asads
U2FsdGVkX1+oAnwbnskvya69szTjdFpGybhS2NzdrKHSjoJTr08Mjc5tbPuHiBiBO8XlWYvlkceixZrnmV7xdQ==

Baca Juga

Pengertian dan cara menangani Juice Jacking--Belum lama ini, ada teknik atau metode baru dalam dunia hacking yang memanfaatkan fungsi dari sebuah kabel data/charger usb untuk mengakses file atau data bahkan menyisipkan malware ke dalam smartphone korban, teknik tersebut bernama juice jacking.
Juice jacking merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan serangan cyber dimana malware dapat diinstal pada smartphone atau secara diam-diam menyalin data dari smartphone atau perangkat lainnya menggunakan port pengisian yang berfungsi juga sebagai koneksi data, biasanya melalui usb.
Pengertian dan cara menangani Juice Jacking, Teknik Hacking Terbaru


Semua perangkat smartphone membutuhkan power supply yang menggunakan kabel yang berfungsi sebagai media pengisian dan berfungsi juga sebagai koneksi data. Dengan kata lain, kabel yang digunakan untuk mengisi ulang baterai di smartphone adalah kabel yang sama digunakan untuk mentransfer dan menyinkronkan data.
Kabel data atau power yang sama menjadi jalan bagi peretas untuk masuk dan mendapatkan akses ke smartphone selama proses pengisian dengan memanfaatkan  usb kabel data/power  untuk mengakses data telephone atau menyuntikkan kode berbahaya keperangkat smartphone.

Brian Krebs adalah orang pertama yang melaporkan serangan ini dan menciptakan istilah "juice jacking". pada akhir 2012, dokumen dirilis oleh pegawai pemerintah NSA peringatan yang melakukan perjalanan tentang ancaman juice jacking dan mengingatkan pembaca bahwa selama perjalanan ke luar negeri hanya untuk menggunakan kekuatan pribadi mereka pengisian kabel dan tidak untuk mengisi ditempat publik.


Beberapa langkah pengamanan untuk mengantisipasi dari serangan peretas dengan teknik juice jacking adalah sebagai berikut.


1. Hindari pengisian ulang perangkat mobile di tempat-tempat publik yang hanya menyediakan port USB untuk melakukan pengisian.

2. Hanya mengisi ulang menggunakan Charger dan Kabel data milik sendiri dengan langsung terhubung ke listrik.

3. Biasakan untuk mengisi baterai smartphone di rumah atau kantor ketika tidak aktif menggunakannya. Tindakan ini mampu meminimalisir Juice Jacking secara maksimal.

4. Bawa baterai backup (Power Bank) atau baterai cadangaan eksternal, cara ini dapat menghindari smartphone mengisi ulang baterai di ruang publik.
Pengertian dan cara menangani Juice Jacking, Teknik Hacking Terbaru

5. Untuk memastikan smartphone hemat dalam pemakaian, pengguna dapat memanfaatkan software tambahan meskipun teknik ini tidak bisa menjamin memberikan penghematan yang signifikan. Tetapi, tidak efektif lebih baik daripada tidak melakukan apa-apa.

6. Kunci Telepon! Bila telepon terkunci, benar-benar terkunci dan tidak dapat diakses tanpa masukan dari PIN atau setara passcode untuk mengindari pairing pada ponsel. Perangkat iOS hanya dapat di-pairing ketika tidak terkunci. Tapi sekali lagi, perlu diketahui bahwa pairing berlangsung dalam hitungan detik, jadi pastikan ponsel benar-benar selalu terkunci saat tidak digunakan.


Loading...