asads
U2FsdGVkX1+oAnwbnskvya69szTjdFpGybhS2NzdrKHSjoJTr08Mjc5tbPuHiBiBO8XlWYvlkceixZrnmV7xdQ==

Baca Juga

Laptop atau netbook yang lemot merupakan sebuah masalah yang sering dihadapi oleh pengguna atau user, bahkan karena terlalu lemot bisa menyebabkan windows atau aplikasi menjadi not responding dan hang.
Banyak penyebab yang menyebabkan laptop atau netbook sobat menjadi lemot, untuk mengatasi hal ini, blog forum komputer akan membahas secara jelas dan lengkap mengenai penyebab dan cara mengatasi laptop yang lemot, silahkan sobat forum komputer simak baik-baik pembahasan berikut ini.
Penyebab dan Cara Ampuh Mengatasi Laptop Yang Lemot

Penyebab dan cara mengatasi laptop yang lemot.

1. Penyebab : Banyak aplikasi yang dijalankan dalam satu waktu.
Menjalankan banyak aplikasi dalam satu waktu atau multitaksting sangat rentan membuat laptop sobat menjadi lemot, apalagi untuk spesifikasi laptop yang biasa-biasa saja, mungkin dapat menyebabkan laptop sobat menjadi hang.
Menjalankan banyak program/aplikasi dalam satu waktu membuat kerja komponen utama laptop seperti prosessor dan ram menjadi berat.

Cara Mengatasi :
Untuk mengatasi masalah ini, sebaiknya jalankan program satu per satu agar kerja dari prosessor dan ram menjadi lebih ringan.
Jika sobat memaksakan spesifikasi laptop yang biasa-biasa saja untuk menjalankan banyak program/aplikasi dalam satu waktu, jangan salahkan jika laptop sobat akan hang dan mengalami masalah-masalah lainnya.

2. Penyebab : Kapasitas Ram tidak memadai/ terlalu kecil
Ram atau random akses memory merupakan sebuah memory yang digunakan untuk menyimpan data sementara pada komputer untuk menjalankan suatu program, semakin banyak program yang berjalan maka semakin banyak memory ram yang digunakan.
Jika sobat menjalankan banyak aplikasi pada ram yang dibawah standart atau terlalu kecil, bisa dipastikan laptop sobat menjadi lemot dan dapat menyebabkan hang.

Cara mengatasi :
Untuk mengatasi masalah ini, upgrade kapasitas ram sobat menjadi lebih besar, misalnya jika sebelumnya sobat hanya menggunakan ram dengan kapasitas 2gb, maka upgrade menjadi 4gb ke atas.
Dengan mengupgrade kapasitas ram dapat meringankan kerja dari memory ram itu sendiri dan efeknya membuat laptop sobat menjadi lebih ringan.

3. Penyebab : Bad sektor pada hardisk.
Badsektor pada hardisk merupakan salah satu faktor utama yang menyebabkan laptop sobat menjadi lemot.
Untuk mengetahui apakah hardisk pada laptop sobat terkena badsektor, silahkan baca artikel berikut ini Cara cek badsektor pada hardisk menggunakan hardisk sentinel.

Cara Mengatasinya :
Untuk mengatasi badsektor pada hardisk, sobat dapat memperbaikinya menggunakan berbagai tools yang sudah disediakan diinternet, silahkan baca artikel berikut untuk memperbaiki badsektor pada hardisk cara kumpulan aplikasi pengecekan badsektor pada hardisk

4. Penyebab : Terserang virus.
Virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lainnya.
Biasanya virus diciptakan untuk merusak data-data penting, merusak file sistem sehingga menyebabkan laptop menjadi lemot.

Cara mengatasi :
Untuk mengatasi masalah ini, sobat bisa menggunakan antivirus yang handal dan pastinya terupdate untuk bisa menghapus virus yang menyerang laptop sobat.

