asads
U2FsdGVkX1+oAnwbnskvya69szTjdFpGybhS2NzdrKHSjoJTr08Mjc5tbPuHiBiBO8XlWYvlkceixZrnmV7xdQ==

Baca Juga

9 OS (Operation System) Asli Buatan Indonesia-OS atau Operation system merupakan salah satu perangkat lunak atau software yang bertanggung jawab mengatur dan mengontrol kerja dari perangkat keras atau hardware dan menjalankan aplikasi atau software dalam suatu sistem komputer, dengan kata lain system operasi adalah sistem yang mengendalikan operasi dasar dan memastikan sistem dalam komputer dapat berjalan semestinya.
Saat ini, sudah banyak system operasi yang telah dibuat atau diciptakan untuk keperluan komputasi, misalnya saja sistem operasi windows buatan dari microsoft yang sangat familiar ditelingga kita terutama untuk pengguna komputer.
Selain system operasi windows, ada juga sistem operasi yang dibuat oleh masyarakat indonesia, meski system operasi yang buat oleh anak bangsa merupakan hanya pengembangan dari system operasi linux yang berbasis open source.

Apa itu open source?,
Open source merupakan suatu istilah yang digunakan untuk software atau perangkat lunak yang membuka atau membebaskan source codenya dapat dilihat oleh pengguna, dan membiarkan penggunanya dalam melihat bagaimana cara kerja dari software tersebut serta penggunanya juga dapat memperbaiki atau mengembangkannya agar lebih baik lagi.

Apa saja sih system operasi linux yang telah dikembangkan oleh anak bangsa?, pada artikel kali ini, admin forum komputer akan menjelaskan system operasi buatan anak bangsa. Berikut rinciannya.

9 System operasi buatan anak bangsa.

System operasi untuk komputer.

1. BlankOn.
9 OS (Operation System) Asli Buatan Indonesia
BlankOn merupakan distribusi linux yang dikembangkan oleh yayasan penggerak linux indonesia (YPLI) dan tim pengembang BlankOn.
Linux BlankOn dikembangkan secara terbuka dan bersama-sama untuk menghasilkan  distro linux khas indonesia khususnya untuk dunia pendidikan, perkantoran dan pemerintahan.

2. IGN (Igos Nusantara).
9 OS (Operation System) Asli Buatan Indonesia
Igos Nusantara atau IGN merupakan distro open source yang dikembangkan sejak tahun 2006 hingga sekarang, IGN dikembangkan oleh pusat penelitian LIPI dan dibantu oleh pengembang/kontributor dari komunitas open source diindonesia.
Penilaian atau komentar positif yang diterima IGN sebagai "distro karya anak bangsa yang patut dibanggakan" diperoleh untuk IGN versi 8.0, penilaian ini antara lain berdasar pada :
- Penggunaan kernel yang semakin tangguh dan handal.
- Tampilan yang elegant dan cantik.
- Distro yang mudah dan menarik untuk dipakai.
- Integrasi beberapa aplikasi untuk kebutuhan sehari-hari.
- Adanya delapan desktop environment yang dapat dipilih/dipakai.
- Memiliki banyak aplikasi tambahan.

3. DewaLinux.
9 OS (Operation System) Asli Buatan Indonesia

 Distro linux yang satu ini merupakan buatan anak bangsa yang berasal dari jember yang terkenal sangat mudah digunakan dan user friendly.
Dewa linux adalah distro Ubuntu yang didesain mirip sekali dengan sistem operasi windows, dewa linux menggunakan basis ubuntu 9.04 codename jaunty jackalope.
Sayangnya saat ini dewa linux tidak update lagi dan kurang eksis didunia linux indonsia.

4. Kuliax.
9 OS (Operation System) Asli Buatan Indonesia

Kuliax merupakan sebuah distribusi linux live cd yang dikembangkan oleh kuliax project untuk pendidikan di universitas-universitas diindonesia.
Distribusi ini awalnya berbasis debian GNU/Linux dan knoppix, kemudian setelah versi 6.0 pengembangannya diubah ke debian GNU/Linux dan debian live, OS kuliax dioptimasi ke arah pengguna desktop linux, berkas image kuliax dapat diunduh dan didistribusikan secaA bebas oleh pengguna.

5. Target Linux.
9 OS (Operation System) Asli Buatan Indonesia

Awalnya bernama TargeT GNU/Linux, kemudian disebut target linux, OS buatan anak indonesia ini adalah distribusi linux yang sesuai dengan namanya dikhususkan sebagai "Target/Sasaran" hacking. Distro linux ini dapat dijalankan langsung dari CD ROM/Live CDvmaupun dari USB disk/Live USB.
Komputer yang menjalankan distro ini nantinya akan berperan sebagai server target alias server korban, Target dan korban disini maksudnya sebagai server  yang menjalankan service-service  yang diketahui memiliki bug, cacat alias memiliki kelemahan sistem didalamnya.
Target linux dibuat dari turunan slackware 11, sama seperti backtrack.

6. Garuda OS.
9 OS (Operation System) Asli Buatan Indonesia
Garuda OS adalah distro linux berbasis PC linux OS fullmonty edition buatan pengembang indonesia yang diluncurkan pertama kali pada tahun 2011 yang lalu dan mendukung penggunaan dokument format SNI (Standart Nasional Indonesia) yang aman dari virus, stabilitasnya tinggi, disertai dukungan bahasa indonesia dan dilengkapi dengan program-program dari berbagai macam kategory.

7. TeaLinuxOs.
9 OS (Operation System) Asli Buatan Indonesia
TeaLinuxOs adalah distro linux turunan ubuntu yang dikembangkan oleh Dinus Open Source Community (DOSCOM) yang berorientasi pemprograman.
Perbedaan sistem operasi dengan dasar linux sangatlah banyak, misalnya Ubuntu, Debian, Redhat, dan lain-lain. TeaLinuxOs berbeda dengan linux-linux tersebut, TeaLinuxOs didesain untuk fokus didalam programming.

System operasi untuk smartphone.


1. IDOS (Indonesian Operating System).
9 OS (Operation System) Asli Buatan Indonesia

IDOS merupakan sistem operasi untuk smartphone yang dibuat oleh produsen smartphone advan yang berbasis sistem operasi marshmallow 6.0, ada 4 keunggulan yang dibawa oleh sistem operasi IDOS ini yaitu security, smart management, power saving, dan unique feature.
Ke empat fitur tersebut memang sangat ditonjolkan karena menyesuaikan dengan karakteristik masyarakat indonesia.

2. Fira OS.
9 OS (Operation System) Asli Buatan Indonesia

Fire OS 3.0 atau yang dikenal dengan nama Fire Os V3 merupakan sebuah sistem operasi yag berbasis android, sistem operasi android ini secara khusus dikembangkan oleh anak bangsa yang khusus untuk smartphone polytron.
Fire Os ini sudah disematkan pada salah satu smartphone andalan polytron yaitu Prime 7S.
Fire Os V3 menyuguhkan tampilan yang lebih baru, lebih elegant, dan kekinian pada berbagai aplikasi misalnya file manager, music player, quick notification, lock screen, galery, panggilan dan kontak hingga alarm.








Loading...