asads
U2FsdGVkX1+oAnwbnskvya69szTjdFpGybhS2NzdrKHSjoJTr08Mjc5tbPuHiBiBO8XlWYvlkceixZrnmV7xdQ==

Baca Juga

Aplikasi edit video terbaik gratis untuk komputer--Aplikasi edit video merupakan sebuah tools atau program yang dibuat untuk keperluan video editing seperti menambahkan atau menggabungkan, memotong, memecah atau membagi video, menghapus bagian video, membuat slow motion, menambahkan efek atau animasi, menambahkan subtitle, menyelipkan video, menambah dan mengganti suara di video, mengganti formaf video, dan masih banyak lagi.
Saat ini telah banyak aplikasi sejenis yang fungsi hampir sama yaitu sebagai video editing yang berbayar dengan berbagai fitur-fitur yang sangat lengkap dan juga ada yang freeware alias gratis yang tidak kalah bagus dari yang berbayar.

Dari banyaknya aplikasi edit video yang bertebaran diinternet, kali ini admin forum komputer akan mereview dan merekomendasikan 10 aplikasi edit video terbaik dan gratis untuk pengguna komputer. Aplikasi-aplikasi tersebut bersifat cross-platform atau bisa diinstal/suport untuk berbagai system operasi seperti windows, linux, max OS, dan lainnya.
Memilih aplikasi video editing yang berbasis NLE (Non Linier Editor) memang tidak mudah, karena setiap orang mempunyai sudut pandang yang berbeda-beda, maka urutan daftar aplikasi edit video terbaik dan gratis dibawah ini bukanlah sebuah patokan utama karena semha tergantung selera masing.

10 aplikasi edit video terbaik dan gratis untuk komputer atau laptop.


1. Blender.
10 Aplikasi editing video gratis/free untuk PC

Blender merupakan Software Video Editing yang menyediakan berbagai macam fitur didalamnya, dan semua itu bisa sobat dapatkan secara gratis. Fitur yang dapat kita manfaatkan saat mengedit video dengan Blender antara lain, import, memotong video, menggabungkan video, dan lain sebagainya.
Blender juga dilengkapi dengan fitur rendering seperti: GPU & CPU rendering, HDR lighting support, dan Realtime viewport preview.

Disamping kegunaan Blender sebagai Software Video Editing, Blender juga cocok digunakan sebagai game engine bagi anda yang ingin membuat sebuah game, kenapa? Karena terdapat fitur Game Creation didalam Blender yang meliputi kemampuan seperti :
  • Mengimport model kedalam software game engine pihak ketiga (third party).
  • Menjalankan game tanpa harus melakukan processing/compiling terlebih dahulu.
  • Pembuatan logika dan kode game kita sendiri.
  • Full-support pada OpenGLTM dynamic lighting, tone shading, dan juga animated materials (Normal & Parallax Mapping).
  • Full Bullet Physics Integration.
  • Python-scripting API for Advanced Control and AI (Artificial Intelligence).
  • Penggunaan OpenAL dalam 3D Spatial Audio.

2. VirtualDub.

10 Aplikasi editing video gratis/free untuk PC

VirtualDub merupakan pilihan yang tepat jika sobat mencari aplikasi edit video untuk PC yang gratis, khsususnya untuk pengguna PC berbasis WIndows. VirtualDub tidak mengenal kata ribet, VirtualDub cukup simple, VirtualDub memudahkan Anda dalam menyunting video yang sobat inginkan.
Sebagai aplikasi edit video, VirtualDub menyediakan fitur seperti menghapus atau mengganti audio pada video yang sobat edit. Bahkan, VIrtualDub memungkinkan sobat untuk melakukan screen recording, yaitu merekam kegiatan yang terjadi pada layar, fitur tersebut jarang ada pada aplikasi edit video pada umumnya.

3. Windows Movie Maker.

10 Aplikasi editing video gratis/free untuk PC

Aplikasi ini tentu hanya bisa dimanfaatkan dan digunakan oleh para pengguna PC berbasis Windows. Secara eksklusif, Windows menciptakan software khusus untuk Anda yang hobi menyunting bahkan membuat video yang keren dan bagus.
Tergolong mudah dengan interface yang sederhana, aplikasi Windows Movie Maker cocok untuk para pemula yang ingin mulai menggeluti dibidang penyuntingan video ataupun pembuatan video. Dasar-dasar untuk mengedit video tersemat sebagai salah satu fitur unggulan yang disodorkan oleh pihak Windows.

4. Avidemux.

10 Aplikasi editing video gratis/free untuk PC

Mempelajari software ini tidak begitu sulit karena design yang userfriendly sehingga cocok bagi sobat yang mungkin merasa minder dengan program editor video yang njlimet. coba sobat lihat tampilannya yang terkesan simpel dan kelihatan begitu mudah untuk di utak utik.
Dengan Avidemux sobat bisa leluasa mengedit video dengan banyak fitur sehingga video dengan hasil yang bagus bisa sobat terwujudkan. aplikasi ini juga tersedia versi linux, Linux, BSD, Mac OS X. fitur andalan software avidemux ini seperti memotong, encode video /penyandian atau proses untuk mengubah sinyal asal ke dalam bentuk yang lebih optimal, ada lagi filtering yaitu tools yang digunakan untuk decode video, mengatur terang / contras video, mengcrop video atau mengubah ukuran panjang dan lebar video dan lain sebagainya, dengan software ini sobat bisa mengedit beberapa format video seperti AVI, DVD, MPEG, MP4 dan ASF.

