Panduan dasar menjadi teknisi komputer profesional

Panduan dasar menjadi teknisi komputer-Menjadi seorang teknisi komputer yang handal merupakan suatu cita-cita bagi sebagian orang yang bergelut dalam bidang komputer, selain bisa digunakan sebagai mata pencaharian, menjadi teknisi komputer juga bisa membuka wawasan kita ke hal-hal yang lain, contohnya saja seperti yang admin alami saat memperbaiki komputer server disebuah perusahaan, dan mendapat ilmu pengetahuan yang lain.
Panduan dasar menjadi teknisi komputer

Menjadi seorang teknisi komputer memang gampang-gampang susah, disamping ilmu komputer yang mudah dipahami dan bisa didapatkan secara otodidak tetapi jika tidak dilakukan dengan ulet, niat dan kemauan pastinya tidak akan mudah untuk memahami ilmu-ilmu dalam bidang komputer.
Sebenarnya apa saja sih dasar-dasar untuk menjadi seorang teknisi komputer yang handal dan profesional?
Untuk menjawab pertanyaan tersebut, akan admin bahas kali ini secara detail dan lengkap agar sobat forum komputer bisa memahami dan mudah mempraktekkannya.

Berikut dasar-dasar menjadi seorang teknisi komputer.

1. Menguasai ilmu komputer.
Tips pertama yang menjadi dasar buat sobat yang ingin menjadi seorang teknisi adalah menguasai ilmu ilmu dasar seorang teknisi.
Untuk mendapatkan ilmu-ilmu seputar komputer tidak harus sekolah jurusan TKJ, karena mungkin ada diantara kita yang umurnya sudah tidak memungkinkan lagi untuk sekolah (sama seperti admin hehehe).
Banyak tempat untuk bisa mendapatkan basic ilmu komputer terutama dasar-dasar hardware komputer.
Pemahaman hardware komputer merupakan satu hal yang wajib bisa, untuk bisa mendapatkan ilmu-ilmu komputer bisa melalui cara sebagai berikut :
  • Membaca majalah-majalah atau tabloid yang membahas mengenai dunia komputer, pembahasan mengenai kumpulan majalah dan tabloid komputer bisa dibaca pada artikel berikut : Daftar majalah dan tabloid komputer diindonesia.
  • Masuki grup-grup atau forum dan lainnya yang membahas mengenai ilmu komputer. Jika sobat ingin mendapatkan keahlian teknisi komputer, tentunya sobat wajib berbaur dengan orang-orang atau kelompok yang berkecimpung dalam bidangnya. Admin yakin, mereka yang ahli dalam ilmu komputer tidak akan pelit untuk membagikan ilmu kepada orang-orang yang ingin belajar.

2. Modal.
Jika sobat memang benar-benar ingin ahli dalam bidang komputer tentu harus punya modal untuk membeli set komputer untuk bahan praktek, karena mendapatkan ilmu komputer secara teori saja belum cukup untuk mengasah keahlian kita dalam bidang komputer, tentunya kita harus praktek, apa saja yang harus dipraktekkan?, berikut diantara penjelasannya :
  • Praktek dengan melihat langsung komponen-komponen atau perangkat keras komputer.
  • Praktek merakit dan membongkar komputer.
  • Praktek instal ulang komputer beserta aplikasi pendukungnya.

Jika sobat mempunyai modal yang lebih, silahkan sobat membeli juga laptop second untuk sekedar praktek atau digunakan sehari-hari.

3. Tools atau alat pendukung.
Tools atau alat pendukung seorang teknisi komputer merupakan hal yang wajib yang harus ada dan dimiliki oleh seorang teknisi, diantara alat seorang teknisi komputer adalah sebagai berikut.
  • Alat berupa software.
Tanpa adanya software komputer, seorang teknisi mungkin tidak bisa berbuat banyak untuk mengatasi masalah-masalah kerusakan pada komputer karena kebanyakan seorang teknisi komputer mengandalkan software sebagai alat kerjanya, contohnya saja :
- Software system operasi.
- Software perbaikan komputer.
- Software perawatan komputer, dan masih banyak lagi.

  • Alat berupa hardware.
Panduan dasar menjadi teknisi komputer

Diantara alat yang harus ada pada seorang teknisi komputer diantaranya ialah :
- Obeng (-)(+).
- Solder.
- Blower atau solder uap, tang crimping, kabel LAN
- Multi tester
Dan lain-lain.
Demikian penjelasan mengenai panduan dasar menjadi seorang teknisi komputer, semoga bermanfaat.

Related Posts

Panduan dasar menjadi teknisi komputer profesional
4/ 5
Oleh