asads
U2FsdGVkX1+oAnwbnskvya69szTjdFpGybhS2NzdrKHSjoJTr08Mjc5tbPuHiBiBO8XlWYvlkceixZrnmV7xdQ==

Baca Juga

Power supply komputer merupakan sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk men-supply atau  memberi tegangan arus listrik ke perangkat keras komputer lainnya yang membutuhkan arus listrik seperti motherboard, hardisk, VGA addon, Dvd drive, dan lainnya.
Fungsi power supply pada komputer sangat vital, bisa diibaratkan power supply merupakan sebuah jantung dari seperangkat komputer.
Ciri-ciri power supply rusak

Karena vitalnya perangkat power supply ini, sobat wajib mengenali ciri-ciri dari power supply yang bermasalah, karena jika power supply pada sebuah komputer bermasalah maka akan berdampak juga pada komponen komputer lainnya yang membutuhkan arus listrik.
Jika sebuah komputer mengalami kerusakan, tentunya sobat harus mendiagnosa terlebih dahulu dimana letak komponen dari komputer yang bermasalah yang menyebabkan perangkat komputer tersebut menjadi bermasalah.
Untuk mendiagnosa kerusakan pada sebuah power supply, pada artikel kali ini admin forum komputer akan menjelaskan ciri-ciri dari sebuah komponen power supply yang rusak.

Berikut ciri-ciri power supply yang rusak.

1.Komputer tidak menyala sama sekali.
Ciri ciri komputer yang tidak menyala sama sekali merupakan salah satu ciri yang menandakan komputer sobat bermasalah, sebelum mengecek semua perangkat yang ada pada komputer sobat, sebaiknya cek terlebih dahulu power supply komputer sobat.
Kerusakan pada power supply dapat mengakibatkan komputer sobat tidak mau menyala sama sekali, cek apakah power supply sobat masih normal atau bermasalah secara manual yaitu dengan menghubungkan kabel pin warna hijau dengan warna hitam pada pin utama power supply tersebut. Untuk cara cek power supply selengkapnya silahkan baca artikel berikut : cara cek kerusakan pada power supply

2. Komputer menyala hanya beberapa saat kemudian mati.
Ciri ciri seperti ini merupakan sebuah ciri yang menandakan power supply pada komputer sobat bermasalah atau rusak. komputer yang sesaat menyala kemudian mati lagi disebabkan oleh kurangnya arus listrik dari power supply ke motherboard

3. Respon yang lama ketika menekan tombol power.
Saat sobat akan menyalakan komputer tapi setelah menekan tombol power berulang kali akan tetapi respon dari komputer lama saat hendak menyala bisa dikarena oleh kerusakan pada power supply, meski banyak faktor yang menyebabkan respon komputer lama saat ditekan tombol powernya, tapi sobat perlu mencurigai adanya indikasi kerusakan pada power supply sobat.


4. Kipas power supply tidak berputar saat komputer dinyalakan.
Kipas power supply yang tidak menyala merupakan salah satu sebab kerusakan pada power supply, jika sobat mengalami hal ini sebaiknya seceparnya ganti kipas yang mati dengan yang baru untuk meminimalisir kerusakan pada perangkat komputer lainnya.

5. Dilihat secara fisik, Ada atau malah banyak elco/kapasitor yang hamil.
Saat sobat menemukan adanya kejanggalan pada komputer sobat dikarenakan adanya permasalahan pada power supply, coba sobat buka penutup dari power supply dan cek apakah ada kapasitor atau elco yang hamil, kapasitor atau elco yang hamil menyebabkan arus listrik bocor yang bisa menyebabkan pasokan listrik ke perangkat lain pada komputer sobat bermasalah, jika memang ada komponen kapasitor yang hamil sebaiknya segera ganti dengan kapasitor yang baru yang sama jenis dan nilainya.











Loading...