asads
U2FsdGVkX1+oAnwbnskvya69szTjdFpGybhS2NzdrKHSjoJTr08Mjc5tbPuHiBiBO8XlWYvlkceixZrnmV7xdQ==

Baca Juga

Pada artikel sebelumnya telah dibahas mengenai ciri-ciri hardisk yang akan mengalami kerusakan, silahkan klik link berikut jika sobat ingin membacanya : Ciri-ciri hardisk yang akan mengalami kerusakan.
Pada artikel kali ini, admin akan menjelaskan mengenai penyebab-penyebab dari hardisk yang rusak.
Sebelum menjelaskan mengenai penyebab dari hardisk yang rusak, admin akan menjelaskan sedikit mengenai garis besar bagian-bagian dari hardisk.
Hardisk merupakan sebuah perangkat keras komputer yang terdiri dari komponen-komponen atau bagian-bagian yang saling melengkapi.

Berikut bagian-bagian dari hardisk komputer.

1. Chasis
2. Filter
3. Platter
4. Board
5. Board
6. Sata connector
7. IDE Connector
8. Spindle
9. Head
10. Logic Board
11. Actuator
12. Actual Axis
13. Ribon Cable

Untuk penjelasan selengkapnya mengenai bagian-bagian dari hardisk komputer, silahkan baca artikel berikut : Bagian-bagian hardisk komputer dan Penjelasannya.


Kembali ke topik.
Banyak penyebab yang menyebabkan hardisk pada komputer atau laptop sobat menjadi rusak, diantaranya ialah :
Penyebab-penyebab dari hardisk yang rusak

1. Benturan dan guncangan
Terjadinya benturan dan guncangan pada hardisk sangat mudah membuat hardisk kita bermasalah, dan yang paling fatal dapat menyebabkan hardisk yang sobat miliki menjadi mati jika terjadi benturan atau goncangan yang keras.
Kenapa benturan atau guncangan dapat merusak hardisk?, karena hardisk komputer terdiri dari bagian-bagian yang sangat peka terhadap benturan, data-data atau file-file tersimpan dalam sektor-sektor hardisk yang berbentuk piringan yang sangat peka terhadap sebuah benturan dan guncangan.

2. Mematikan komputer secara paksa.
Mematikan komputer secara paksa tanpa melalui prosedur dalam mematikan komputer merupakan sebuah kesalahan fatal, selain dapat menyebabkan hardisk komputer sobat cepat rusak, hal itu juga dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat komputer lainnya.
Mematikan komputer secara paksa menyebabkan penurunan performa dari hardisk yang dapat mengakibatkan hardisk cepat rusak.

3. Overheat atau panas yang berlebih.
Semua perangkat elektronik tentunya menggunakan sumber tenaga listrik sebagai sumber arus utama, dan tenaga listrik tersebut dialirkan ke komponen logam yang terdapat pada perangkat elektronik tersebut termasuk hardisk komputer. Hal itu memang efektif, namun efek samping yang akan dialami oleh komponen logam pada perangkat tersebut adalah terjadinya panas.
Panas pada perangkat elektronik dapat menyebabkan penurunan kinerja dan bahkan dapat meyebabkan kerusakan pada perangkat tersebut.
Oleh karena itu, beberapa elektronik seperti laptop, proyektor, dan PC desktop menggunakan kipas (colling pad) untuk membantu menstabilkan suhu didalamnya.

4. Pasokan listrik yang tidak stabil.
Pasokan listrik atau arus listrik dari PLN yang tidak stabil dapat mengakibatkan hardisk komputer cepat mengalami kerusakan karena  cakram didalam hardisk berputar dengan kecepatan yang tidak stabil karena kurangnya pasokan listrik, dalam beberapa kasus yang saya temui, pasokan listrik yang tidak stabil dapat mengakibatkan badsektor didalam hardisk dan berbagai permasalah lainnya.

5. Umur atau usia hardisk.
Perangkat eletronik mempunyai batas usia pemakaian yang nantinya perangkat tersebut akan rusak, begitu pula dengan hardisk komputer. Jika hardisk komputer telah mencapai batas umur pemakaian maka hardisk tersebut akan mudah rusak atau bahkan akan rusak/mati dengan sendirinya. Oleh karena itu, jika sobat mempunyai data penting didalam hardisk sebaiknya dibackup ke media lain seperti keping cd/dvd, flashdisk, kartu memory, atau SSD(solid state drive) untuk mengantisipasi jika suatu saat nanti hardisk pada komputer sobat tiba-tiba mati.

6. Sering melakukan proses instal ulang.
Proses instal ulang sistem operasi merupakan suatu proses mengganti sistem operasi lama dengan sistem operasi yang baru kedalam hardisk, tapi jika hal ini terlalu sering dilakukan dapat menyebabkan badsektor pada hardisk sobat, badsektor pada hardisk tidak bisa diperbaiki akan tetapi hanya bisa dilewati pembacaan sektor hardisk yang telah rusak, silahkan baca artikel berikut mengenai badsektor : Cara mengatasi badsektor pada hardisk.

7. Penggunaan yang berlebih.
Penggunaan pada hardisk yang berlebih juga dapat mempengaruhi kesehatan hardisk. maksud dari penggunaan yang berlebih ialah menjalankan program dengan ukuran yang besar yang tidak sesuai dengan kapasitas hardisk atau penggunaan komputer secara terus menerus dalam waktu yang lama akan membuat komponen-komponen didalam hardisk cepat rusak. setiap perangkat elektronik memerlukan waktu untuk istirahat, setidaknya untuk mendinginkan suhu.
Silahkan baca artikel berikut untuk mengetahui kesehatan hardisk sobat : Cara cek kesehatan hardisk menggunakan hardisk sentinel.


Loading...