asads
U2FsdGVkX1+oAnwbnskvya69szTjdFpGybhS2NzdrKHSjoJTr08Mjc5tbPuHiBiBO8XlWYvlkceixZrnmV7xdQ==

Baca Juga

Pada artikel kali ini, Blog soy media akan membahas mengenai masalah ketika sedang meng-charger baterai laptop atau netbook akan tetapi tidak bisa mengisi atau plugged in, not charging. Banyak masalah yang menyebabkan masalah ini terjadi. Nah pada artikel kali ini adin akan membahas secara lengkap dan jelas mengenai penyebab dan cara mengatasi baterai laptop tidak bisa mengisi daya.
Penyebab dan Cara Mengatasi Baterai Laptop Tidak Bisa Mengisi Daya

Penyebab baterai laptop tidak bisa mengisi daya : 

1. Penyebab utama dari baterai lithium adalah overcharger. Meskipun pada laptop-laptop sekarang ada teknologi intelligent circuit yang men-stop charging setelah baterai penuh, Namun saat baterai sudah berkurang lagi dayanya (karena sambil dipakai)  akan otomatis charger lagi hingga penuh dan akn terus berulang.
Masalahnya sebenarnya setelah penuh tidak akan langsung putus, Namun masih ada waktu bebrapa detik hinnga menit sebelum sirkuitnya benar-benar bekerja untuk memutus aliran listrik saat di charging. Nah pada saat inilah overcharger terjadi , Jika hal ini diulang-ulang (karena laptop sobat di-charger terus, Bisa dipastikan baterai akan drop dengan cepat).

2. Penyebab kedua adalah life cycle. Baterai lithium mempunyai life cycle tertentu dimana tiap kali di-charger kapasitasnya akan semakin berkurang. Saat sirkuit pemutus charger otomatis bekerja (memutus aliran listrik karena baterai sudah penuh, Kemudian otomatis mengisi lagi saat baterai sudah tidak full) mengisi baterai dari 99% ke 100% itu dianggap sama saja dengan mengisi 1% ke 100% atau 20% ke 80%, Jadi disini intelligent circuit malah bisa menjadi bumerang karena akan mengurangi sisa life cycle baterai.


3. Saat baterai dicharging dan dipakai secara bersamaan, Panas yang dikeluarkan akan lebih nesar karena ada 2 buah kondisi proses energi. Panas yang dihasilkan bisa hampir tidak terasa sampai terasa sekali tergantung tipe dan kualitas laptop, Padahal kita tahu bahwa panas berlebih adalah salah satu musuh utama dari perangkat elektronik.
Memakai laptop dengan memasang baterai dan di charger secara bersamaan dan terus menerus bisa dipastikan 1/2 tahun saja kapasitas baterai sobat akan drop atau lebih parah lagi sudah tidak bisa dicharger, Akan tetapi penggunaan laptop tanpa memakai atau memasang baterai dalam kondisi charger tercolok ke laptop juga berbahaya untuk motherboard laptop, Silahkan baca artikel berikut untuk penjelasan bahaya menggunakan laptop dalam kondisi baterai dilapas. Dampak dari penggunaan laptop tanpa baterai.

4. Membiarkan laptop atau netbook mati karena kehabisan baterai.
Penggunaan laptop yang sampai mati karena kehabisan daya sering terjadi, Padalah hal itu sangat berbahaya buat spartpart laptop atau netbook sobat diantaranya bisa menyebabkan baterai tidak dapat dicharger.
Bukan hanya laptop atau netbook, Perangkat lain seperti smartphone juga sangat rentan masalah jika menggunakan sampai mati karena kehabisan daya baterai. Padahal sebenarnya baterai laptop mempunyai counter limit penggunaan beberapa kali kita melakukan charger.

5. Gangguan Listrik.
Seringnya mati listrik dan ketidakstabilan listrik membuat ketahanan baterai cepat menurun keran pasokan listrik yang masuk tidak sesuai dengan daya tampung yang ada sehingga mengakibatkan baterai mengalami malfungsi.

6. Critical baterai level yang terlalu rendah.
Pengaturan critical baterai level dibawah 5% dapat mengakibatkan kondisi baterai tidak tahan lama, oleh karena itu aturlah sebisanya pada level 10%.



Cara mengatasi baterai laptop yang tidak bisa mengisi daya.

1. Restart laptop.
Sebelum melakukan proses perbaikan lainnya, Sebaiknya restart laptop sobat terlebih dahulu. meski cara ini terbilang sederhana tapi bisa mengatasi masalah yang ada, Jika setelah direstart tidak membuahkan hasil, Matikan laptop sobat dan cabut baterai dan adaptor, Diamkan beberapa saat dan pasang lagi., jangan lupa untuk mencolokan adaptor ke stop kontak yang lainnya/berbeda.

2. Periksa kabel adaptop laptop.
Penyebab dan Cara Mengatasi Baterai Laptop Tidak Bisa Mengisi Daya

Periksalah robekan, benturan atau lilitan secara menyeluruh pada kabel daya, jika ada atau jika kabel melengkung atau berbau seperti terbakar, Mungkin kabel adaptor tersebut  telah rusak.
Periksa juga sambungan kabel ke laptop, Jika terasa bergetar atau longgar mungkin  ada masalah dengan sambungannya. cabut kabel, Bersihkan kotoran yang ada dan bersihkan juga debu yang terbentuk dengan udara terkompresi. Sebaiknya ganti kabel adaptor laptop sobat jika benar-benar telah rusak.
Charger yang sering digunakan atau terlalu lama digunakan untuk mencharger laptop atau netbook akan membuat adaptop charger sobat menjadi panas, Untuk itu jika sobat sudah merasa adaptor terasa panas alangkah baiknya jika sobat mencabutnya dari laptop dan biarkan beberapa saat supaya dingin kembali.

3. Periksa konector, voltase, dan ampere charger.
Jika laptop atau netbook sobat mengalami plugged in, not charging, Mungkin penyebabnya adalah karena konector, voltasem dan ampere sharger sobat tidak sama dengan laptop sobat. Jika sobat menggunakan charger universal atau bisa digunakan disemua laptop maka sobat harus memastikan onector, voltase dan ampere yang digunakan sama atau lebih besar dari laptop yang sobat pakai.
Masalah laptop yang tidak terisi walaupun sudah terhubung biasanya disebabkan karena charger yang berbeda atau tidak cocok dengan laptopnya. Walaupun charger dan laptopnya beda merk tidak maslaah selama konector, voltase, dan ampere sesuai dengan kekuatan laptop dan baterainya.

4. Cek kondisi baterai. 
Penyebab dan Cara Mengatasi Baterai Laptop Tidak Bisa Mengisi Daya

Langkah selanjutnya adalah cek kondisi laptop sobat, Bersihkan pin-pin pada baterai jika terdapat kotoran.
Jika sobat sudah mencoba menggunakan charger pinjaman dan tidak berhasil, Sobat wajib cek baterai laptop sobat. Mungkin saja masalahnya terdapat pada baterainya. Matikan laptop sobat, kemudian cabut baterai laptop dan diamkan selama beberapa jam kemudian pasang kembali baterai dan cobalah sekali lagi untuk men-charger laptop. Jika sobat telah men-charger laptop dan lampu indikator pada laptop tetap tidak menyala, Maka baterai sobat yang bermasalah.










Loading...