Penjelasan perbedaan software dan aplikasi komputer

Penjelasan perbedaan software dan aplikasi-- Dalam dunia komputer dan teknologi, mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan istilah software ataupun aplikasi, dan banyak diantara kita yang menyamakan antara software dan aplikasi, padahal kedua istilah tersebut sebenarmya berbeda.
Pada artikel kali ini, admin forum komputer akan membahas mengenai perbedaan antara software dan aplikasi secara jelas dan lengkap agak sobat dapat memahami apa yang admin terangkan, berikut pejelasannya.
Penjelasan perbedaan software dan aplikasi komputer

Pengertian software dan aplikasi.
Software merupakan perangkat lunak yang bekerja pada suatu system untuk mengolah berbagai data dalam bentuk digital yang kemudian memprosesnya sebelum dikirmkan ke perangkat lain, software juga mengacu pada suatu program atau berbagai data yang tersimpan dikomputer.
Software sendiri dikelompokkan menjadi 3 jenis, yaitu :

  • Perangkat lunak tertulis.
  • Perangkat lunak suatu aplikasi.
  • Perangkat lunak ber-platform contohnya seperti system operasi (OS) windows, linux, android dan lain-lain.

Software berfungsi untuk mengolah suatu perintah yang dikehendaki oleh penggunanya yang bersifat menyeluruh dalam suatu system komputer. Jadi bisa dikatakan, software merupakan sebuah program yang wajib dimiliki dalam sebuah komputer, tanpa adanya software maka seluruh system tidak berfungsi.

Sedangkan aplikasi atau biasa disebut juga Apps merupkan bagian dari sebuah software, aplikasi dirancang lebih spesifik dan berinteraksi langsung dengan suatu pekerjaan penggunanya serta aplikasi bisa hanya diciptakan secara khusus untuk system operasi tertentu maupun juga untuk semua system operasi atau biasa disebut cross-platform.
Aplikasi sendiri berfungsi membantu memudahkan pengguna untuk melakukan berbagai tufas dikomputer, misalnya saja sobat pasti membutuhkan sebuah aplikasi pengolah grafis seperti coreldraw, adobe photoshop dan lain-lain.

Perbedaan antara aplikasi dan software.
Sebenarnya jika menyimak pembahasan diatas, sobat sudah bisa membedakan antara software dan aplikasi. Tapi disini, admin akan menjelaskan secara terperinci mengenai perbedaan antara aplikasi dan software.

1. Perbedaan definisi.
Dilihat dari definisimya antara software dan aplikasi memang hampir sama, definisi dari software merupakan perangkat lunak dengan system kerja mengolah data digital, dari banyaknya data lalu memprosesnya dan kemudian mengirimkannya ke perangkat yang lainnya.
Software ini lebih mengacu pada program yang ada didalam komputer, sedangkan aplikasi merupakan bagian dari software.

2. Perbedaan fungsi
Fungsi dari sebuah software adalah menjalankan perintah dari pengguna komputer untuk menjalankan tugas, sedangkan aplikasi hanya mempunyai fungsi sebagai pendukung dalam berjalanya sebuah software.
Tanpa software, komputer tidak akan berfungsi tapi tanpa satu aplikasi, komputer tetap bisa berfungsi dengan baik.

3. Perbedaan cara instalasi.
Untuk instalasi sebuah software membutuhkan waktu yang lama bahkan hingga memakan waktu berjam-jam, sedangkan untuk proses instalasi sebuah aplikasi hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja.

4. Perbedaan ukuran file.
Ukuran file antara software dan aplikasi sangat jauh berbeda, sebuah software dapat berukurab sampai lebih dari 1Gb sedangkan untuk aplikasi, kebanyakan berukuran sekitar 1 sampai 200Mb. Hal ini dikarenakan sebuah software terdiri dari berbagai kumpulan aplikasi yang saling terkait sehingga membutuhkan banyak ruang dalam penyimpanannya

5. Perbedaan harga.
Untuk software tertentu harganya bisa mencapai jutaan rupiah, misalnya saja software windows original harganya bisa mencapai, sedangkan untuk aplikasi harganya cukup terjangkau, bahkan ada banyak aplikasi yang bisa didapatkan secara gratis.
Tapi hal ini tidak berarti pada software system operasi linux karena pada system operasi linux bersifat freewaree yang artinya gratis dan juga open source yang artinya code nya terbuka dan dapat dikembangkan.

Semoga bermanfaat buat sobat forum komputer.

Related Posts

Penjelasan perbedaan software dan aplikasi komputer
4/ 5
Oleh