asads
U2FsdGVkX1+oAnwbnskvya69szTjdFpGybhS2NzdrKHSjoJTr08Mjc5tbPuHiBiBO8XlWYvlkceixZrnmV7xdQ==

Baca Juga

Pengertian Motherboard, Jenis-jenis, Beserta Fungsinya-Motherboard atau papan induk merupakan papan sircuit tempat berbagai komponen elektronik yang saling terhubung satu komponen dengan komponen lainnya. Didalam motherboard inilah semua komponen-komponen komputer terpasang seperti soket CPU, Slot RAM, Slot PCI, Chipset, Elco, Port Usb, dan masih banyak lagi.

Selain sebagai papan induk komponen, Motherboard juga memiliki kemampuan untuk mengontrol perangkat seperti hard drive, DVD drive, Keyboard dan juga mouse.
Motherboard sendiri pada dasarnya memiliki fungsi utama yaitu sebagai tempat disusunnya seluruh rangkaian sistem komputer, Untuk penjelasan bagian-bagian dari sebuah motherboard bisa dibaca pada artikel berikut
Bagian-bagian motherboard dan fungsinya.

Sejak awal diciptakannya perangkat motherboard pada komputer hingga sekarang, Motherboard pada komputer memiliki beberapa jenis, Berikut jenis-jenis motherboard :


1. Motherboard AT (Advanved Teknologi).

 Pengertian Motherboard, Jenis-jenis, Beserta Fungsinya

Motherboard jenis advanced teknologi ini merupakan format motherboard yang digunakan dalam 386, dan 486. Kemudian format ini pun diubah menjadi tipe atx dengan tujuan memberi sirkulasi udara yang lebih baik dan memudahkan untuk mengakses komponen-komponen pada motherboard.

2. Motherboard jenis LPX(Low Profil Extended).

 Pengertian Motherboard, Jenis-jenis, Beserta Fungsinya


Motherboard jenis ini diciptakan setelah motherboard AT pada tahun 1990-an, Motherboard jenis LPX dirancang untuk digunakan pada casing slimline atau low profil yang memang didesain sedemikian rupa untuk mengurangi space ruang dan biaya.


3. Motherboard jenis ATX

 Pengertian Motherboard, Jenis-jenis, Beserta Fungsinya

Motherboard jenis ini merupakan pengembangan dari format AT yang bertujuan untuk meningkatkan kemudahan pengguna dalam menancapkan peripheral semudah mungkin.
Motherboard jenis ATX sediri terbagi menjadi beberapa kategory seperti :

  • Standart ATX

Standard ATX merupakan jenis motherboard ATX standard, yang banyak digunakan untuk komputer maupun laptop. Motherboard jenis Standard ATX ini memiliki ukuran panjang 305 mm dan lebar244 mm. Motherboard standard ATX memiliki AGP konektor dan juga PCI connector.

  • Micro ATX.

Sesuai dengan namanya, motherboard dengan jenis Micro ATX ini memiliki bentuk micro, alias kecil apabila dibandingkan dengan form factor ATX Standard dan form factor ATX lainnya. Ukuran dari motherboard Micro ATX ini adalah sebesar 244 mm x 244 mm.

  • Flax ATX.

Flex ATX merupakan pengembangan dari motherboard micro ATX. Flex ATX menawarkan fleksibilitas dalam merancang komputer, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Flex ATX memiliki 2 PCI connector.

  • Mini ATX.

Mini Atx memiliik ukuran yang relative kecil, mirip seperti mirco PCX. Ukuran dari motherboard Mini ATX ini adalah 284 mm untuk panjangnya, dan 208 mm untuk lebarnya. Motherboard mini ATX saat ini banyak digunakan untuk keperluan PC ukuran kecil, dan juga keperluan netbook kecil.



4. Motherboard jenis BTX(Balanced Technologi Extended).

 Pengertian Motherboard, Jenis-jenis, Beserta Fungsinya

Motherboard jenis BTX didukung oleh intel yang dirancang untuk memperbaiki pengaturan komponen dan mengoptimalkan sirkulasi udara, Akustik dan pengendalian panas dari berbagai konector seperti slot memory, slot ekspansi yang diselaraskan secara paralel kearah dimana udara mengalir.
Motherboard BTX sendiri memiliki beberapa jenis, Dan jenis dari motherboard BTX tersebut dilihat dari bentuk dan ukuran atau dimensi, yang terdiri dari :
a. BTX standart.
b. Micro BTX.
c. Pico BTX.

5. Motherboard jenis ITX (Information Technologi Extended).

 Pengertian Motherboard, Jenis-jenis, Beserta Fungsinya


Motherboard jenis ini didukung oleh VIA yang dibuat sangat kompak untuk konfigurasi miniatur seperti miniPC.
Motherboard jenis ITX sendiri memiliki 2 jenis form factor, yaitu :

  • Mini ITX.

Mini ITX merupakan format ITX dengan dimensi yang kecil. Motherboard jenis miniITX ini berbentuk persegi, dengan panjang masing – masing sisinya adalah 170 mm.

  • Nano ITX.

Nano ITX merupakan jenis motherboard ITX yang terkecil. Ukurannya berbentuk persegi, sama seperti mini ITX, dengan ukuran yang lebih kecil, berbeda 50 mm dari mini ITX, yaitu sebesar 120 mm x 120 mm.
Loading...