Penyebab dan cara mengatasi ram komputer, laptop rusak

Penyebab dan cara mengatasi ram komputer yang rusak-- RAM atau Random Access Memory merupakan suatu memory tempat penyimpanan data sementara
ketika/saat komputer dijalankan dan dapat diakses secara acak (Ramdom).
Dari segi proses, RAM dibedakan menjadi ram fisik dan ram virtual. Ram fisik merupakan ram yang secata fisik sudah dibenamkan pada PC sedangkan ram virtual merupakan ram yang dibuat oleh user untuk membantu kinerja ram fisik.
Ram virtual memerlukan kapasitas dari hardisk dan dapat diatur besar kecil kapasitasnya sedangkan ram fisik memiliki kapasitas tersendiri dan untuk memperbesar kapasitasnya dengan cara menambah fisik ram yang baru.

Fungsi ram adalah mempercepat pemprosesan data pada PC atau laptop, semakin besar ram  yang dimiliki maka akan semakin cepat pula komputer tersebut. Ram bisa mempercepat kinerja dari komputer, sebab ram menyediakan ruang penyimpanan sementara untuk komputer dalam menyimpan data-data yang mudah diambil sehingga dapat mempercepat loading data serta program yang diakses.
Selain berbagai fungsi diatas, ram juga merupakan faktor terbesar permasalahan pada komputer, banyak faktor yang menyebabkan ram komputer bermasalah dan pada artikel kali ini, admin forum komputer akan membahas mengenai penyebab dan cara mengatasi ram yang rusak secara jelas dan lengkap sehingga sobat bisa langsung mempraktekkan.

Berikut penjelasan mengenai penyebab dan cara mengatasi ram yang rusak.


1. RAM kotor dan berdebu.
Penyebab dan cara mengatasi ram komputer, laptop rusak

RAM yang kotor merupakan faktor utama penyebab ram tersebut bermasalah, kurangnya perawatan terhadap komputer menyebabkan ram komputer kotor dan berdebu, kotor yang dimaksud disini adalah pada bagian kuningan ram yang terletak dibagian bawah fisik ram tersebut.

Cara mengatasi :
Bersihkan ram tersebut, berdasar pengalaman admin forum komputer, membersihkan ram menggunakan penghapus pinsil bisa membersihkan kuningan ram yang kotor dan normal kembali.

2. Memaksa kinerja RAM (Overclocking).
Memaksa kinerja ram atau yang biasa disebut dengan overclocking biasanya dilakukan oleh gammers dan programer untuk mendapatkan kecepatan memory yang melebihi dari standart yang ditentukan oleh produsen ram tersebut, jika teknik overclocking hanya dilakukan untuk tester saja mungkin tidak menjadi masalah tapi jika overclocking digunakan untuk keseharian bisa menyebabkan ram tersebut cepat rusak, overclocking pada ram juga akan menyebabkan ram menjadi cepat panas sehingga sirkuit ram menjadi cepat rusak. Bukan hanya pada memory ram saja, semua hardware yang di overclock menyebabkan umur hardware tersebut lebih pendek.

Cara mengatasi :
Untuk menambah kecepatan komputer sebaiknya upgrade memory ram dengan membeli ram yang baru yang kapasitasnya sesuai dengan kebutuhan sobat, sebaiknya teknik overclocking digunakan hanya untuk pengujian sebuah hardware.

3. Slot RAM dimotherboard kotor dan berdebu.
Setelah penjelasan yang diatas membahas mengenai fisik ram itu sendiri yang kotor yang menjadi penyebab ram rusak, kali ini slot ram pada motherboard yang kotor juga menjadi salah satu faktor penyebab ram komputer menjadi rusak, kok bisa???
Ya pasti bisa sob, jika slot ram yang kotor dan berdebu dan dipasang fisik ram, maka selain menyebabkan komputer error juga bisa menyebabkan kuningan pada memory ram ikut kotor dan dapat menyebabkan ram tersebut ikut bermasalah.

Cara mengatasi :
Untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya jaga kebersihan PC/komputer sobat, rajin-rajinlah membersihkan debu yang menempel pada motherboard, HSF dan hardware lainnya.


4. Listrik PLN tidak stabil.
Hampir sama seperti penyebab kerusakan harddsik ataupun processor, kerusakan pada RAM juga bisa saja disebabkan oleh tidak stabilnya tegangan listrik di rumah sobat. Hal ini dapat menyerang laptop yang sering mengalami mati mendadak akibat tegangan listrik yang tidak stabil.

Cara mengatasi
:
Untuk pengguna laptop sebaiknya menggunakan laptop beserta memasang baterainya meski adapter power tertancap ke stop kontak. Penjelasan mengenai hal tersebut silahkan baca artikel berikut : Dampak dari penggunaan laptop tanpa memasang baterai.


5. Kualitas hardware/fisik RAM jelek.
Penyebab yang terakhir dari faktor yang menyebabkan ram komputer rusak adalah fisik/kualitas dari ram itu yang jelek, kualitas ram yang jelek atau buruk bisa terjadi oleh beberapa kemungkinan seperti :

  • Cacat produksi dari pabrik.
  • Material dan juga built qualiti yang buruk.
  • Kondisi ram second yang tidak terawat seperti terjatuh atau tidak disimpan dengan benar.


Cara mengatasi :
Untuk bisa menghindari kejadian kerusakan RAM akibat kualitas yang buruk dan kurang baik, maka ada beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam memilih RAM untuk laptop anda, seperti :

  • Pilih RAM dalam kondisi baru dengan merk yang sudah terpercaya.
  • Belilah RAM yang mendukung garansi.
  • Selalu cek fisik dari RAM di toko tempat anda membelinya.
  • Cek juga dengan teliti seluruh kondisi RAM, mulai dari proses pemasangan, hingga kapasitas RAM.
  • Apabila membeli RAM laptop second, pastikan kondisi RAM masih baik dan juga berfungsi normal.








































.

.


Related Posts

Penyebab dan cara mengatasi ram komputer, laptop rusak
4/ 5
Oleh