5. HitFilm Express.

10 Aplikasi editing video gratis/free untuk PC

Aplikasi Hitfilm express merupakan salah satu aplikasi gratis yang memiliki banyak fitur keren dan user friendly, aplikasi ini dirancang dan dibuat untuk memberikan hasil suntingan video yang keren dan juga berkualitas. Tak hanya avail untuk Windows, HitFilm Express juga mampu dijalankan di Mac juga.
Fitur yang ditawarkan oleh pihak aplikasi HitFilm Express pun sangat berguna untuk menunjang pembuatan dan pengeditan video.

6. Lightwork.

10 Aplikasi editing video gratis/free untuk PC

Software Yang dikenal sebagai program edit video pro tapi bisa di dapat dengan gratis ini adalah salah satu aplikasi paling populer di dunia karena banyak dipakai oleh para profesional untuk menggarap film profesional kelas hollywood yang kaya akan efect yang menakjubkan. Dengan Lightworks sobat bisa belajar mengedit video lebih tinggi lagi levelnya. Lightworks dapat mengsinergikan secara optimal dengan aplikasi Avid dan Final Cut Pro. Sobat juga bisa mengintegrasi sejumlah efek yang diciptakan dengan Combustion, GenArts Sapphire, atau bahkan After Effects.
Aplikasi ini bisa juga sobat gunakan untuk memotong, mencampur video satu dengan video lain, video trimming, menghilangkan backgound video kemudian menggantinya dengan background video yang lain sehingga seolah object berada pada posisi video yang lain tersebut. biasanya object yang akan di edit di akan diletakkan kain/ background warna biru (dalam istilah film sering di sebut dengan greenscreen) coba sobat lihat banyak adegan film menggunakan greenscreen ini dengan tujuan untuk meletakkan object seolah berada di tempat lain.
greenscreen ini berfungsi agar background lebih mudah di hilangkan ketika dalam proses pengeditan. dan tentu saja tidak hanya itu saja masih banyak fitur lain yang sangat membantu dalam menciptakan video yang penuh kekaguman. software gratis yang hanya punya size 41.95 Mb ini jika diolah seorang profesional akan mampu menghasilkan karya film yang menakjubkan.

7. Camtasia studio.

10 Aplikasi editing video gratis/free untuk PC

Camtasia studio merupakan aplikasi edit video yang banyak dibekali dengan beragam fitur editing namun tidak membingungkan saat dioperasikan, bahkan aplikasi ini sudah dilengkapi fitur merekam layar komputer yang tentunya sangat membantu pengguna/user.
Selain itu, aplikasi camtasia studio jug tidak hanya untuk pengguna system operasi windows saja, namun pengguna max Os juga bisa merasakan kecanggihan aplikasi tersebut.

8. AVS Video Editor.

10 Aplikasi editing video gratis/free untuk PC

Aplikasi AVS video editor Memiliki kapasitas serta ukuran yang tergolong ringan, AVS Video Editor menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang hendak melakukan editing video. AVS Video Editor dibekali kemampuan Video Cache dimana pengguna dapat dengan mudah mengedit video dengan resolusi tinggi dengan cepat.
Aplikasi ini memiliki ukuran file yang terbilang kecil. Namun, fitur yang dihadirkannya tidak kalah lengkap. Salah satu keunggulan software edit video ini adalah penggunaan teknologi video cache sehingga proses penyuntingan video Full-HD dapat berjalan lebih lancar dan cepat. Untuk melakukan penyuntingan, disediakan opsi Timeline yang akan memisahkan penyuntingan antara video, efek, teks, dan audio. Kamu dapat melakukan trimming, pemotongan, serta penggabungan beberapa efek dan menjadikannya sebuah file video utuh. Oh iya, terdapat lebih dari 300 efek video atau transisi.

9. Pinnacle Studio.

10 Aplikasi editing video gratis/free untuk PC

Pinnacle Studio ini merupakan software edit video level dasar, namun cukup mumpuni untuk kamu yang seorang YouTuber. Selain itu, software ini menawarkan biaya yang jauh lebih murah daripada perangkat lunak lain dengan kualitas yang sama.

10. VideoPad Video Editor.

10 Aplikasi editing video gratis/free untuk PC

VideoPad Video Editor memiliki fitur yang hampir serupa dengan Movie Maker besutan Microsoft, hanya saja dengan beberapa tambahan fitur eksklusif yang dapat dengan mudah digunakan saat mengedit video seperti: 50 Visual Transition Effects, Audio Tools, Video Optimization, dan kemudahan dalam mempublikasikan video.
Dengan menggunakan VideoPad, kita bisa langsung melakukan burn ke dalam CD/DVD, atau mengunggahnya ke YouTube dengan resolusi tinggi mencapai 4K.
Loading...