asads
U2FsdGVkX1+oAnwbnskvya69szTjdFpGybhS2NzdrKHSjoJTr08Mjc5tbPuHiBiBO8XlWYvlkceixZrnmV7xdQ==

Baca Juga

Virus merupakan salah satu jenis malware yang diciptakan dengan tujuan merusak sistem operasi windows, linux dan sistem operasi lainnya.
Selain merugikan pemilik komputer yang diserang virus, efek dari virus juga membuat kita sebagai pemakai atau user harus tetap waspada terhadap serangan virus yang masuk ke komputer kita tanpa kita sadari.
Namun apa jadinya jika virus sudah terlanjur masuk ke komputer?
Jika virus sudah masuk ke komputer, maka sobat harus secepatnya membasmi virus tersebut sebelum menular ke drive lainnya atau ke komputer lain.
5 Cara Ampuh Mengatasi Virus Komputer

Untuk tips menghapus virus, kali ini admin forum komputer mempunyai teknik ampuh untuk menghapus virus dari komputer kita.
Jika laptop atau komputer sobat terkena virus, sebaiknya jangan terburu-buru dibawa ke tukang service, jika sobat punya skill dalam bidang komputer sebaiknya ikuti 5 teknik ampuh menghaus virus brikut ini :


1. Menggunakan sistem restore
System restore merupakan sebuah program yang berfungsi untuk mengembalikan settingan windows sobat seperti semula seperti waktu penggunaan yang sobat pilih.
Setiap sobat menginstal atau meng-uninstal software, biasanya system restore akan menyimpan settingan lama sobat sebelum sobat menginstal atau uninstal software tersebut.
Dengan cara ini setiap ekstensi .exe atau aplikasi apapun yang terinstal sesudahnya akan dihapus atau dihilangkan, termasuk register windows sobat akan dikembalikan seperti semula. Hal ini  juga bisa membuat virus hilang dari komputer sobat.

Menggunakan teknik sistem restore tentunya membuat sobat tidak diharuskan melakukan instalasi antivirus di komputer, tapi sering admin jumpai ada beberapa virus yang secara otomastis mematikan fungsi sistem restore ini.
Jika sistem restore dinonaktifkan oleh virus, sebaiknya sobat masuk ke safe mode windows untuk mengakses sistem restore.
Untuk cara membuat sistem restore, bisa dibaca pada artikel berikut :
Cara membuat sistem restore windows 7
Cara membuat sistem restore windows 8
Cara membuat sistem restore windows 10

Catatan : Jika sobat telah berhasil menghapus virus menggunakan sistem restore sebaiknya setelah melakukan proses restart, sobat langsung scan menggunakan anti virus yang terupdate untuk memindai data yang ada di drive selain drive yang terinstal sistem windows.


2. Menggunakan anti virus.
Teknik merupakan teknik yang biasa dipakai oleh para pengguna komputer, cara ini merupakan cara yang paling mudah untuk menghapus virus dari komputer kita, tapi sobat harus menggunakan antivirus yang terupdate untuk menghapus virus, jika virus tersebut belum dikenali oleh database dari anti virus yang kita gunakan maka virus tersebut tidak akan bisa dihapus.

Perlukah kita memasang antivirus lebih dari 2 dikomputer kita?
Untuk menjawab pertanyaan diatas, silahkan sobat baca artikel berikut ini :
Perlukah menginstal antivirus lebih dari satu dikomputer.


3. Format partisi.
Cara menghilangkan virus dilaptop atau komputer berikutnya adalah dengan cara melakukan format terhadap partisi yang telah diduga terkena virus, cara yang satu ini tergolong beresiko dan tidak menjamin kesuksesan yang bisa sobat raih.
Akan tetapi, hal ini bisa dicoba khususnya apabila virus yang sobat temui adalah virus yang bersemayam atau berada diflashdisk atau memory card sobat.


4. Menggunakan cara manual.
Selain menggunakan anti virus, sobat juga bisa mnggunakan cara manual untuk menghilangkan virus yang menyerang komputer sobat, akan tetai untuk melakukan hal ini sobat harus memastikan terlebih dahulu jika file yang akan sobat hapus tersebut benar-benar merupakan file virus.

Cara ini biasanya perlu dilakukan apabila file virus yang ditemukan oleh anti virus tidak bisa dihapus secara langsung, ataupun karen afile virus yang terdapat dikomputer sobat telah sobat kenali dengan pasti bahwa itu adalah virus sehingga sobat tidak perlu membuang waktu lagi untuk melakukan instalasi dan pencarian menggunakan anti virus.

Ketika melakukan penghapusan secara manual, sobat perlu memastikan bahwa file registri virus juga telah terhapus, caranya adalah dengan melihat pada aplikasi resgistri editor dan carilah entri yang berhubungan dengan file virus dihardisk yang sobat hapus.
Dengan demikian, file virus tersebut benar-benar bersih baik dari hardisk maupun dari entri registri.



5. Instal ulang windows.
Cara berikut ini merupakan cara terakhir jika virus yang terdapat dikomputer sobat sudah benar-benar sulit untuk dihapus.
Proses instal ulang dilakukan jika virus yang ada dikomputer sobat telah menyebar diseluruh sistem windows dan juga di drive lainnya.

Sebelum memutuskan untuk melakukan proses intal ulang, pastikan bahwa data-data sobat yang ada dikomputer telah dibackup telebih dahulu, melakukan proses instal ulang tentunya membutuhkan usaha yang tidak sedikit, karena sobat perlu melakukan instalasi driver dan berbagai aplikasi lainnya, untuk hal-hal yang perlu dilakukan setelah melakukan proses instal ulang, bisa dibaca pada artikel berikut :
10 software yang wajib diinstal setelah melakukan proses instal ulang.

















Hirens 2018 New Generation Support HDD GPT!
cobain open source project rancangan ane mas bro >

IT Tools Pack Solution 2018 Rescue

(Tersedia Acronis 2018 + Norton Ghost + Minitool Partition Wizard Technician 9.1 + DLL)

=> Tersedia Reward menarik untuk yang ingin sedikit berkontribusi

#SalamSatuTeknologi
Loading...