15 Trik Mempercepat Kinerja Windows 10

15 Trik Mempercepat Kinerja Windows 10-Windows 10 merupakan sistem operasi terbaru yang dirilis oleh microsoft, banyak fitur baru yang yang telah disematkan dalam sistem operasi tersebut yang tidak ada pada sistem operasi sebelumnya, salah satu perhatian utama dari microsoft juga meningkatkan performa atau kemampuan windows tersebut sehingga sistem operasi windows 10 makin stabil saat digunakan.Meski performa dari windows 10 sudah dioptimalkan, tapi masih ada tips dan trik untuk meningkatkan performa windows 10 agar kecepatan loading dari windows 10 semakin baik lagi.

Sebelum sobat menginstal windows 10 pada komputer atau laptop sobat, sebaiknya sobat memahami terlebih dahulu standart hardware yang diperlukan.

  • Prosessor 1Ghz atau lebih.
  • Ram 2Gb keatas.
  • Kapasitas ruang kosong hardisk 16Gb.
  • VGA directX 9 atau lebih dengan WDDM 1.0 driver.


Dalam beberapa kasus, windows 10 memang dapat dijalankan pada spesifikasi komputer atau laptop yang dibawah standart namun belum tentu performa sistem dapat berjalan dengan lancar dan stabil.

Pada artikel kali ini, admin akan merangkum 15 tips dan trik ampuh mempercepat kinerja dari windows 10.

Berikut Uraiannya :

1. Mematikan startup yang tidak dibutuhkan.
 Proses startup yang terlalu banyak saat komputer booting pertama kali ke windows menyebabkan loading komputer menjadi lambat karena terlalu banyak mengakses program-program agar bisa berjalan secara otomatis saat komputer dihidupkan, sebaiknya matikan proses startup yang tidak dibutuhkan untuk meringankan kerja komputer terutama CPU/prosessor saat pertama kali komputer dihidupkan, untuk mematikan proses startup yang tidak dibutuhkan pada windows 10 bisa ikuti langkah-langkah berikut.

  • Tekan tombol CTRL+SHIFT+ESC untuk membuka taks manager.
  • Masuk ke tab "Startup" dan sobat dapat melihat aplikasi apa saja yang berjalan ketika pertama kali windows dihidupkan, silahkan  sobat matikan program apa saja yang tidak dibutuhkan saat pertama kali komputer menyala dengan cara klim disable atau klik kanan aplikasi yang akan dinonatifkan , kemudian klik disable.

15 Trik Mempercepat Kinerja Windows 10

2. Menonaktifkan fitur search indexing.
Search indexing berfungsi untuk mengindeks seluruh file yang ada dikomputer sobat, tapi jika sobat memiliki komputer dengan spesifikasi yang kurang memadai, sobat dapat mematikan fitur tersebut dengan cara :

  • Ketik "service" pada menu start untuk membuka menu service.
  • Carilah "Windows search" kemudian klik kanan lalu klik "stop" untuk menghentikan search indexing.

15 Trik Mempercepat Kinerja Windows 10

3. Menonaktifkan background apps.
Aplikasi yang berjalan dibalik layar atau background tentunya memakan resouce RAM, baik desktop app maupun modern app.
Untuk desktop app, sobat dapat mematikan melalui taks manager, sedangkan untuk modern app, sobat dapat mematikan melalui halaman setting.
Mematikan  modern app tersebut dapat menghemat bandwith internet karena rata-rata aplikasi windows 10 memakan bandwith internet secara diam-diam.

4. Menonaktifkan Visual effect.
 Jika sobat lebih mementingkan performa dari pada tampilan dari windows 10 yang interaktif, maka sobat dapat mematikan opsi visual effect, berikut caranya :
- Buka Windows Run (WinKey + R), kemudian ketikan "SystemPropertiesAdvanced".
15 Trik Mempercepat Kinerja Windows 10

- Kemudian pada menu Perfomance, klik opsi "Settings".
15 Trik Mempercepat Kinerja Windows 10

- Selanjutnya sobat bisa memilih opsi visual yang diinginkan, diantaranya.

  • Let Windows choose what’s best for my computer : Menentukan visual efek berdasarkan rekomendasi sistem.
  • Adjust for best apperance : Mengaktifkan semua visual efek yang ada, tentunya hal ini bisa memperlambat kinerja PC jika spesifikasi tergolong rendah.
  • Adjust for best perfomance : Mematikan semua visual efek, hal ini tentunya bisa membuat kinerja PC lebih cepat karena tidak harus meload visual efek.
  • Custom : Menentukan sendiri visual efek yang diinginkan.


