asads
U2FsdGVkX1+oAnwbnskvya69szTjdFpGybhS2NzdrKHSjoJTr08Mjc5tbPuHiBiBO8XlWYvlkceixZrnmV7xdQ==

Baca Juga

7 Ciri ciri ram komputer, laptop rusak--RAM atau random access memory merupakan sebuah perangkat keras komputer yang memiliki fungsi untuk menyimpan berbagai data dan instruksi program, isi didalam ram bisa diakses random atau tidak mengacu pada letak data dan data-data didalam memory ram bersifat sementara. sama halnya perangkat komputer lainnya, perangkat keras ram juga sering memiliki masalah yang membuat komputer atau laptop kita tidak bisa berjalan sesuai dengan mestinya, dan banyak faktor yang menyebabkan ram menjadi rusak atau bermasalah, untuk penjelasan mengenai penyebab ram rusak atau bermasalah silahkan baca artikel berikut : Penyebab ram komputer rusak dan cara mengatasinya.
7 Ciri ciri ram komputer, laptop rusak

Pada artikel kali ini, admin forum komputer akan membahas mengenai ciri-ciri ram yang bermasalah atau rusak, ciri-ciri ram yang bermasalah patut atau wajib sobat ketahui agar saat terjadi masalah pada komputer atau laptop sobat, sobat dapat dengan mudah menganalisa dimana letak masalah dari sebuah komputer atau laptop.

Berikut ciri ciri ram laptop, komputer rusak.

1. Komputer tidak menyala saat pertama dinyalakan
Komputer yang tidak memberikan respon saat pertama kali dinyalakan merupakan salah satu ciri-ciri dari kerusakan pada ram, meski banyak faktor yang mempengaruhi masalah tersebut akan tetapi mengecek komponen ram merupakan langkah pertama saat terjadi masalah seperti itu.
7 Ciri ciri ram komputer, laptop rusak

Untuk mengatasi permasalahan seperti diatas, pertama kali yang perlu sobat lakukan adalah cabut ram, kemudian bersihkan menggunakan penghapus pensil dan bersihkan juga slot memory ram yang ada dimotherboard. Jika sobat menggunakan 2 atau lebih ram yang terpasang di komputer, sebaiknya cek satu persatu memory ram tersebut untuk memastikan penyebab dari komputer yang tidak menyala. Jika tidak ada masalah pada ram, silahkan cek komponen komputer lainnya.


2. Kinerja komputer menjadi lambat.
Kinerja komputer yang menjadi lambat juga merupakan salah satu faktor dari kerusakan pada memory RAM, Meskipun pada saat itu sobat tidak menjalankan aplikasi yang berat, seperti Adobe Photoshop, CorelDRAW dan lain sebagainya. Tentunya, kegiatan kita akan sangat terganggu jika performa komputer menurun. Namun perlu diketahui, tidak semua gejala seperti ini adalah akibat dari RAM yang bermasalah, akan tetapi ini adalah masalah yang umum terjadi jika memori pada komputer mulai bermasalah.

3. BSOD (Blue Screen Of The Dead).
7 Ciri ciri ram komputer, laptop rusak

Blue screen of the dead (BSOD) merupakan kondisi dimana komputer mengalami masalah pada memory, hal ini biasanya ditandai dengan layar monitor yang berubah menjadi biru dengan kode error didalamnya saat pertama kali booting komputer atau saat sedang mengoperasikan komputer.
Kondisi BSOD bisa terjadi karena dua hal umum yaitu karena kerusakan pada RAM, dan juga kerusakan pada hardisk.

4. Komputer sering restart sendiri.
Komputer atau laptop yang tiba-tiba restart sendiri juga bisa disebabkan oleh kerusakan pada RAM, meski hal tersebut banyak faktor yang mempengaruhi komputer menjadi restart sendiri, tapi komponen dari ram merupakan salah satu faktor penyebabnya.

5. Muncul bunyi bep berkali kali saat komputer pertama kali dinyalakan.
Bunyi bep berkali kali saat komputer dinyalakan merupakan tanda dari kerusakan pada ram, sebenarnya kode bunyi bep pada komputer yang berbeda-beda menunjukan kerusakan pada komputer yang berbeda pula, akan tetapi kode bep berkali-kali yang muncul pada komputer sering disebabkan oleh kerusakan pada ram.

6. Sering terjadi error saat menginstal aplikasi dan saat menginstal sistem operasi.
Sama seperti aplikasi yang tidak bisa dijalankan, kerusakan pada RAM juga sering menyebabkan terjadinya error ketika anda akan menginstall sebuah aplikasi baru.
Maka dari itu, ketika anda sering mengalmai eror ketika akan menginstall aplikasi, bisa jadi hal tersebut diakibatkan karena RAM anda mengalami kerusakan, begitu pula saat terjadi error saat menginstal sistem operasi, hal tersebut bisa disebabkan oleh ram yang rusak.

7. Tidak ada tampilan pada layar monitor.
Jika kerusakan RAM sudah semakin parah, biasanya tidak ada tampilan apapun pada layar. Kondisi layar akan berubah menjadi gelap meskipun kipas serta komponen hardware lainnya pada komputer masih tetap berjalan normal seperti biasanya.