asads
U2FsdGVkX1+oAnwbnskvya69szTjdFpGybhS2NzdrKHSjoJTr08Mjc5tbPuHiBiBO8XlWYvlkceixZrnmV7xdQ==

Baca Juga

Laptop/ notebook atau komputer jinjing adalah perangkat bergerak yang mempunyai ukuran relatif kecil dan ringan, beratnya berkisar antar 1-6kg tergantung pada bahan, ukuran dan spesifikasi dari laptop itu sendiri.
Penggunaan laptop atau notebook untuk saat ini lebih dominan dibandingkan dengan PC/Personal Computer. Selain lebih praktis, penggunaan laptop juga memudahkan kita saat akan mengerjakan pekerjaan yang berhubungan dengan komputer diluar rumah.
Saat ini sudah banyak merk, jenis, dan spesifikasi dari laptop/notebook yang beredar dipasar komputer indonesia, mungkin sobat forum komputer agak binggung saat akan membeli laptop yang berkualitas.
10 Tips Penting Memilih Laptop Berkualitas dan Tahan Lama

Buat sobat yang sedang binggung dalam memilih laptop yang berkualias, kali ini admin akan memberikan beberapa tips dalam memilih laptop yang bagus dan berkualias dan tentunya cocok buat tujuan penggunaan laptop tersebut.

Sebelum mulai membahas tips memilih laptop yang bagus dan terbaik buat sobat, saya akan menjelaskan sedikit tentang perbedaan antara laptop/notebook dan netbook agar sobat tidak salah mengartikan antara laptop/notebook dan netbook

Perbedaan laptop/notebook dan netbook.

  1. Dari segi ukuran, untuk netbook memiliki ukuran layar antara 6-13 inci, saat ini nebook mempunyai ukuran rata-rata 11.6inci, sedangkan laptop atau notebook memiliki ukuran layar antara 13.1 sampai 18inci.
  2. Dari segi spesifikasi dan komponen, netbook yang mempunyai ukuran lebih kecil tentu tidak mampu memiliki spesifikasi yang terlalu tinggi, biasanya nebook dibekali prosessor dengan kelas menengah kebawah, dan juga memiliki memory ram tidakk lebih dari 2gb, serta hanya dibekali dengan kartu grafis yang standart, ciri khas dari sebuab netbook ialah tidak adanya CD/DVD drive. Bisa dikatakan, notebook adalah perkembangan dari laptop.


Setelah menjelaskan sedikit tentang netbook dan notebook, sekarang admin akan menjelaskan  tips memilih laptop/notebook dan netbook yang berkualitas.

1. Memilih Merk.
Sebelum sobat membeli sebuah laptop,  pastikan merk laptop yang akan sobat beli sudah terjamin kualitasnya. Pilihlah merk yang memang sudah terpercaya dan memiliki garansi resmi.

3. Daya tahan baterai.
Buat sobat yang sering melakukan kegiatan komputer diluar rumah tentunya daya tahan baterai merupakan hal pertama yang harus dipertimbangkan saat akan membeli laptop, meski banyak faktor yang menentukan ketahanan sebuah baterai seperti aplikasi yang dijalankan dan jenis prosessor yang digunakan.
Untuk mendapatkan mendapatkan yang terbaik, sobat bisa membaca review laptop incaran sobat. sobat harus rajin merawat baterai untuk menjaga kualitas dan dayabtahan baterai tetap awet. silahkan baca artikel berikut untuk  pembahasan seputar baterai laptop : Bahayakah bermain laptop dalam kondisi baterai dilepas.

4. Kualitas layar.
Berbeda dengan kualitad layar smartphone yang memiliki kualitas layar yang cukup bagus dan semakin menakjubkan, kualitas layar pada laptop tergolong mengecewakan apalagi untuk laptop yang dibandrol dengan harga murah.
Dalam memilih layar/monitor yang harus diperhatikan ialah jenis layar yang digunakan, resolusi layar, dan sudut  pandang penglihatan layar.

5. Desain laptop.
Tentunya sobat tidak ingin melewatkan sebuah inovasi terbaru dari sebuah laptop bukan?
terutama masalah desain laptop, saat ini banyak sekali model laptop dengan desain yang tipis, apalagi model 2 in 1 yang bisa dilepas pasang keyboardnya.

6. Kelengkapan konektifitas.
Kelengkapan konektifitas sebuah laptop jugabtak kalah penting dalam memilih laptop yang bagus dan berkualitas. Mulai dari port usb, port inj sangat diperlukan karena kebanyakan dari perangkat pendukung lainnya seperti mouse, flashdisk, memory card, modem, dan lainnya membutuhkan port usb untuk menyambungkan ke laptop.
Jadi pilihlah laptop yang memiliki port usb minimal 3 buah.
Selain itu, port pendukung lainnya juga harus ada seperti port hdmi/vga, port lan, dan port audio.

7. Sesuaikan dengan kebutuhan.
 Dalam membeli sebuah laptop yang cocok, membeli laptop sesuai kebutuhan merupakan sebuah hal yang cukup penting, jika memang sobat ingin membeli laptop untuk keperluan gaming, belilah laptop dengan spesifikasi dewa atau kelas atas seperti  Dell alienware series.
Jika sobat membeli laptop untuk pekerjaan kantor, maka jangan memilih laptop gaming karena tidak sesuai dengan kebutuhan sobat, pembelian laptop tersebut juga akan sia-sia.

8. Tentukan spesifikasi.
Laptop memiliki beberapa bagian didalamnya, ada prosessor, hardisk, ram, vga dan lainnya.
Semua bagian tersebut merupakan penunjang dari kinerja sebuah laptop, semua bagian tersebut dapat kita sesuaikan dengan kebutuhan kita.
Komponen utama dari sebuah laptop yaitu prosessor. prosessor meupakan otqk dari sebuah laptop, prosessor memiliki banyak sekali varian, dari yang termurah sampai yang termahal, dan untuk saat ini ada jenis merk prosessor yang bersaing ketat dalam menarik simpati pembeli yaitu prosessor intel dan prosessor AMD.
Kedua prosessor tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing, jadi jika sobat akan membeli laptop, baca terlebih dahulu review dari laptop tersebut, spesifikasi yang digunakan dan lainnya.

9. Garansi dan customer service.
Garansi itu sangat penting, untuk jaga-jaga jika laptop yang sobat beli merupakan produk cacat.
Bayangkan jika sobat membeli laptop dengan hasil menabung bertahun-tahun dan pas sudah membeli laptop terdapat kerusakan karena cacat produksi dan tidak ada garansi remsinya, mungkin sobat harus mengeluarkan uang lagi untuk biaya service.
Selain garansi, pelayanan atau customer service juga hal yang perlu dipertimbangkan saat membeli laptop.
Pastikan customer service memuaskan, jadi saat kita akan mengclaim garansi jika ada masalah pada laptop yang sobat beli tidak dipersulit.







Loading...