asads
U2FsdGVkX1+oAnwbnskvya69szTjdFpGybhS2NzdrKHSjoJTr08Mjc5tbPuHiBiBO8XlWYvlkceixZrnmV7xdQ==

Baca Juga

Pengertian Server, Fungsi dan Jenis Jenisnya-Sobat mungkin pernah mendengar istilah server, Sebenarnya server itu apa?, fungsinya untuk apa dan ada berapa jenis server yang ada sekarang?. Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut pada artikel kali ini admin telah merangkum mengenai pengertian server beserta penjelasannya secara lengkap dan jelas.

Dalam sebuah jaringan komputer yang terdiri lebih dari satu buah komputer biasanya terdapat konsep client dan server, Server merupakan penyedia layanan berbagai macam data yang dibutuhkan oleh client, Selain sebagai penyedia layanan data, dan lain lian, Client juga membutuhkan server untuk terhubung dalam sebuah jaringan atau untuk meminta data/file yang terdapat pada server.
Pengertian Server, Fungsi dan Jenis Jenisnya

Pengertian server.
Secara umum server merupakan sebuah sistem komputer yang difungsikan untuk memberi layanan, Membatasi dan mengontrol semua akses dalam client disebuah jaringan komputer yang ada.
Sebuah komputer dalam jaringan dapat berperan sebagai server, Client atau bahkan bisa berperan sebagai keduanya, Konsep tersebut biasanya dikenal dengan istilah peer to peer, Contohnya ialah sobat memakai sebuah komputer X untuk mengakses website milik pengguna Y, Maka kini komputer X berperan sebagai client. Sebaliknya jika pengguna Y menggunakan komputernya untuk mengakses website X, Maka komputer X berperan sebagai server.

Jenis jenis server.
Untuk saat ini, terdapat beragam jenis server yang ada dengan fungsi dan kegunaan yang berbeda-beda pula.
Berikut jenis-jenis server :

  • Proxy server : Membatasi permintaan data, kinerja koneksi, dan berbagi file antar server dan client diluar jaringan, dan proxy server juga dapat difungsikan sebagai gerbang antara jaringan local dan jaringan luar (internet).
  • Telnet server : mengatur komputer dengan melakukan log in dan log out pada komputer host.
  • Web server : Menyimpan konten pada website dan berkomunikasi menggunakan http/https.
  • FTP server : mengatur transfer data dalam sebuah jaringan.
  • Virtual server : Membuat sejumlah server fisik seolah-olah seperti menjadi beberapa server.
  • Audio dan video server : Menyimpan fitur multimedia sebuah website.
  • Mail server : Menyimpan berbagai macam surat elektronik, Menangani berbagai permintaan client.
  • Aplikasi server : Mengolah perintah yang diberikan oleh client dan menghubungkan dengan database.
  • News server : Mendistribusikan berbagai macam berita melalui jaringan berita .
  • File server : Sebuah komputer yang berfungsi untuk menampung sejumlah data yang dimiliki oleh client yang bersangkutan.
  • Game server : Merupakan server yang digunakan pusat untuk menghubungkan antar pemain (client) dengan pemain lainnya, Game server ini selain merupakan server tersendiri juga bisa didirikan dari komputer client yang bermain game tersebut.
  • DNS server : Server ini memiliki fungsi untuk menterjemahkan informasi nama host atau domain menjadi sebuah alamat IP.
  • Print server : server jenis ini merupakan sebuah pusat layanan untuk kegiatan percetakan atau print untuk komputer client.

Sistem operasi server.
Untuk menunjang kinerja dari sebuah komputer server, Maka dibutuhkan sebuah sistem operasi khusus yang memang didesain untuk server, Berikut adalah beberapa contoh dari sistem operasi server yang biasanya digunakan dalam sebuah jaringan .
  1. Sistem operasi windows.
  2. Sistem operasi novel netware.
  3. Mac Os.
  4. Sistem operasi linux.
Fungsi server komputer.
Secara umum, Server memiliki beberapa fungsi penting, Diantaranya ialah sebagai berikut :
  1. Melakukan penyimpanan file yang secara bersama digunakan pada hardisk.
  2. Mengelola komunikasi antar workstation seperti mengatur pesan, email dan lain-lain.
  3. Mengatur percetakan pada printer yang digunakan secara bersama-sama.
  4. Melayani permintaan komputer client.
  5. menyediakan sumber daya untuk client.
  6. Digunakan untuk berbagai keperluan mengirim data, biasanya dengan tambahan software maupun hardware yang digunakan.
  7. Mengatur lalulintas data.
  8. Mampu mengatur hak akses level dalam jaringan, Sehingga tidak semua client bisa membuka akses data yang disimpan pada komputer client.
  9. Menyediakan database atau aplikasi yang dapat dijalankan disemua komputer.
  10. Melindungi komputer client dari virus atau aplikasi berbahaya lainnya dengan memasang firewall atau anti malware dikomputer server, Untuk penjelasan lengkap mengenai firewall bisa dibaca pada artikel berikut Pengertian firewall, Fungsi, Manfaat dan Cara kerjanya.

Dari penjelasan mengenai server tentang jenis, Fungsi dan pengertiannya, Sobat bisa menyimpulkan sendiri manfaat atau kegunaan dari server komputer, Silahkan sampaikan dikolom komentar jika sobat ingin menambahkan mengenai server, Nanti akan dimasukan dalam update artikel ini.






















Loading...