Memperbaiki dan Menyelamatkan Data Dari CD/DVD Yang Rusak

Keping CD/DVD merupakan salah satu media penyimpanan data yang cukup banyak digunakan oleh kita, meski pemakaian CD/DVD sebagai tempat penyimpanan sudah mulai tergantikan oleh flashdisk, hardisk eksternal dan juga memory card, namun menyimpan data ke dalam CD/DVD lebih aman dari serangam virus dibandingkan media penyimpanan lainnya.

Namun, media penyimpanan keping CD/DVD mempunyai batas waktu dimana media CD/DVD tersebut akan rusak atau bahkan akan rusak sebelum mencapai batas waktu tertentu yang dikaranakan oleh penggunaan yang tidak benar, atau karena faktor lain.

Apa jadinya jika keping CD/DVD yang kita gunakan sebagai tempat untuk menyimpan file-file penting kita tiba-tiba rusak?,
Tentu hal tersebut akan menjadi bencana, apalagi didalamnya terdapat file-file penting seperti foto-foto kenangan, video pernikahan dan lain-lain

Buat sobat yang sedang mengalami hal ini, jangan khawatir. kali admin forum komputer akan share cara menyelamatkan data dari keping CD/DVD yang rusak.
Untuk menyelamatkan data yang terdaptlat didalam keping CD/DVD yang rusak, admin menggunakan sebuah software yaitu BadCopy Pro, software tersebut cukup ampuh untuk menyelamatkan data didalam CD/DVD yang rusak.

Badcopy pro merupakan salah satu recovery tools yang dapat diandalkan dalam urusan membaca, menganalisa isi dalam CD atau DVD, dan untuk kemudian melakukan perbaikan.

Berikut langkah-langkah Menyelamatkan data didalam CD/DVD yang rusak menggunakan software BadCopy Pro.

1. Masukkan CD/DVD kedalam CD/DVD RW, selanjutnya sobat sesuaikan jenis modus recovery sesuai dengan masalah pada CD/DVD sobat.
Memperbaiki dan Menyelamatkan Data Dari CD/DVD Yang Rusak

Keterangan : ada 3 modus yang bisa sobat pilih yaitu
  • Memilih satu persatu isi didalam CD/DVD atau salah satu file yang ingin direpair, tidak termasuk subfolder.
  • Memilih dan memperbaiki salah satu atau keseluruhan folder dari CD atau DVD.
  • Melakukan scaning isi dari keseluruhan CD/DVD termasuk badsektor pada sumber CD/DVD.

2. Selanjutnya tekan next untuk memulai proses recovery, lamanya waktu tergantung seberapa parahnya source CD/DVD sobat.

3. Selain melakukan proses recovery dari CD/DVD, software ini juga bisa digunakan untuk merecovery isi dari flopy disk, flashdisk, image file, atau video yang sudah dihapus melalui tombol "Digital media CF/SM/MMC", atau sumber media lainnya.

Hasil akhir recovery nantinya akan terlihat report seperti gambar dibawah ini, untuk penggunaan lebih lanjut silahkan sobat baca pada menu "help"



Related Posts

Memperbaiki dan Menyelamatkan Data Dari CD/DVD Yang Rusak
4/ 5
Oleh