asads
U2FsdGVkX1+oAnwbnskvya69szTjdFpGybhS2NzdrKHSjoJTr08Mjc5tbPuHiBiBO8XlWYvlkceixZrnmV7xdQ==

Baca Juga

Ciri-ciri hardisk yang akan mengalami kerusakan-Hardisk merupakan media penyimpanan data secara permanen kedalam sektor-sektor yang terdapat pada disk yang telah tersedia untuk diread(baca) atau write(tulis), fungsi hardisk sangat vital pada sebuah komputer, karena selain untuk menyimpan data, hardisk juga merupakan tempat dimana sistem operasi komputer berada meski sebuah komputer masih bisa menjalankan sistem operasi tanpa hardisk yaitu menggunakan live cd windows atau boot cd dari sistem operasi lainnya.
Ciri-ciri hardisk yang akan mengalami kerusakan

Setiap perangkat keras mempunyai batas maksimal penggunaan yang nantinya akan mengalami kerusakan, sama halnya hardisk juga memiliki masa pakai yang pasti akan rusak.
Sebelum perangkat hardisk komputer sobat rusak, sebaiknya sobat kenali ciri-ciri hardisk yang akan mengalami kerusakan sehingga sobat dapat memback up data pada hardisk terlebih dahulu sebelum hardisk yang sobat pakai tiba-tiba rusak.

Kali ini, admin forum komputer akan membahas mengenai ciri-ciri hardisk akan rusak, berikut penjelasannya.

Ciri-ciri hardisk akan mengalami kerusakan.

1. Kinerja komputer menjadi lambat.
Saat loading komputer sobat menjadi lambat meski sudah memakai komputer dengan spesifikasi yang cukup mumpuni, bisa jadi hardisk sobat mengalami kerusakan, meski banyak faktor atau penyebab yang menyebabkan komputer menjadi lambat tapi permasalahan pada hardisk sering menjadi penyebabnya, silahkan cek apakah hardisk sobat bermasalah seperti adanya badsektor atau lainnya, untuk mengecek badsektor pada hardisk silahkan baca artikel berikut : Cara memperbaiki badsektor pada hardisk menggunakan hiren.

2. Data file didalam hardisk mengalami kerusakan.
Ciri-ciri hardisk rusak selajutnya ialah adanya data file didalam hardisk yang mengalami kerusakan seperti error saat membuka file atau document, aplikasi installer yang tersimpan dihardisk menjadi error saat akan dijalankan.

3. Komputer tidak bisa booting ke windows.
 Hardisk yang bermasalah dapat menyebabkan komputer sobat tidak bisa booting saat pertama kali komputer dinyalakan, hardisk yang bermasalah dapat menyebabkan sistem operasi yang terinstal dalam hardisk tersebut ikut bermasalah yang mengakibatkan komputer gagal booting.

4. Windows blue screen of the dead (BSOD).
BSOD atau blue screen off the dead sering terjadi pada komputer desktop maupun laptop, dan permasalah pada hardisk sering menjadi penyebab bsod tersebut, biasanya bsod ditandai dengan layar biru dan beberapa detik kemudian restart sendiri.

5. Hasil cek software menandakan hardisk tidak sehat.
Jika sobat mengecek hardisk sobat menggunakan tools cek hardisk dan terdapat informasi bahwa hardisk sobat tidak sehat, itu merupakan ciri-ciri hardisk sobat akan rusak, sebelum yerjadi kerusakan pada hardisk sobat, sebaiknya analisa dan perbaiki permasalah pada hardisk sobat. baca artikel berikut mengenai softwware cek hardisk : cara cek kesehatan hardisk menggunakan software hardisk sentinel.


6. Keluar suara aneh dari hardisk (Hardisk ngorok).
Hardisk yang mengeluarkan bunyi aneh saat dijalankan merupakan salah satu ciri-ciri hardisk akan mengalami kerusakan, jika hardisk sobat sudah mengeluarkan suara aneh (ngorok) sebaiknya backup data yang ada didalam hardisk ke media lain sebelum terjadi kerusakan pada hardisk.

7. Adanya badsektor pada hardisk.
Badsektor pada hardisk merupakan adanya sektor-sektor didalam hardisk yang sudah tidak dapat dibaca maupun ditulis, jika sebuah hardisk telah mengalami badsektor kemungkinan besar hardisk tersebut lambat laun akan mengalami kerusakan meski pembacaan sektor yang rusak pada pada hardisk bisa dilewati

8. Hardisk cepat panas.
Setiap komponen elektronik yang menggunakan arus listrik pasti menghasilkan sumber panas, begitu juga dengan hardisk komputer yang menggunakan putaran disk, jika hardisk sobat cepat panas setelah dinyalakan, itu menandakan hardisk sobat memiliki ciri-ciri hardisk yang akan rusak.

9. Hardisk tiba-tiba hilang.
Maksud dari tiba-tiba hilang disini adalah hardisk tersebut tiba-tiba hilang dari pembacaan di komputer saat dijalankan, hal tersebut menyebabkan komputer menjadi error jika hardisk yang hilang dari pembacaan pada windows digunakan sebagai tempat meletakkan file dari sistem operasi.

10. Hardisk sulit dalam pem-formatan.
Jika hardisk sobat mengalami error saat akan diformat baik menggunakan software maupun menggunakan sistem program, hal tersebut menandakan hardisk sobat memiliki ciri-ciri hardisk yang mengalami kerusakan, sebaiknya cek hardisk sobat jika mengalami kendala saat akan diformat.

11. Tidak dapat melakukan copy paste atau reading file dari hardisk.
Jika soba tidak bisa atau kesulitan melakukan copy paste atau reading file dari ataupun keluar, maka perlu diwaspadai bahwa hardiks sobat mengalami kerusakan.
hal ini biasanya disebabkan oleh cache hardisk sobat mengalami masalah/trouble.




Loading...