asads
U2FsdGVkX1+oAnwbnskvya69szTjdFpGybhS2NzdrKHSjoJTr08Mjc5tbPuHiBiBO8XlWYvlkceixZrnmV7xdQ==

Baca Juga

Cara menghapus virus cripto mining atau cryptocurrency rthdcpl.exe-Cryptocurrency  merupakan mata uang digital desentralisasi dan dikelola oleh jaringan teknologi peer to peer, pelaksanaanya tergantung pada prinsip-prinsip kriptografi untuk memvalidasi transaksi dan generasi mata uang itu sendiri atau bisa disebut dalam artian lain suatu bentuk mata uang yang berdasarkan perhitungan atau matematika saja.
Tidak seperti mata uang kertas atau coin logam, yang di cetak, cryptocurrency di produksi dengan memecahkan soal-soal matematika berdasarkan kriptografi.

Beberapa tahun belakangan ini kalian pasti mengenal mata uang digital kan? Selain itu untuk mendapatkan uang digital atau cryptocurrency ini bisa dengan cara menambang atau mining. Tak jarang, para penambang cryptocurrency ini menggunakan cara ilegal yaitu dengan menyebar virus mining rthdcpl.exe ke komputer komputer tanpa diketahui pemilikinya.

Program yang berjalan tanpa sepengetahuan kita ini tentunya akan memakan banyak resource komputer atau CPU, sehingga komputer kita akan mengalami penurunan kinerja seperti terjadinya lag, crash, hang dan error system lain. 

Proses masuknya virus rthdcpl.exe ini biasanya berbarengan dengan trojan, jika komputer sobat masih ada trojan yang berjalan, bisa jadi program penambang itu juga berjalan.
Berikut adalah data dari virus rthdcpl.exe yang bisa sobat simak.
  • Nama Virus : Rthdcpl.exe
  • Macam Jenis : Malware Miner.
  • Cara Kerja Program : Menggunakan Sumber Daya CPU Atau GPU Dalam Menambang Mata Uang Digital Seperti Halnya Bitcoin.
  • Gejala : Komputer Menjadi Lambat, Crash, Lag dan Kinerja Semakin Memburuk Akibat Keberatan Dalam Menjalankan Program Tersebut.
  • Penyebaran : Melalui Email Spam, Website Yang Terinfeksi dan Softaware Palsu.


Perlu sobat ketahui bahwa proses penyebaran rthdcpl.exe ini sah dan legal karena berkaitan dengan Realtek HD Audio Sound Effect Manager. Tetapi proses nya dimanfaatkan malware untuk keperluan mining. Dengan munculnya malware didalam rthdcpl.exe proses yang awalnya biasa saja berubah menjadi sangat berbahaya, dikarenakan mengeksploitasi CPU secara berlebihan untuk kepentingan penambangan cryptocurrency.
Untuk mengetahui gejala rthdcpl.exe berjalan, sobat bisa lihat di task manager, disana akan terlihat berapa penggunaan CPU dan program apa saja yang berjalan.
Jika sobat melihat ada program rthdcpl.exe kemungkinan memang komputer sobat terinfeksi oleh virus Mining.

Penyebaran Virus Mining pun bisa melalui email spam yang berisi lampiran tidak jelas. Berhati hatilah ketika ada email yang terdapat lampiran dengan format .docm,.vbs, .wsf, .js, dan .exe. Jika ada lampiran dengan format seperti itu jangan asal download ya.
Cara menghapus virus
Untuk menghapus virus ini cukup mudah, sobat hanya memerlukan antivirus terupdate yang sudah memiliki database virus cripto mining atau virus
Rthdcpl.exe, silahkan baca artikel berikut untuk memilih antivirus terbaik menurut sobat.

Selain menggunakan antivirus, sobat juga bisa menggunakan software khusus untuk mengatasi malware seperti SpyHunter Anti-Malware Tool.
Loading...