asads
U2FsdGVkX1+oAnwbnskvya69szTjdFpGybhS2NzdrKHSjoJTr08Mjc5tbPuHiBiBO8XlWYvlkceixZrnmV7xdQ==

Baca Juga

Pengertian Sistem Operasi (OS) dan Fungsinya--OS atau Operation system merupakan salah satu perangkat lunak atau software yang bertanggung jawab mengatur dan mengontrol kerja dari perangkat keras atau hardware dan menjalankan aplikasi atau software dalam suatu sistem komputer, dengan kata lain system operasi adalah sistem yang mengendalikan operasi dasar dan memastikan sistem dalam komputer dapat berjalan semestinya.

Pengertian Sistem Operasi (OS) dan Fungsinya.

Jika menilik sejarah sistem operasi,  generasi awal system operasi diciptakan pada tahun 1945-1955 : Vacum tube dan plugboards, berikut sejarah singkat perkembangan sistem operasi.

1. generasi pertama 1945-1955 : Vacum tube dan plug boards.
Generasi pertama merupakan awal perkembangan sistem komputasi elektronik sebagai pengganti sistem komputasi mekanik.

2. Generasi kedua 1955-1965 : transistor dan batch system.
Generasi kedua memperkenalkan batch prosessing system, yaitu job yang dikerjakan dalam satu rangkaian kemudian dieksekusi secara berurutan.
Pada generasi ini, sistem komputer belum dilengkapi dengan system operasi, namun beberapa fungsi sistem operasi telah ada, contoh fungsi system operasi ialah FMS, dan IBSYS.

3. Generasi ketiga 1965-1980 : ICs dan Multiprogramming.
Pada generasi ini perkembangan system operasi dikembangkan untuk melayani banyak pemakaian sekaligus.

4. Generasi keempat, pasca 1980an : Personal Komputer.
Pada masa ini para pengguna juga telah dinyamankan dengan Graphical User Interface yaitu antar-muka komputer yang berbasis grafis yang sangat nyaman, pada masa ini juga dimulai era komputasi tersebar dimana komputasi-komputasi tidak lagi berpusat di satu titik, tetapi dipecah dibanyak komputer sehingga tercapai kinerja yang lebih baik.

Saat ini sistem operasi telah memiliki fungsi dan kegunaan yang sangat penting bagi pengguna komputer, apa saja fungsi atau kegunaannya?, berikut uraiannya.

Fungsi sistem operasi.
Sistem operasi memiliki fungsi yang sangat penting, dan tanpa adanya sistem operasi maka komputer tidak dapat menjalankan program dan fungsinya, beberapa fungsi utama pada sebuah sistem operasi adalah sebagai berikut.


  • Resource manager adalah pengelolaan sumber daya dan mengalokasikannya. Misalnya memory, CPU, disk drive, dan perangkat lainnya.
  • Interface (GUI) yaitu sebagai perantara antara pengguna dengan perangkat keras dengan menyediakan tampilan kepada pengguna yang lebih mudah dipahami.
  • Coordinator, mengkoordinasi dan menyediakan fasilitas sehingga aktifitas yang kompleks dapat diatur dan proses secara berurutan.
  • Guardiam, menyediakan akses kontrol dengan tugas melindungi file dan mengawasi data dan program.
  • Gate keeper, berfungsi mengendalikan hak akses pengguna dalam mengendalikan yang berhak masuk kedalam sistem dan mengawasi apa saja yang dilakukan.
  • Optimizer ialah sebagai penjadwal masukan (input) oleh user, pengaksesan basis data, proses komputasi dan penggunaanya.
  • Accountant berfungai mengatur waktu CPU, penggunaan memori, pemanggilan I/O, disk storage, dan waktu koneksi terminal.

Semoga bermanfaat.
















Loading...