asads
U2FsdGVkX1+oAnwbnskvya69szTjdFpGybhS2NzdrKHSjoJTr08Mjc5tbPuHiBiBO8XlWYvlkceixZrnmV7xdQ==

Baca Juga

Penyebab kursor mouse bergerak sendiri dan cara mengatasinya--Mouse merupakan alat yang digunakan untuk memasukkan data dan perintah kedalam komputer dan juga sebagai penggerak pointer untuk menentukan kursor, fungsi mouse pada sebuah komputer cukup vital meski kita sering mengabaikan kebedaaan dari mouse tersebut, jika sobat pernah atau mengalami pengalaman mouse komputer atau laptop bergerak-gerak sendiri itu berarti ada yang tidak normal pada komputer atu laptop sobat.
Sedangkan kursor merupakan penunjuk pada layar yang berfungsi untuk menunjukan sesuatu yang berhubungan dengan fungsi pada system, contohnya ketika sobat mengklik start dipojok kiri bawah layar, maka system akan menampilkan start menu pada layar komputer atau laptop sobat.
Penyebab dan cara mengatasi kursor mouse bergerak sendiri

Kursor mouse yang bergerak sendiri bisa disebabkan oleh beberapa faktor, faktor-faktor yang mempengaruhi mouse yang bergerak sendiri akan dibahas secara detail pada artikel kali ini sehingga sobat dapat mempraktekkannya sendiri tanpa bantuan teknisi komputer jika terjadi abnormal pada pointer mouse sobat, selain membahas mengenai penyebab pointer mouse yang bergerak sendiri, admin forum komputer juga akan menjelaska cara mengatasinya.

Berikut penyebab pointer mouse yang bergerak sendiri dan cara mengatasinya.

1. Mouse atau touchpad laptop terlalu sensitif.
Penyebab yang sering dialami oleh pointer mouse yang bergerak sendiri adalah mouse atau touchpad yang terlalu sensitif, sobat perlu mengurangi tingkat sensitif dari mouse atau touchpad laptop sobat, berikut caranya :

  • Masuk ke Control Panel dengan cara klik Start > Control Panel (Windows XP, Vista, 7). Atau pada kolom pencarian pada Start Menu, ketik “control panel” (tanpa tanda kutip) dan pilih Control Panel.
  • Di jendela Control Panel, pilih menu Mouse Options.
  • Pada tab “Buttons”, turunkan “Double Click Speed” ke arah “Slow” untuk mengurangi kecepatan dan sensitivitas kursor mouse atau touchpad sobat .

Penyebab dan cara mengatasi kursor mouse bergerak sendiri


  • Pada tab “Pointer Options”, turunkan pointer speed ke arah “Slow”.
  • Klik Ok untuk menyimpan pengaturan.


Selain mengatur pengaturan sensitif mouse pada control panel,  untuk mengatasi masalah ini juga sobat perlu menginstal driver bawaan touchpad yang dirilis oleh produsen laptop sobat.

2. Sensor sulit bekerja.
Sensor pada mouse merupakan bagian inti untuk menggerakkan kursor mouse. Namun sensor itu sendiri memiliki kendala yang menyebabkan pointer mouse bergerak sendiri, ada beberapa kendala pada sensor mouse seperti penggunaan medan yang tidak rata, mouse ditaruh pada medan yang berkaca, dan mouse diletakkan pada bahan busa.
Jika mouse terhalang oleh kendala-kendala tersebut maka mouse akan sulit untuk menerima perintah.
Untuk mengatasi masalah ini sebaiknya gunakan alas khusus untuk mouse yaitu mousepad atau jika darurat bisa menggunakan alas seperti kertas, kayu dan lain-lain.

3. Mouse bermasalah.
Beberapa penyebab kursor bergerak adalah karena mouse memiliki masalah. Masalah yang muncul diantaranya: kabel mouse terjepit, sensor mouse rusak, atau konektor USB mouse rusak. Khusus untuk jenis mouse komputer yang bersifat wireless, penyebab lainnya bisa karena adanya interferensi dari perangkat mouse wireless lain yang bekerja di frekuensi yang sama.
Kabel mouse yang terjepit bisa mengganggu pergerakan kursor, karena kabel itulah yang mentransfer perintah dari mouse ke laptop atau komputer untuk diterjemahkan menjadi gerakan kursor. Sedangkan, sensor yang rusak juga dapat mempengaruhi pergerakan kursor. Konektor USB mouse yang rusak pun dapat mempengaruhi penerimaan perintah dari mouse ke kursor.

Cara mengatasi : 

  • Jika ada kabel yang terjepir, segera luruskan dan cek kembali apakah mouse sudah bekerja dengan normal atau belum.
  • Jika kerusakan terjadi pada connector atau sensor mouse tersebut maka salah satu jala adalah dengan mengganti mouse yang rusak dengan yang baru, usahakan membeli mouse yang memiliki merk, jangan membeli yang abal-abal karena mudah cepat rusak.


4. Keyboard laptop bermasalah.
Keyboard laptop yang bermasalah dapat menyebabkan pointer mouse bergerak-gerak sendiri, mungkin terasa aneh didengarnya karena keyboard laptop yang rusak tapi berpengaruh terhadap pointer mouse?, meski dirasa aneh tapi hal tersebut merupakan pengalaman admin forum komputer sendiri yang beberapa kali menemui masalah seperti itu.

Cara mengatasi :

  • Cek kabel data pada keyboard, biasanya tertekuk, terjepit atau memang sudah rusak yang berakibat pointer mouse juga ikut bermasalah.

Jika sobat mengalami hal yang sebaliknya pada mouse sobat seperti kursor mouse tidak dapat digerakkan, silahkan baca artikel berikut untuk penjelasannya Penyebab dan cara megatasi kursor mouse tidak dapat digerakkan.










Loading...