asads
U2FsdGVkX1+oAnwbnskvya69szTjdFpGybhS2NzdrKHSjoJTr08Mjc5tbPuHiBiBO8XlWYvlkceixZrnmV7xdQ==

Baca Juga

Mengenal pemprograman bahasa C untuk pemula--Pemprograman bahasa C merupakan bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam aplikasi, dimulai dari berbagai software sistem operasi windows, linux dan masih banyak software yang menggunakan. Pemrograman Bahasa C ini sangat cocok untuk merancang aplikasi yang berhubungan langsung dengan OS dan hardware.Yang dimaksud dengan bahasa pemprograman komputer ialah beberapa rangkaian instruktur yang dibuat untuk memberikan perintah pada komputer

Sejarah pemprograman bahasa C.
Mengenal pemprograman bahasa C untuk pemula

Pemrograman Bahasa C ini pertama diciptakan pada tahun 1972 oleh Dennis Ritchie di Bell Telephone Labs, digunakan pada sistem operasi UNIX. Pada awalnya sistem operasi Unix dibuat menggunakan bahasa Assembly namun bahasa tersebut sangat sulit dimengerti dan tidak mudah di kembangkan.

Sehingga akhirnya peneliti tersebut menciptakan Pemrograman Bahasa B yang bertujuan untuk menggantikan bahasa  Assembly. Namun setelah ditinjau, Pemrograman Bahasa B masih terdapat banyak kekurangan dan akhirnya peniliti di Bell Telephone Labs menciptakan Pemrograman Bahasa C untuk menyempurnakan bahasa yan sebelumnya.

Kelebihan Pemrograman Bahasa C

1. Pemerograman Bahasa C adalah Induk dari bahasa Pemrograman yang dikembangkan diera terbaru. Banyak pemrograman lain yang terinspirasi dari Pemrograman Bahasa C ini. Antara lain seperti Pemrograman Bahasa C++,C#, PHP, Java dan sebagainya.

2. Bahasa yang dapat meng compile tanpa harus merubah atau mengotak-ngatik codingan yang ada, bisa dikatakan bahasa C ini adalah bahasa yang Portable.

3. Menciptakan Aplikasi yang digolongkan berukuran sangat kecil dan fast. Karena Pemrograman Bahasa C ini memiliki sebuah fitur yang jarang tersedia pada bahasa pemrograman era baru ini , yakni pemrograman bahasa C ini dapat interaksi atau terhubung langsung antara softaware dan hardware.

4. Bahasa C lebih mudah dipahami, hal ini memudahkan pemprograman karena ia tidak perlu memahami seluruh komponen komputer secara utuh.
Selain itu, pemprograman bahasa C ini memiliki orientasi pada masalah bukan pada mesin, sehingga jika ditemukan masalah atau kesalahan  program maka lebih cepat menyelesaikan.

5. Bahasa C terdapat hampir diaemua jenia komputer, mulai dari komputer mikro, makro, hingga komputer mini. Ini yang menjadi salah satu kelebihan yang paling utama karena bahasa ini menjadi bahasa yang awam digunakan dan proses mempelajarinya pun menjadi lebih mudah bagi sebagian orang/pemprogam yang masih pemula.

6. Bahasa C memiliki kemungkinan untuk memanipulasi data, hal ini tentu akan membuat pemprogram bisa memanipulasi data dari bentuk bit ke byte atau memanipulasi sebuah alamat dari data atau pointer yang ada.


Structur Dasar Pemrograman Bahasa C.

#Include <stdio.h> - Code ini terletak dibaris paling awal, yaitu berfungsi untuk membaca file yang kita input dalam menggunakan Bahasa Pemrograman C kita dapat menggunakan perintah Printf. kode hanya digunakan pada bahasa C.
Mengenal pemprograman bahasa C untuk pemula

Dalam contoh diatas, file stdio.h berisi kode program agar nantinya kita bisa mengakses perintah printf
File stdio.h sendiri merupakan singkatan dari standart input/output.
Aar didalam kode program nantinya kita bisa menggunakan perintah printf, dibagian paling atas kode program C harus terdapat baris #include<stdio.h>, file include ini juga sering disebut sebagai header file dan karena itu pula menggunakan akhiran .h.

int main(void){}
Satu-satunya perintah yang harus ada di setiap kode program bahasa C adalah main(), struktur main() sendiri pada dasarnya merupakan sebuah fungsi (function). Isi dari function ini diawali dan diakhiri dengan tanda kurawal "{" dan "}", didalam tanda kurung inilah "isi" dari kode program penyusun fungsi main() ditulis.
Kode int sebelum main() menandakan nilai kembalian atau hasil akhir dari function main().
Kode int merupakan singkatan dari interger, yakni tipe data angka bulat. Dengan demikian, kode perintah main() seperti yang admin tulis diatas harus menghasilkan sebuah angka bulat (menggunakan perintah return).

printf("Hello, Word!\n");
Perintah printf digunakan untuk menampilkan sesuatu ke layar, perintah ini merupakan bagian dari stdio.h, sehingga jika kita ingin menggunakan nya maka harus terdapat baris perintah #include <stdio.h> dibagian paling awal kode program bahasa C.
Teks yang ingin ditampilkan ditulis dalam tanda kurung dan didalam tanda kutip dua, seperti printf(Hello, Word!\n"); hasil dari perintah ini akan tampil teks Hello, Word! di layar, tapi apa fungsi tambahan karakter \n?
Jika ditulis di dalam teks, karakter ” \ ” dikenal sebagai escape character. Fungsinya untuk menampilkan karakter yang tidak bisa ditulis. Sebagai contoh, \n merupakan perintah untuk menulis newline character, yakni karakter penanda baris baru.
Artinya, perintah printf(“Hello, World!\n”) akan menampilkan teks “Hello, World!”, kemudian pindah ke baris baru.
Setelah tanda kurung penutup perintah printf, harus ditutup dengan tanda titik koma (semi-colon), yakni tanda “ ; ”. Setiap perintah bahasa C, harus diakhiri dengan tanda ini, kecuali beberapa perintah khusus. Lupa menambahkan tanda titik koma di akhir sebuah perintah merupakan error yang sangat sering terjadi.

Return 0
Return 0 artinya kembalikan nilai 0 (nol) ke sistem operasi yang menjalankan kode program ini. Nilai 0 menandakan kode program berjalan normal dan tidak ada masalah (EXIT_SUCCESS).
Kita juga bisa menulis return 1, return 99, return -1, dll. Nilai-nilai ini nantinya bisa digunakan oleh sistem operasi atau program lain. Nilai return selain 0 dianggap terjadi error atau sesuatu yang salah (EXIT_FAILURE).






Loading...