5. Menghapus crapware.
jika sobat memiliki komputer atau laptop yang telah terinstal aplikasi perusahaan pihak ketiga atau sejenisnya, dengan menghapusnya dapat menolong laptop atau komputer sobat jadi lebih cepat, terkadang aplikasi tersebut memunculkan popup yang tidak penting. cara menghapusnya :
- klik start kemudian ketik "change or remove", kemudian tekan enter.
- Silahkan sobat hapus program bawaan dari laptop, contohnya admin akan menghapus program "Lightworks", aplikasi seperti crapware tersebut berbeda-beda setiap komputer.
15 Trik Mempercepat Kinerja Windows 10

6.Uninstal aplikasi yang tidak dibutuhkan.
Aplikasi yang tidak dibutuhkan oleh sobat yang telah terinstal dikomputer atau laptop sobat sebaiknya dihapus atau di uninstal, selain mempengaruhi kinerja komputer atau laptop, aplikasi-aplikasi tersebut juga memakan space hardisk sehingga membuat hardisk sobat menjadi penuh jika sobat menggunakan hardisk dengan kapasitas yang kecil.

7. Tidak menggunakan Theme atau skin.
Theme atau skin untuk merubah tampilan windows agar lebih keren dan menarik membuat komputer atau laptop sobat menjadi lemot, sebaiknya tidak menggunakan theme atau skin jika sobat menginginkan performa yang bagus pada komputer atau laptop sobat.

8. Defragment windows secara berkala.
Defrag atau merapikan data, membersihkan cache, sampah dan lain-lain secara berkala merupakan tindakan yang tepat untuk mengurangi beban kerja komputer. sobat dapat menggunakan program defragment bawaan dari windows atau menggunaka aplikasi pihak ketiga seperti cc cleaner dan lainnya untuk merapikan dan membersihkan data pada komputer sobat.

Catatan : defragment hanya berlaku untuk hardisk, SSD tidak perlu karena SSD tidak memakai sistem sektor seperti hardisk. 

9. Mengubah pengaturan power menjadi high performance.
 Performa dari windows 10 sobat yang lambat atau lemot bisa disebabkan oleh pengatura  power yang salah. Secara default, pengaturan power berada pada balance, namun sobat dapat mengatur dan beralih ke high performance jika ingin meningkatkan performa secara instan.
Caranya silahkan sobat buka "power plan" dengan cara klik "start" dan ketik "choose a power", kemudian tekan enter.
- Kemudian pilih "high performance".
15 Trik Mempercepat Kinerja Windows 10

Catatan : menggunakan opsi ini menyebabkan daya baterai akan habis lebih cepat jika sobat menggunakan laptop.

10. Instal software utility pihak ke tiga.
Software utility merupakan perangkat lunak yang berfungsi untuk membantu proses analisis, pengaturan/konfigurasi, optimasi/perawatan komputer, macam-macam software utility antara lain archivers/data compresion, backup software, disk checkers, disk cleaner, dan lain-lain.

11. Nonaktifkan fitur hibernate.
Jika sobat tidak menggunakan mode Hibernate, maka sobat bisa menon-aktifkanya dengan cara buka Command prompt as administrator, kemudian copy/ketikan powercfg -h off.
Dengan cara seperti itu maka dalam proses Shutdown akan menjadi lebih cepat karena sobat tidak perlu menunggu memory menyimpan file hiberfil.sys.

12. Scan atau pindai windows dengan antivirus secara rutin.
Men-scan atau memindai sistem operasi menggunakan antivirus ter-update secara rutin merupakan  hal yang penting, anvirus pada sistem operasi merupakan sebuah software proteksi sistem komputer dari serangan malware, sistem yang terserang malware seperti jenis virus dapat membuat komputer sobat menjadi lemot dan bahkan bisa menyebabkan error.

13. Update windows dan drivernya.
Dengan mengupdate windows atau sistem operasi maka jika ada celah atau bug pada sistem operasi tersebut sebelum diupdate dapat ditutup dan update driver juga dapat membuat hardware pada komputer sobat dapat berjalan lebih optimal dan stabil.
Untuk cara update driver, silahkan sobat baca artikel berikut Cara instal driver menggunakan 3DP CHIP.

14. Gunakan fitur performance troubleshooter untuk mencari penyebab komputer menjadi lemot.
Fitur performance troubleshooter dapat mencari penyebab komputer atau laptop sobat menjadi lemot, sebaiknya manfaatkan program tersebut untuk mendiagnosa penyebab dari komputer atau laptop sobat yang lemot, caranya sebagai berikut.

  • ketik "trouble" kemudian tekan enter untuk membuka troubleshooting.
  • Kemudian masuk ke "system & security" dan klik "system maintrnance".
15 Trik Mempercepat Kinerja Windows 10


Selain system maintenance, sobat juga dapat menggunakan opsi lainnya agar masalah pada komputer sobat dapat cepat teratasi.

15. Upgrade hardware komputer atau laptop.
Cara yang paling mudah untuk meningkatkan performa komputer atau laptop agar tidak lemot adalah dengan mengupgrade hardware pada komputer atau laptop sobat. untuk laptop tidak dapat mengupgrade semua hardware yang ada karena telah tertanam permanen pada motherboard laptop tersebut, dan untuk komputer  desktop/PC dapat diupgrade semua mulai dari prosessor, hardisk, RAM, motherboard, VGA, atau mengganti semua perangkat komputer ke teknologi komputer terbaru jika buget sobat memungkinkan untuk mengganti semua.




Related Posts

15 Trik Mempercepat Kinerja Windows 10
4/ 5
Oleh