struktur OS (32bit atau 64bit).

6. Jaringan wifi tidak tersedia.
Penyebab yang terakhir dari munculnya tanda silang pada wifi laptop atau komputer dikarenakan tidak ada atau tidak tersedianya jaringan wifi disekitar sobat.
Meski terlihat sepele akan tetapi tidak adanya jaringan atau sinyal wifi disekitar sobat menyebabkan munculnya tanda silang merah pada wifi laptop sobat.

Cara mengatasi.
Pindah ketempat yang ada jaringan atau sinyal wifi, atau jika sobat ingin terkoneksi dengan penyedia wifi tapi tidak terjangkau oleh jangkauan perangkat wifi pada laptop, sobat bisa menggunakan alat tambahan penguat sinyal wifi atau dengan kata kerennya tembak wifi menggunakan wajan bolic atau penguat wifi lainnya.

Related Posts

Mengatasi tanda silang merah pada wifi laptop atau komputer
4/ 5
Oleh

1 komentar:

Tulis komentar
avatar
August 20, 2019 at 10:41 PM

jasa instalasi jaringan lan kantor

Matahari komputer. adalah sebuah perusahaan yang bergerak di
bidang service komputer,laptop,printer,installasi jaringan dan design
website. kami melayani jasa instalasi jaringan lan kantor seperti
kantor,warnet,sekolahan,cafe,kos kosan dan gedung. bila anda ingin membangun sebuah jaringan local komputer,wifi/hostpot
silahkan hubungi kami Hub : 081294209696

Berkut ini adalah pemasangan yang biasa di temui:

1. Installasi jaringan lan baru
2. installasi jaringan Wifi
3. Pemasangan router/Wifi tambahan
4. Install Billing System untuk warnet
5. Pembagian bandwidth untuk komputer
6. Installasi wifi/hospot mikrotik
7. Installasi jaringan telephone Pabx
8. Sharing Printer / data
9. Setting IP static / dynamic
10. Setting mikrotik
11. Pasang wifi untuk kosan


Silahkan Hubungi Kami
081294209696
Bilawal.rifai96@gmail.com
http://www.mataharikomputer.com/jasa_instalasi_jaringan_lan_kantor.html

Reply