asads
U2FsdGVkX1+oAnwbnskvya69szTjdFpGybhS2NzdrKHSjoJTr08Mjc5tbPuHiBiBO8XlWYvlkceixZrnmV7xdQ==

Baca Juga

Permasalah pada komputer memang banyak sekali macam dan penyebabnya, Salah satu yang sering terjadi adalah komputer yang tiba-tiba mati sendiri ketika kita sedang asik-asiknya mengerjakan tugas, bermain game atau hanya sekedar memutar video. Bahkan ketika sedang proses POST (Power On Self Test) pun tak jarang komputer tiba-tiba mati sendiri.
Buat sobat yang pernah mengalami hal ini, Admin akan membahas secara jelas dan lengkap penyebab dan cara mengatasi komputer yang tiba-tiba mati.
Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer yang Tiba-Tiba Mati

Penyebab dan cara mengatasi komputer yang tiba-tiba mati sendiri.

1. Overheat.
Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer yang Tiba-Tiba Mati

Overheat atau panas yang berlebih terutama pada prosessor merupakan faktor utama penyebab dari komputer yang tiba-tiba mati sendiri.
Jika prosessor mengalami overheat maka sistem pada prosessor itu sendiri akan mematikan komputer secara otomatis, Hal tersebut berguna untuk melindungi komponen komputer lainnya dari kerusakan.

Cara mengatasi :
  • Cek thermal pasta, Jika sudah kering ganti dengan yang baru.
  • Cek fan prosessor apakah bekerja dengan baik, Cek juga rpm fan prosessor. Jika rpm fan prosessor kurang dari 2000rpm sebaiknya ganti fan prosessor dengan yang baru.
  • Bersihkan debu yang menumpuk pada motherboard, fan prosessor dan juga komponen lainnya.


2. Fan prosessor rusak.
Fan prosessor berfungsi untuk mengalirkan udara panas yang dihasilkan oleh prosessor keluar dan mengganti dengan udara yang baru. Jika fan prosessor rusak atau berhenti berputar menyebabkan sirkulasi udara didalam PC tidak berjalan dengan optimal, dan hal ini akan mengakibatkan terjadinya overheat dan juga dapat menyebabkan komputer mati sendiri.

Cara mengatasi.
  • Sebaiknya ganti fan prosessor dengan yang baru, Sebenarnya sobat bisa saja mengkanibal dengan fan prosessor yang lainnya, Akan tetapi hal itu tidak disarankan kalau tidak sedang benar-benar dibutuhkan komputer tersebut.

3. Thermal pasta kering.
Thermal pasta pada prosessor berfungsi sebagai penghantar panas antara prosessor dengan headsink fan, Jika thermal pasta tersebut kering menyebabkan panas yang dihasilkan oleh prosessor tidak dibuang secara maksimal.
Hal tersebut bisa menyebabkan overheat yang nantinya dapat menyebabkan komputer tiba-tiba mati sendiri.

Cara mengatasi.
  • Ganti thermal pasta dengan yang baru, Jangan gunakan bahan lain selain thermal pasta, Karena ada beberapa teman yang menyarankan menggunakan pepsodent/pasta gigi(sangat tidak dianjurkan). Penggunaan bahan lain selain thermal pasta hanya bekerja beberapa menit saja dan tidak menyelesaikan masalah.

4. PSU Bermasalah.
Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer yang Tiba-Tiba Mati

PSU atau power supply unit di PC merupakan komponen yang membuat komputer mendapatkan daya listrik untuk dapat menghidupkan komputer, Jika PSU rusak saat komputer sedang menyala tentu pasokan daya listrik ke komputer akan terputus dan mengakibatkan komputer tiba-tiba mati sendiri.
Kerusakan pada PSU bisa disebabkan oleh beberapa hal, Salah satunya adalah konsleting listrik.

Cara mengatasi.
  • Cek PSU untuk memastikan kerusakan pada PSU tersebut, Untuk cara cek kerusakan PSU dibisa dibaca pada artikel berikut : Cara cek kerusakan power supply.
  • Jika PSU sudah benar-benar rusak, Sebaiknya ganti dengan yang baru.

