Pengertian UDP, Fungsi dan Kegunaanya

Pengertian UDP, Fungsi dan Kegunaanya-Pada artikel sebelumnya, admin telah membahas mengenai pengertian TCP, fungsi serta kelebihan dan kekurangannya. Silahkan klik link berikut jika sobat ingin membacanya Pengertian TCP, Fungsi, Serta Kelebihan dan Kekurangannya.

Pada artikel kali ini, admin forum komputer akan membahas mengenai UDP, fungsi, serta kegunaanya.
Pengertian UDP
UDP merupakan kependekan dari User Datagram Protocol yang merupakan bagian dari internet protocol.
UDP atau user datagram protocol merupakan salah satu protocol lapisan transport TCP/IP yang mendukung komunikasi yang tidak andal (unrealitable), tanpa koneksi (connectionless) antara host-host dalam jaringan yang menggunakan TCP/IP.

Fungsi UDP
Fungsi dari UDP ialah memberikan sebuah transfer data yang tidak daat diandalkan dimana ketika proses mengirim pesan dalam bentuk datagram, dan protocol UDP tidak memberikan jaminan penyamaian pesan tertentu/datagram ke soket (end node) pada sistem penerima. Kemungkinan datagram tiba dengan rusak di ujung penerima dan dengan demikian penerima pada end sistem dapat menerima data yang rusak dan bisa saja penerima ujung dapat paket nomor 3 sebelum paket nomor 2 dan ada kemungkinan juga menerima datagram dua kali.
Pengertian UDP, Fungsi dan Kegunaanya

UDP melakukan komunikasi secara sederhana dengan mekanisme yang sangat minimal, UDP digunakan untuk komunikasi yang sederhana seperti query DNS (Domain Name System), NTP (Network Time Protocol), DHCP (Dinamic Host Configuration Protocol dan RIP (Routing Information Protocol).
  • Pada query DNS, komputer meminta informasi suatu data dari suatu domain kepada DNS server, DNS server akan membalas dengan memberikan informasi yang diinginkan client.
  • Pada NTP, Client meminta informasi waktu kepada NTP server, NTP server akan membalas waktu pada saat itu, dengan demikian maka client akan memiliki sistem waktu yang akurat.
  • Pada DHCP, Client akan menghubungi DHCP server untuk meminta alamat IP untuk dipakai sendiri, DHCP server akan memberikan informasi alamat IP supaya digunakan oleh client tersebut.
  • Pada RIP, server RIP akan melakukan broadcast informasi routing kepada router-router lain.

Karakteristik UDP.
Diantara karakteristik UDP antara lain :
  • Connectionless (tanpa koneksi) : pesan-pesan UDP akan dikirimkan tanpa harus dilakukan proses negosiasi koneksi antara dua host yang hendak bertukar informasi.
  • Unrealiable (tidak andal) : pesan-pesan UDP akan dikirimkan sebagai datagram tanpa adanya nomor urut atau pesan acknowledgment. Protocol lapisan aplikasi yang berjalan diatas UDP harus melakukan pemulihan terhadap pesan-pesan yang hilang selama transmisi. UDP menyediakan mekanisme untuk mengirim pesan-pesan ke sebuah protocol lapisan aplikasi atau proses tertentu didalam sebuah host dalam jaringan yang menggunakan TCP/IP.

Kegunaan UDP.
UDP sering digunakan dalam beberapa tugas sebagai berikut :
  • Protocol yang ringan (light weight) : Untuk menghemat sumber daya memory dan prosessor, beberapa protocol lapisan aplikasi membutuhkan penggunaan protocol yang ringan yang dapat melakukan fungsi-fungsi yang spesifik dengan saling bertukar pesan. Contoh dari protocol yang ringan adalah fungsi query name dalam protocol lapisan aplikasi domain name system.
  • Protocol lapisan aplikasi yang mrngimplementasikan layanan keandalan : jika protocol lapisan aplikasi menyediakan layanan transfer data yang andal, maka kebutuhan terhadap keandalan yang ditawarkan oleh TCP pun menjadi tidak ada. Contoh dari protocol seperti ini ialah trivial file transfer protocol (TFTP) dan network file system (NFS).
  • Transmisi broadcast : karena UDP merupakan protocol yang tidak perlu membuat koneksi terlebih dahulu dengan sebuah host tertentu, maka transmisi broadcast pun memungkinkan. Sebuah protocol lapisan aplikasi dapat mengirimkan paket data ke beberapa tujuan dengan menggunakan alamat multicast atau broadcast, hal ini kontras dengan TCP yang hanya dapat mengirimkan transmisi one to one.

Related Posts

Pengertian UDP, Fungsi dan Kegunaanya
4/ 5
Oleh