asads
U2FsdGVkX1+oAnwbnskvya69szTjdFpGybhS2NzdrKHSjoJTr08Mjc5tbPuHiBiBO8XlWYvlkceixZrnmV7xdQ==

Baca Juga

Sebelum sobat membeli satu set komputer atau laptop baru atau second tentunya sobat harus tahu dulu spesifikasi yang terdapat didalam komputer atau laptop yang akan kita beli, tapi sebagian besar user atau pemakai komputer yang akan membeli komputer atau laptop hanya mengecek spesifikasi yang standart saja seperti kapasitas hardisk, kapasitas memory RAM dan jenis prosessor yang digunakan tanpa mengecek spesifikasi komputer atau laptop lebih detail tentang teknologi dari hardware yang dipakai.

Buat sobat forum komputer yang masih awam dalam bidang komputer memang harus hati-hati agar tidak tertipu oleh penjual nakal yang tidak bertanggung jawab karena admin forum komputer pernah mengalami sendiri tertipu membeli komputer pentium 4 malah dikasih pentium 3 (pengalaman masa lalu waktu masih cupu dalam hal komputer sob hahahahahahhaha).

Untuk melihat spesifikasi dari komputer atau laptop yang akan kita beli, kali ini admin mempunyai trik untuk cara mengeceknya, berikut 5 cara paling mudah melihat spesifikasi komputer atau laptop.

1. Melihat dari basic information pada windows.
Cara yang paling mudah pertama ialah dengan melihat melalui informasi yang diberikan oleh sistem operasi windows dengan cara sebagai berikut :
5 Cara Termudah Melihat Spesifikasi Komputer dan Laptop

  • Buka windows explorer dengan cara biasa atau dengan menekan "Windows+E" pada keyboard sobat.
  • Kemudian klk kanan pada my Computer atau pada pilihan This PC, lalu silahkan pilih properties.
  • Setelah itu sobat dapat melihat beberapa  informasi mengenai spesifikasi komputer sobat seperti tipe dan jenis prosessor, kecepatan dan besar nya RAM, dll.



2. Melihat dari display properties.
Cara yang kedua dilakukan untuk melihat spesifikasi kartu grafis yang digunakan pada komputer sobat, melihat spesifikasi komputer menggunakan menu basic system informatiom hanya mencantumkan beberapa spesifikasi saja, dan untuk kartu grafis atau VGA bukanlah salah satu diantara spesifikasi system yang ditampilkan pada point pertama.

Kartu grafis atau yang biasa disebut VGA card ini merupakan salah satu perangkat keras komputer yang cukup berperan bagi tampilan layar agar terlihat lebih mendukung untuk keperluan user terutama dalam desain, game dan editing.
Untuk mengetahui jenis kartu grafis yang digunakan, serta tipe grafis apakah menggunakan VGA card atau VGA onboard, maka sobat bisa membuka menu display properties pada windows sobat.

Berikut langkah-langkahnya :

  • Pada windows 7, sobat bisa mengklik kanan pada dekstop kemudian pilih screen resolution.
  • Kemudian akan muncul jendela yang menginformasikan resolusi dari layar komputer sobat.
  • Pada jendela tersebut, klik "Advanced Setting".
  • Kemudian pilih tab "Adapter", lalu pada tab tersebut akan muncul informasi mengenai jenis dan juga tipe chip, merk kartu grafis, jenis kartu grafis, serta jumlah memory yang dialokasikan untuk mengolah tampilan grafis didalam komputer sobat.
5 Cara Termudah Melihat Spesifikasi Komputer dan Laptop



3. Menggunakan DXdiag.
Cara mudah melihat spesifikasi komputer yang ke tiga adalah dengan menggunakan dxdiag, berikut langkah-lagkahnya :

  • Buka menu "RUN" atau dengan menekan Windows+R pada keyboard sobat.
  • Kemudian ketikkan dxdiag pada kolom yang tersedia.
  • Setelah itu pilih dan klik Ok.
  • Dalam informasi ini, sobat dapat melihat berbagai informasi mengenai spesifikasi komputer sobat.
  • Pada versi system, sobat dapat melihat spesifikasi pada windows baik 32 atau 64bit.
5 Cara Termudah Melihat Spesifikasi Komputer dan Laptop


4. Menggunakan aplikasi cpu Z.
Cara selanjutnya ialah dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga yaitu CPU Z, berikut langkah-langkahnya :
  • langkah pertama, sobat perlu meng-unduh terlebih dahulu aplikasi CPU Z.
  • Setelah terunduh, sobat hanya perlu membuka aplikasi tersebut, dan sobat dapat melihat secara rinci spesifikasi pada komputer atau laptop sobat.
  • didalam aplikasi CPU Z, sobat dapat melihat secara detail mengenai CPU mulai dari nama prosessor, code name prosessor hingga core speed CPU.
  • Untuk dapat melihat informasi dari motherboard atau mainboard komputer sobat, sobat dapat membuka kolom mainboard yang tersedia pada aplikasi CPU Z.
  • Pada kolom type memory, sobat dapat melihat type dari memory, sedangkan pada kolom tab SPD, sobat dapat melihat slot RAM serta beragam informasi mengenai RAM sobat.
5 Cara Termudah Melihat Spesifikasi Komputer dan Laptop




5. Melihat fisik hardware.
Untuk cara yang terakhir biasanya digunakan saat membeli komputer bekas atau second, jika sobat sudah mahir dalam hal hardware komputer, cara ini bisa dilakukan yaitu dengan melihat langsung fisik dari hardware yang digunakan untuk membangun seperangkat komputer.
Dengan melihat langsung, kita bisa mengetahui jenis, merk, tipe, dan kondisi dari hardware yang digunakan.












Loading...