5. Beban kerja komputer terlalu berat.
Jika spesifikasi komputer yang standart tetapi dipaksakan untuk menjalankan program-program berat seperti multitaksting, game dengan spek dewa, Kemungkinan besar komputer sobat akan bermasalah, Mulai dari not responding hingga komputer bisa mati tiba-tiba.
Komputer yang bekerja terlalu berat akan memaksa prosessor serta komponen lainnya bekerja terlalu ekstra, dan dapat menyebabkan panas yang berlebih/overheat. Jika hal tersebut berlangsung lama, Dapat menyebabkan komputer overheat dan mati secara tiba-tiba.

Cara mengatasi.
  • Gunakan spesifikasi komputer sesuai dengan kemampuannya, dan belilah spesifikasi komputer sesuai dengan kebutuhan.

6. VGA bermasalah.
VGA yang mengalami kerusakan dapat menyebabkan komputer mati sendiri, Biasanya sebelum mati akan ditandai dengan blue screen (BSOD).
Overheating pada chipset vga dapat menyebabkan komputer bermasalah dan yang paling fatal dapat menyebabkan komputer tiba-tiba mati.

Cara mengatasi.
  • Bersihkan debu pada vga secara berkala untuk meminimalisir kerusakan pada VGA.
  • Ganti thermal pasta pada chipset VGA jika kering.
  • Jika VGA sobat sudah benar-benar rusak, Sebaiknya ganti VGA tersebut dengan yang baru, Atau jika ada VGA onboard, Gunakan VGA onboard tersebut jika belum punya dana untuk mengganti.
Silahkan baca artikel berikut untuk mengetahui jenis-jenis kerusakan pada VGA : Jenis-jenis kerusakan pada VGA.


7. RAM bermasalah.
Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer yang Tiba-Tiba Mati

RAM atau Random Acces Memory merupakan faktor utama dari beberapa kerusakan yang ada dikomputer, Salah satunya dapat menyebabkan komputer tiba-tiba mati sendiri saat sedang digunakan.
Ram yang bermasalah atau rusak namun kerusakannya tidak terlalu parah bisa saja akan berhenti bekerja sehingga menyebabkan komputer mati.

Cara mengatasi. 

8. Permasalahan pada motherboard.
Motherboard merupakan papan induk dari semua komponen yang ada pada sebuah PC, Jika salah satu diantara komponen ada yang rusak dapat menyebabkan komponen yang lain bermasalah, Karena antara satu komponen dengan komponen lainnya saling berhubungan.
kerusakan yang parah pada motherboard dapat menyebablkan komputer tiba-tiba mati sendiri.

Cara mengatasi.

  • Cek satu per satu komponen yang ada pada motherboard seperti kapasitor, chipset, dan juga lainnya.
  • Bersihkan debu yang ada pada motherboard secara berkala.
  • Jika tidak paham tentang komponen-komponen motherboard, Sebaiknya bawa ke teknisi komputer yang berpengalaman.
9. Program komputer crash.
Program atau aplikasi yang mengalami crash juga dapat menyebabkan komputer sobat mati sendiri, Hal itu biasanya disebabkan oleh pemasangan driver yang tidak sesuai dengan hardware serta OS yang dipakai, atau bisa juga adanya salahsatu software yang crash, not responding hingga menyebabkan komputer mati sendiri.

Cara mengatasi.
  • Cara mengatasinya sebaiknya sobat meng-uninstal program atau driver yang menyebabkan komputer menjadi crash.

10. Listrik PLN tidak stabil.
Listrik PLN yang tidak stabil dapat menyebabkan PC menjadi mati sendiri, Hal ini disebabkan karena daya yang diterima oleh komputer dari listrik PLN menjadi tidak stabil, Saat daya yang diterima oleh komputer kurang memadai, Beberapa komponen komputer tidak akan bisa berjalan dengan baik karena kekurangan daya, dan dapat menyebabkan komputer menjadi mati sendiri.

Cara mengatasinya. 














Loading...