asads
U2FsdGVkX1+oAnwbnskvya69szTjdFpGybhS2NzdrKHSjoJTr08Mjc5tbPuHiBiBO8XlWYvlkceixZrnmV7xdQ==

Baca Juga

Pengertian sound card komputer dan fungsinya--Sound card secara bahasa berasal dari bahasa inggris "Sound" yang artinya suara, dan "Card" berarti kartu, jika diartikan seluruhnya soundcard berarti kartu suara.
Dalam bahasa sehari-hari mungkin hal ini tidak akan berarti apa-apa, namun dalam bidang komputer, terutama tentang komponen hardware komputer, fungsi dan keberadaan sound card ini sangatlah penting.
Pengertian sound card komputer dan fungsinya

Pengertian sound card komputer.
Sound card merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi untuk mengolah data audio atau suara, sound card atau yang lebih dikenal dengan kartu suara adalah suatu komponen komputer yang terdapat didalam PC atau laptop yang bertugas untuk menunjang fungsi suara dalam PC multimedia.
Soundcard merupakan pheriperal yang terhubung ke slot ISA atau PCI pada motherboard yang memungkinkan sebuah komputer untuk memasukkan input, memproses, dan menghantarkan data berupa suara.
Sound card memiliki format tata suara yang mendukung system keluaran suara misalnya sebuah sound card yang memiliki 4 chanel harus menggunakan speaker aktif dengan 4 speaker dan 1 subwoofer untuk dapat menghasilkan suara yang optimal.
Contoh merek sound card yang cukup terkenal ialah creative dan rocketfish.

Fungsi sound card komputer.
Fungsi sound card komputer yang paling utama adalah sebagai pengolah data audio atau suara pada sebuah komputer atau laptop, dan secara umum fungsi sound card pada komputer adalah sebagai berikut :

  • Untuk mengkonversi sinyal digital dan analog ke bentuk gelombang sonic.
  • Sebagai alat yang membantu memproses audio/suara komputer.
  • Meningkatkan kualitas input dan output suara/audio, misalnya kualitas audio surround HD, home theater, dan bioskop.
  • Membantu menambahkan fitur-fitur pengolahan suara seperti bass bosster, 3D sound, theater sound, live sound, dan berbagai fitur lainnya.
  • Berfungsi untuk mengkonversi audio dari piringan hitam/kaset pita kedalam bentuk audio data digital.
  • Membantu mengatur besarnya volume dan equalizer suara yang keluar atau masuk (rekaman).
  • Mengolah data suara rekaman (suara input) baik secara langsung bicara atau melalui perangkat headaet atau perangkat ketiga seperti amplier/microphone.
  • Membantu editing dan mengolah suara atau audio musik.

Dengan berbagai kelebihan fungsi dari sound card, perangkat sound card pada komputer merupakan hal yang wajib ada pada sebuah perangkat komputer atau laptop.

Loading...