Perlukan Menginstal Antivirus Lebih dari Satu Pada Windows atau Linux

Antivirus merupakan salah satu program yang sangat penting untuk dipasang pada sebuah komputer baik untuk Os windows, Linux dan Os lainnya, Meski pada sistem operasi linux sangat jarang terserang virus.
Salah satu fungsi utama antivirus adalah untuk melindungi sistem operasi atau data-data pada komputer dari serangan malware. Untuk penjelasan mengenai malware, Silahkan baca artikel berikut Pengertian malware dan jenis-jenisnya.

Saat ini banyak antivirus yang ada di internet baik antivirus buatan dalam negeri ataupun antivirus luar negeri, Silahkan baca artikel berikut untuk kumpulan antivirus :
1. Daftar antivirus local free edition.
2. Kumpulan antivirus luar negeri.
Perlukan Menginstal Antivirus Lebih dari Satu Pada Windows atau Linux

Saya pernah melihat salah satu komputer pelanggan (saat saya bekerja menjadi teknisi komputer), Didalam komputernya terinstal lebih dari 3 antivirus. Dalam hati saya bertanya-tanya apakah sampai begini untuk melindungi komputer dari serangan malware, Baik itu jenis virus, trojan, rootkit atau lainnya.
Mungkin sobat forum komputer juga bertanya-tanya apakah perlu menginstal antivirus lebih dari satu dalam sebuah komputer?, Berikut penjelasannya.
Memasang antivirus memang sangat disarankan untuk sebuah komputer, Apalagi jika komputer yang sobat gunakan itu terhubung ke internet atau kedalam sebuah jaringan, Akan tetapi memasang antivirus lebih dari satu menurut saya boleh-boleh saja asal perhatikan point-point dibawah ini :

1. Setiap antivirus memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berdasar pertimbangan ini, Banyak pengguna komputer yang kemudian memasang anvirus lebih dari 2 antivirus dalam satu komputer, Langkah tersebut tentunya langkah yang baik untuk memberikan perlindungan ganda terhadap komputer dari serangan virus, Namun ada yang harus diperhatikan dalam hal ini, Memasang lebih dari satu antivirus dalam satu komputer dapat menyebabkan loading komputer menjadi lambat atau bahkan menjadi hang. 
Pada beberapa kasus, Adanya dua antivirus atau lebih dalam satu komputer dapat menyebabkan terjadinya konflik dan memunculkan error pada sistem komputer. 
Sebenarnya boleh saja memasang lebih dari satu antivirus dikomputer kita, Namun kita harus memastikan bahwa dua antivirus yang dipasang dalam satu komputer tersebut benar-benar bisa dipadukan, Contohnya : antivirus smadav buatan anak bangsa bisa dipadukan dengan antivirus lain seperti avast antivirus.

2. Disarankan dalam memasang antivirus cukup satu atau dua, yang paling utama adalah antivirus yang sobat pakai tetap terupdate jika ada pembaharuan dari antivirus tersebut. 
Percuma juga sobat memasang ativirus lebih dari 3 jika tidak ada satupun yang terupdate alias masih memakai database lama dari antivirus tersebut. 
Karena salah satu sistem kerja antivirus bergantung dari kumpulan dafinisi virus untuk dapat mendeteksi sebuah malware. Itu sebabnya antivirus biasanya akan secara otomatis men-download file baru, File definisi terbaru sekali sehari atau bahkan lebih sering lagi.
File definisi virus berisikan signatur virus dan malware lainnya yang baru saja ditemukan. Ketika program antivirus scanning file dan menemukan file yang cocok dengan potonhan file yang dikenal sebagai malware, Maka program antivirus akan menghentikan file tersebut dan memasukkannya ke dalam "karantina'. Tergantung dari pengaturan program antivirus yang sobat pakai, Secara otomatis file dihapus atau masih memungkinkan untuk menjalankan, jika sobat yakin itu adalah false positif.
False positif adalah file yang sebenarnya bukan maleware, tapi dideteksi menyimpan beberapa baris byte yang signaturenya cocok dengan virus.

Related Posts

Perlukan Menginstal Antivirus Lebih dari Satu Pada Windows atau Linux
4/ 5
Oleh

1 komentar:

Tulis komentar
avatar
Anonymous
May 1, 2018 at 9:00 PM

terima ksih ilmunya mas...

Reply