5. Penyebab : Memory penyimpanan penuh.
Hardisk merupakan tempat penyimpanan berbagai jenis file dan juga sistem operasi, jika kapasitas hardisk penuh dapat menyebabkan aplikasi atau sistem operasi yang ada pada laptop sobat menjadi lemot, bahkan dapat menyebabkan hang.

Cara mengatasi :
Untuk mengatasi masalah ini, sebaiknya sobat backup atau pindahkan data yang didalam hardisk ke media penyimpanan lainnya seperti flashdisk, keping CD/DVD, dan juga hardisk eksternal.

6. Penyebab : Overheat
Overheat atau suhu yang berlebih pada hardware laptop seperti prosessor, vga dan chipset dan menyebabkan kinerja dari laptop menurun, efeknya laptop menjadi lemot dan bahkan bisa tiba-tiba mati sendiri.

Cara mengatasi :
Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya sobat bersihkan debu yang menumpuk pada kipas prosessor dan vga, dan bersihkan juga bagian-bagian laptop lainnya.
Jika sobat tidak bisa membongkar laptop sobat, sebaiknya minta tolong kepada teknisi komputer yang handal atau tambahkan kipas tambahan pada laptop untuk mengurangi panas yang ada didalam laptop.

7. Penyebab : Banyak program yang berjalan di startup.
Program-program yang otomatis berjalan pada startup saat laptop pertama kali dihidupkan (saat masuk ke dekstop windows), semakin banyak program yang berjalan pada startup maka semakin berat juga proses multitasking yang dijalankan laptop sobat.

Cara mengatasi :
Nonaktifkan program-program yang berjalan pada startup, berikut cara menonaktifkanya.
1. Buka menu "run" kemudian ketik "msconfig", kemudian tekan enter.
Penyebab dan Cara Ampuh Mengatasi Laptop Yang Lemot

2. Pada jendela system configuration, pilih menu startup.
Penyebab dan Cara Ampuh Mengatasi Laptop Yang Lemot

Untuk pengguna windows 8 dan 10, tinggal masuk ke taks manager, kemudian pilih tab startup.
3. Klik kanan pada program yang ingin sobat matikan prosesnya di startup, kemudian pilih disable.

8. Penyebab : Banyak aplikasi/program yang terinstal di laptop.
Banyaknya aplikasi yang terinstal dilaptop dapat menyebabkan laptop sobat menjadi lemot, apalagi jika laptop sobat mempunyai spesifikasi yang biasa-biasa saja, dengan kapasitas hardisk yang kecil.

Cara mengatasi :
  1. 1. Hapus aplikasi atau program yang dirasa tidak diperlukan, jika sobat memasang banyak antivirus sebaiknya hapus antivirus tersebut dan pasang 1 atau 2 antivirus saja, yang terpenting adalah antivirus yang sobat miliki terupdate.
Silahkan baca artikel berikut mengenai pemasangan antivirus lebih dari 2.
  1. 2. upgrade kapasitas hardisk sobat.


9. Penyebab : File temporary yang menumpuk
File temporary merupakan file-file sementara yang dibuat oleh sistem windows dengan tujuan tertentu, file temporary yang terdapat pada recycle bin maupun cache browser juga dapat mempengaruhi kinerja dari laptop sobat.

Cara mengatasi :
Gunakan aplikasi seperti ccleaner untuk membersihkan file temporary yang terdapat pada windows sobat, selain menggunakan software ccleaner, sobat juga dapat menggunakan tools disk cleanup milik windows untuk membersihkan file sampah tersebut.

10. Penyebab : aplikasi crash.
aplikasi yang crash dapat menyebabkan laptop menjadi lemot, biasanya aplikasi yang crash disebabkan oleh virus, aplikasi itu sendiri yang bermasalah.

Cara mengatasi :
Cara mengatasi hal ini adalah dengan menghapus aplikasi yang error tersebut, dan menginstalny kembali.
Loading...