Cara ampuh mengatasi bootmgr is missing press ctrl+alt+dell to restart

Cara ampuh mengatasi bootmgr is missing press ctrl+alt+dell to restart-Permasalah pada komputer atau laptop mengenai bootmgr is missing press ctrl+alt+dell mungkin pernah atau bahkan sering sobat jumpai saat akan menghidupkan komputer atau laptop. Pesan error bootmgr is missing menunjukan bahwa sektor boot telah rusak ataupun hilang, jadi intinya sistem tidak bisa menemukan file bootmgr saat pertama kali proses startup pada system operasi.


Bootmgr is missing terjadi karena beberapa hal sebagai berikut :
  • Hardisk mengalami badsektor.
  • File sistem hilang karena dihapus oleh virus.
  • Sobat tidak menerapkan cara menghidupkan komputer dengan benar, dan juga tidak menerapkan cara mematikan komputer atau laptop dengan benar.

Cara mengatasi bootmgr is missing :

1. Periksa komputer atau laptop sobat, apakah ada media seperti flashdisk atau card reader yang tercolok, masalah bootmgr is missing kerap terjadi akibat media eksternal seperti yang admin sebutkan diatas masih tercolok atau tertancap pada komputer atau laptop. Jadi saat komputer atau laptop dihidupkan maka yang terbaca pertama kali saat proses boot adalah media eksternal tersebut sehingga system tidak menemukan adanya file bootmgr.
Silahkan cabut media ekstenal jika ada yang tercolok, kemudian coba restart kembali laptop atau komputer sobat.

2. Periksa soket kabel IDE atau sata yang tercolok dihardisk dan dimainboard/motherboard jika sobat menggunakan PC desktop, tapi jika sobat menggunakan laptop pastikan bahwa pemasangan hardisk ke mainboard sudah tertancap dengan benar.


Cara seperti ini terkadang berhasil mengatasi bootmgr is missing jika memang pemasangan hardisk ke mainboard belum benar sepenuhnya.

3. Jika muncul peringatan "bootmgr is missing press ctrl+alt+dell to restart" maka silahkan sobat tekan ctrl+alt+dell untuk merestart.
Jika peringatan berupa "bootmgr is missing press any key to restart", silahkan sobat tekan sembarang tombol untuk merestart.
Jika masalah hanya kesalahan booting biasa, maka hanya dengan merestart komputer atau laptop dapat normal kembali.

4. Jika ketiga cara diatas belum membuahkan hasil, lakukan repair ulang system operasi sobat dengan menggunakan CD/DVD instaler dari system operasi yang sobat gunakan.
Fungsi system repair adalah untuk memperbaiki kerusakan system, registry error tanpa menghilangkan aplikasi yang telah terinstal.

5. Jika bootmgr is missing terjadi karena kerusakan pada badsektor hardisk, maka silahkan sobat repair badsektor pada hardisk tersebut untuk mengatasinya. Untuk cara mengatasi badsektor pada hardisk, silahkan baca artikel berikut : Cara ampuh mengatasi badsektor pada hardisk menggunakan hiren boot cd.

Setelah selesai, silahkan sobat instal ulang komputer atau laptop sobat.
Catatan : Badsektor pada hardisk tidak bisa diperbaiki, hanya saja kita dapat mengatasinya dengan melewati pembacaan sektor pada hardisk yang mengalami badsektor tersebut.

Related Posts

Cara ampuh mengatasi bootmgr is missing press ctrl+alt+dell to restart
4/ 5
Oleh